Pengaruh Media Lagu terhadap Vocabulary Skills Bahasa Inggris Siswa Kelas IV MISALAFIYATUL Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon

Yunita Lestari(1*), Syibli Maufur(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya vocabulary skills bahasa Inggris siswa. Terlebih dalam pembelajarannya selama tiga semester sebelumnya, mata pelajaran bahasa Inggris dilakukan secara daring karena imbas dari pandemi. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media lagu terhadap vocabulary skills bahasa Inggris siswa kelas IV MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-experimental dengan bentuk one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berupa sampel jenuh sebanyak 21 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket dengan 10 pernyataan dan tes. Adapun soal tes yang digunakan sebanyak 40 soal dengan bentuk 5 soal pilihan ganda, 5 soal listening, 10 soal writing dan 20 soal speaking. Pengujian validitas isi instrumen dengan metode expert judgement dengan menelaah kisi-kisi dengan kesesuaian tujuan penelitian. Analisis data yang digunakan adalah hasil persentase observasi dan angket, uji normalitas, uji homogenitas dan paired sampel t-test. Dari hasil penelitian rekapitulasi observasi bahwa penerapan media lagu sebesar 89% dengan kriteria sangat baik. Hasil rekapitulasi angket siswa bahwa respons siswa terhadap media lagu sebesar 79% dengan predikat baik. Berdasarkan hasil paired sampel t-test nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak, artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan dari media lagu terhadap vocabulary skills bahasa Inggris siswa kelas IV MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon.

 

Kata Kunci: Media Lagu, Vocabulary Skills dan Pembelajaran Bahasa Inggris


Full Text:

PDF

References


Ayu Lestari, Anggia. (2017) “Penggunaan Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Kosa Kata

Bahasa Inggris.†Pelita Paud, 1–13.

Bonnie, Mac Millan. (2004) Permainan Kata Dan Musik (Word Game and Music Game). Batam:

PT Remaja Rosdakarya Offset.

Depdikbud. (2015) Pedoman Guru Bidang Pengembangan Pengetahuan Di TK. Jakarta: Proyek

Pembinaan Mutu TK.

Handayati, Wiwit, and Dkk. (2013) “Kefektifan Penggunaan Media Lgu Dalam Pembelajaran

Menulis Puisi Siswa Kelas IX SMPN 5 Lubuk Basung.†Jurnal Pendidikan Bahasa dan

Sastra Indonesia.

Imam, Musbikin. (2007) Mendidik Anak Kreatif Ala Eisastein. Yogyakarta: PT Mitra Pustaka.

Izzan, Ahmad. (2010) Metodologi Bahasa Inggris. Bandung: Humaniora.

Jakni. (2016) Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nurdyansyah. (2019) Media Pembelajaran Inovatif. Edited by Pandi Rais. Sidoarjo: UMSIDA

Press.

Putri, Rizka Isnaaini. (2018) “Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Dengan Metode

Bernyanyi Pada Kelompok B TK Sholeh Sukodono Siduarjo.†UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sari, Indah, and Fitri Ayu. (2021) “Pemanfaatan Media Lagu Dalam Peningkatan Kosakata Bahasa

Inggris.†Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 1 (1): 16–20.

Setiawan, Tabah Heri, and Aden. (2020) “Efektivitas Penerapan Blended Learning Dalam Upaya

Meningkatkan Kemampuan Akademik Mahasiswa Melalui Jejaring Schology Di Masa

Pandemi Covid-19.†Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 3 (5): 493–506. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.493-506.

Sugiono, Dendi. (2008) Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Tafonao, Talizaro. (2018) “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.†Jurnal Komunikasi Pendidikan 2 (2): 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Tambahani, Arthur Glenn, Ardi Sanjaya, Danang Wahyu Widodo. (2021) “Penerapan Metode Jaro Winkler Untuk Mencari Kemiripan Kata Pada Aplikasi English Pronunciation Test,†98–103.

Tarigan. (2015) Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa Bandung.

Taringan, Henry Guntur. (2009) Strategi Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Yudhi Munadi. (2010) Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada.




DOI: 10.24235/ijee.v4i2.11221

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â