Efektivitas Penggunaan Media Gambar Seri terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab

Bintang Fazlur Raihan AM(1*), Sopwan Mulyawan(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahasa arab merupakan salah satu bahasa yang komplek, yang mana didalamnya terdapat berbagai macam tata aturan yang harus dipenuhi serta terdapat juga berbagai macam keterampilan yang harus dikuasai. Kekurangan penguasaan keterampilan berbicara bahasa arab di MTs Ash Shiddiqiyyah faktor sangat terlihat adalah kurangnya pengunaan media pembelajaran secara tepat sehingga mengakibatkan kejenuhan dalam pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian adalah (1) untuk mengetahui penguasaan keterampilan berbicara siswa kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah Assidqiyyah sebelum menggunakan media gambar seri, (2) untuk mengetahui penguasaan keterampilan berbicara siswa kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah Assidqiyyah sesudah menggunakan media gambar seri, dan (3) untuk mengetahui efektifitas media gambar seri terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah Assidqiyyah. Kerangka berfikir pada penelitian ini bahwa dengan menggunakan media gambar seri, guru harus memberikan media pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam mempelajari keterampilan berbicara sehingga siswa dapat memahaminya. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest-postest. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya hasil penguasaan siswa terhadap keterampilan berbicara sebelum mengunakan media gambar seri yaitu dengan nilai Maksimal 70, minimum 54, rata-rata 62,45, median 62,45, std deviation 40,16, variance 16,131, range 16. Hasil penelitian setelah mengunakan media yaitu : maksimal 90, minimal 81, rata-rata, 86,0, median 87,14, variance 5,273, rangge 9. Dengan demikian terdapat pengaruh setelah mengunakan media gambar seri  dan dibuktikan bahwa t = 0.007 lebih kecil dari t = 0,05. Berdasarkan pernyataan diatas bahwa Ho ditolah dan Ha diterima. Artinya, ada pengaruh yang signifikan antara hasil pembelajaran sebelum dan sesudah mengunakan media gambar seri.


Keywords


Media, Gambar Seri, Keterampilan Berbicara

Full Text:

PDF

References


Abdul Malik, D. 2008. Pemebelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang.

Ainin, M. 2006. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Surabaya: Hilal Pustaka.

Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan : Metode dan Paradigma Baru . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamrah, S. B. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 1989. Media Pendidikan. Bandung: PT Citra Andiky Bakti.

Hermawan, A. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

Iskandarwassid. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Iskandarwassid. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Izzan, A. 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Humnaiora Yogyakarta.

Makruf, I. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif. Semarang: Need's Press.

Sadirman, A. S. 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Salvin, R. E. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.

Sanjaya, W. t.t. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Media Group.

Siregar, S. 2010. Statiska Deskriptif untuk Penelitan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sudjana, N. d. 2004. Penelitan dan Penelian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suparno. 1988. Media Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Intan Pariwara.

Suparno. 1988. Media Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Intan Pariwara.

Suryabrata, S. 2013. Metodologi Penelitan . Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sutjipto, B. d. 2013. Media Pembelajaran: Manual dan digital (Edisi kedua) . Bogor: Ghalia Indonesia.

Taningsih. 2006. Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun Melalui Bercerita. Universitas Negeri Semarang., 6.

Usman, B. M. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Usman, M. U. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Rosdakarya.

Wijayanti, D. 2007. Peningkatan Keterampilan Bercerita Menggunakan Media Boneka pada Siswa kelas VII-G SMPN 4 Pemalang Tahun Ajaran 2006-2007. Semarang: Universitas Negeri Semarang.




DOI: 10.24235/ibtikar.v10i2.9793

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bintang Fazlur Raihan AM, Sopwan Mulyawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks:

    

  

Â