Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Motivasi Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Pada Mata Pelajaran Matematika
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Proses belajar mengajar, Kreativitas guru merupakan salah satu faktor penting. Seorang siswa dalam melakukan aktivitas belajar memerlukan adanya dorongan tertentu agar kegiatan belajarnya sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Sedangkan motivasi belajar siswa dalam belajar matematika di MI Hidayatul Muta’alimin sangatlah kurang. Kurangnya motivasi belajar siswa disebabkan rendahnya semangat belajar siswa, hal ini bisa terjadi karena dua alasan. Alasan pertama disebabkan dari diri sendiri, alasan kedua bisa disebabkan dari luar diri yaitu kondisi kelas kurang kondusif dan guru kurang kreatif dalam pembelaran matematika. Maka, kreativitas mengajar guru diterapkan dalam proses pembelajaran matematika untuk memotivasi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui kreativitas mengajar guru, untuk mengetahui motivasi siswa, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif desain penelitian One Shot Case Study . Teknik pengumpulan data berupa angket, Sementara itu teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana. Data hasil penelitian di analisis secara deskriptif, mengenai deskripsi/gambaran/kondisi sebenarnya/fakta dari variabel yang diteliti, dimana kedua varibel diukur dengan menggunakan angket. Hasil penelitian yang didapatkan adalah terdapat pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas v pada mata pelajaran matematika di MI Hidayatul Muta’alimin Kabupaten Cirebon, dimana thitung = 5.857, jika dibandingkan dengan ttabel(dk = n-2, 36-2=4 yaitu 2,032), maka thitung > ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Besarnya pengaruh dapat dilihat dari tabel model summary dimana R Square = 0,502, besarnya pengaruh yaitu 0,502x100% 50.2%, jadi besar pengaruh yang diberikan kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa adalah sebesar 50.2%
Â
Kata kunci : Kreativitas mengajar guru, Motivasi belajar siswa
Â
Â
Â
Abstract
The process of learning, creativity of teachers is one of the important factors. A student in learning activities that require their specific impulse learning activities in accordance with the expected goals. While the students' motivation in learning mathematics in MI Hidayatul Muta'alimin is lacking. The lack of student motivation due to low spirit of student learning, it can happen for two reasons. The first reason is due from yourself, the second reason could be caused from outside of that classroom conditions less conducive and less creative teachers in the mathematics classroom pembelaran. Thus, creativity is applied in the process of teachers to teach mathematics to motivate students. The purpose of this research to know the teachers 'creativity, to know the motivation of the students, and to determine how much influence the creativity of teaching teachers to students' motivation. This research is a quantitative research study design One Shot Case Study.Data collection techniques such as questionnaires, meanwhile the data analysis technique used is simple regression test. Data were analyzed by descriptive, descriptive study reveals the description / overview / actual conditions / facts of the variables studied, where both variables were measured by using a questionnaire. Research results obtained are found influence teachers' creativity on the students motivation v classes in mathematics in MI Hidayatul Muta'alimin Cirebon, wheret = 5,857, when compared with ttable(df = n-2, 36-2 = 4, namely 2.032), thent> ttable, then Ha accepted and H0 is rejected. The magnitude of the effect can be seen from thetable summarymodels wherein R Square = 0.502, the effect of which is 0,502x100% 50.2%, so large influence exerted teaching creativity of teachers to students' motivation is at 50.2%
Â
Keywords: Creativity teacher's teaching, student learning motivation
References
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, A., Iif, K., & Sofan, A. 2011. PAIKEM GEMBROT (Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot). Jakarta: Prestasi Pustaka
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Jannah, R. 2011. Membuat Anak Cinta Matematika dan Eksak Lainnya. Yogyakarta: Diva Press
Mukhlishoh. 2015. Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA (Studi Penelitian di MI AN-NUR Kota Cirebon). Jurnal Pendidikan Guru MI (Vol. 2 No. 2) hlm 5. di akses Selasa 20 Juni 2017 Pukul 21.11 WIB
Malayu S.P Hasibuan. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. rev.ed. Jakarta: Bumi Aksara
Permadi, Dadi dan Daeng. Arifin. 2010. The Smiling Teacher : Perubahan Motivasi dan Sikap dalam Mengajar. Bandung : Nuansa Aulia
Priyatno, Duwi. 2011. Buku Saku SPSS Analisis Statistik Data Lebih Cepat, Efisien dan Akurat. Yogyakarta : Mediakom
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT.Rineka Cipta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.
Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohamad. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM (Pendekatan Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik). Jakarta : Bumi Aksara.
DOI: 10.24235/ijee.v1i1.5412
Article Metrics
Abstract view : 53 timesPDF - 8 times Untitled - 0 times PDF - 9 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id