Pengaruh Media Lagu terhadap Vocabulary Skills Bahasa Inggris Siswa Kelas IV MISALAFIYATUL Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya vocabulary skills bahasa Inggris siswa. Terlebih dalam pembelajarannya selama tiga semester sebelumnya, mata pelajaran bahasa Inggris dilakukan secara daring karena imbas dari pandemi. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media lagu terhadap vocabulary skills bahasa Inggris siswa kelas IV MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-experimental dengan bentuk one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berupa sampel jenuh sebanyak 21 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket dengan 10 pernyataan dan tes. Adapun soal tes yang digunakan sebanyak 40 soal dengan bentuk 5 soal pilihan ganda, 5 soal listening, 10 soal writing dan 20 soal speaking. Pengujian validitas isi instrumen dengan metode expert judgement dengan menelaah kisi-kisi dengan kesesuaian tujuan penelitian. Analisis data yang digunakan adalah hasil persentase observasi dan angket, uji normalitas, uji homogenitas dan paired sampel t-test. Dari hasil penelitian rekapitulasi observasi bahwa penerapan media lagu sebesar 89% dengan kriteria sangat baik. Hasil rekapitulasi angket siswa bahwa respons siswa terhadap media lagu sebesar 79% dengan predikat baik. Berdasarkan hasil paired sampel t-test nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak, artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan dari media lagu terhadap vocabulary skills bahasa Inggris siswa kelas IV MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon.
Â
Kata Kunci: Media Lagu, Vocabulary Skills dan Pembelajaran Bahasa Inggris
Full Text:
PDFReferences
Ayu Lestari, Anggia. (2017) “Penggunaan Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Kosa Kata
Bahasa Inggris.†Pelita Paud, 1–13.
Bonnie, Mac Millan. (2004) Permainan Kata Dan Musik (Word Game and Music Game). Batam:
PT Remaja Rosdakarya Offset.
Depdikbud. (2015) Pedoman Guru Bidang Pengembangan Pengetahuan Di TK. Jakarta: Proyek
Pembinaan Mutu TK.
Handayati, Wiwit, and Dkk. (2013) “Kefektifan Penggunaan Media Lgu Dalam Pembelajaran
Menulis Puisi Siswa Kelas IX SMPN 5 Lubuk Basung.†Jurnal Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia.
Imam, Musbikin. (2007) Mendidik Anak Kreatif Ala Eisastein. Yogyakarta: PT Mitra Pustaka.
Izzan, Ahmad. (2010) Metodologi Bahasa Inggris. Bandung: Humaniora.
Jakni. (2016) Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nurdyansyah. (2019) Media Pembelajaran Inovatif. Edited by Pandi Rais. Sidoarjo: UMSIDA
Press.
Putri, Rizka Isnaaini. (2018) “Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Dengan Metode
Bernyanyi Pada Kelompok B TK Sholeh Sukodono Siduarjo.†UIN Sunan Ampel Surabaya.
Sari, Indah, and Fitri Ayu. (2021) “Pemanfaatan Media Lagu Dalam Peningkatan Kosakata Bahasa
Inggris.†Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 1 (1): 16–20.
Setiawan, Tabah Heri, and Aden. (2020) “Efektivitas Penerapan Blended Learning Dalam Upaya
Meningkatkan Kemampuan Akademik Mahasiswa Melalui Jejaring Schology Di Masa
Pandemi Covid-19.†Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 3 (5): 493–506. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.493-506.
Sugiono, Dendi. (2008) Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Tafonao, Talizaro. (2018) “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.†Jurnal Komunikasi Pendidikan 2 (2): 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Tambahani, Arthur Glenn, Ardi Sanjaya, Danang Wahyu Widodo. (2021) “Penerapan Metode Jaro Winkler Untuk Mencari Kemiripan Kata Pada Aplikasi English Pronunciation Test,†98–103.
Tarigan. (2015) Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa Bandung.
Taringan, Henry Guntur. (2009) Strategi Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.
Yudhi Munadi. (2010) Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada.
DOI: 10.24235/ijee.v4i2.11221
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id