Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Pada Percakapan Sehari-hari di Pondok Modern Asy-Syifa Balikpapan

Muhammad Thohir(1*), Juliantika Imannisya(2),


(1) UIN Sunan Ampel Surabaya
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang penelitian ini akan didasarkan pada banyaknya kesalahan yang dilakukan siswa dalam percakapan bahasa Arab tanpa menggunakan aturan gramatikal. Bagaimana siswa memahami tata bahasa sehingga siswa dapat berbicara dalam gaya bertutur sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana besarnya kesalahan berbicara bahasa Arab dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya analisis kesalahan tata bahasa dalam tuturan pada mahasiswa Institut Al-Asry Kebaban. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif dan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumen. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menginduksi kesalahan dan mengidentifikasi faktor yang benar Analisis kesalahan linguistik gramatikal pada tuturan mahasiswa Al Asry Institute Kabban. Hasil penelitian ilmiah ini adalah adanya kesalahan berbahasa arab pada saat dzikir, disebutkan dalam pengkondisian, kesalahan dalam penentuan komposisi akhir arab. Menganalisis kesalahan gramatikal linguistik dalam tuturan siswa tentang hasil observasi siswa karena beberapa faktor antara lain penguasaan tata bahasa, penggunaan kata yang kurang tepat, ketepatan dalam tuturan, kurangnya motivasi berbicara dan kurangnya kosa kata siswa.


Keywords


Analisis Kesalahan, Bahasa Arab, Keterampilan Berbicara

Full Text:

PDF

References


Izzan, Ahmad. 2015. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: Humaniora.

Wiratno, Tri dan Santosa, Riyadi. “Bahasa,Fungsi Bahasa, dan Konteks Sosial”, dalam Modul Pengantar Linguistik Umum,Bing4214/Modul,1.

Rohman, Fathur. 2015. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Jatim: Madani.

Muna, Wa. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Penerbit Teras.

Azra, Azyumardi. 1999 Esei-Esei intelektual muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta: Wacana Ilmu.

Johan, Muhammad Gio dan Simatupang JR Yusrawati. 2017. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Secara Sintaktis dalam Proses Diskusi, dalam Jurnal Visipena no.2, Vol.8.

Resmi, Citra. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Induktif Pada Mata Pelajaran Nahwu, Yogyakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, dan R&D, Bandung, CV Alfabeta.

Arikunto, Suharsim.1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-ilmu Sosial, Jakarta: Salemba Humanika.

Putra, Hanafi Wahyu. 2015. dalam Skripsi Analisis Kesalahan Berbahasa dalam “Al-Muhadasah Al-Arabiyyah Al-Yaumiyyah”, Yogyakarta.

Sa’adah, Fina. 2012. Analisis kesalahan Berbahasa dan pertanyaan dalam pembelajaran bahasa asing”, dalam Jurnal Studi Islam dan Sosial, No. 1, Vol. 14.

Razin, Abu dan Razin Ummu. 2010. Ilmu Sharaf untuk Pemula, Jakarta: Maktabah.

Zulhannan. 2015. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Teraktif. Jakarta: PT RajaGrafindo.

Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: 10.24235/ibtikar.v9i2.6548

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Daftar Indeks:

    

 


Karya ini dilisensikan di bawah  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.