Efektivitas Pembiasaan Berbicara Bahasa Arab dan Lingkungan Bahasa Arab yang Kondusif Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara

Hilda Khoiril 'Izza(1*), Nanin Sumiarni(2), Sopwan Mulyawan(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas membiasakan berbicara bahasa Arab dan lingkungan berbahasa Arab untuk membantu meningkatkan keterampilan berbicara siswa baru. Dan peneliti ingin mengetahui sejauh mana keefektifan berbicara bahasa Arab dan lingkungan berbahasa Arab pada Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum. Karena Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum, Sindang Mekar – Dukupuntang - Cirebon, adalah salah satu lembaga yang menerapkan lingkungan linguistik dan telah diterapkan sejak lama. Siswa, guru, dan masyarakat di dalamnya harus berbicara bahasa Arab setiap hari. Dan juga termasuk didalamnya terdapat  kegiatan bahasa untuk membantu mereka berbicara bahasa Arab, seperti Muhadloroh, pidato, berbicara, dan festival bahasa. Dan mereka harus terbiasa berbicara bahasa Arab di lingkungan ini.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah desain pre eksperimen dengan desain One group pretest-posttest design. Dan metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, angket, wawancara dan pengujian. Metode analisis data dalam tesis ini adalah eksperimen normal, eksperimen hipotesis, dan varians regresi.

Hasil penelitian ini terbiasa berbicara bahasa Arab dan lingkungan Arab, efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara, dengan bukti bahwa hasil t = -2.877119741 dengan tingkat kebebasan (df) = 19, dan Anda mendapatkan hasil t-table = 2.093024054. Dengan menggunakan simbol t-tabel T-hitung> berdasarkan data sebelumnya, Ho dikembalikan dan Ha dapat diterima. Ini dalam arti bahwa ada kebiasaan yang efektif untuk berbicara bahasa Arab dan lingkungan Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara.


Keywords


Pembiasaan, Lingkungan Berbahasa

Full Text:

PDF

References


Al-Khalifah, Hasan Ja’far. 2003. Fushril fi Tadris al-Lughoh al-Arabiyyah. Riyadh:Maktabah ar-Rusyd.

Al-Khuliy, Muhammad Ali. 1988. Al-Hayah ma’a Lughataini. Riyadh: Jami’ah al-Malik Su’ud.

Asrori, Imam. 2004. Sintaksis Arab. Malang: Misykat.

Effendy, Fuad. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Fuad, Effendi Ahmad. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Hermawan, Acep. 2013. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Izzan, Ahmad. 2013. Metodologi Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Mabruroh, 2018, al-Bi’ah al-Lughowiah al-Arobiyah fi Ta’limi al-Lughoh al-Arobiyah Lighoiri an-Natiqina Biha, El-Ibtikar vol. 7. No. 2.

Mahmud, I, Ahmad. 2006. at-Ta’lim Asasuhu wa Nadzoriyatuhu wa Tatbiqotuhu. Mesir : Darr Ma’rifat.

Masqon, Dihyah. TT. al-Lughah al-Arabiyyah : Ta’limuha, wa Ta’alumuha fii Indunisia al-Haditsah. mesir: Qiro’ah Waqiah an-Namudajiyah.

Muna, Wa. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Teras.

Nurgiyanto, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. 3ed. Yogyakarta: BPFE.

Purwanto, Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rasidi, Abd Wahab dan Mamlu’atul Ni’mah. 2011. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki.

Rosyidi, Abd. Wahab dan Mamlu’atul Ni’mah. 2011. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Sumardi, Muljanto. 1985. Pengajaran Bahasa Asing. Jakarta: Bulan Bintang.

Tarigan, Djago dkk. TT. Pengembangan Keterampilan Berbicara. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: 10.24235/ibtikar.v9i2.7232

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hilda Khoiril 'Izza, Nanin Sumiarni, Sopwan Mulyawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks: