Nazhariyah Ta'lim al-Lughah al-'Arabiyyah 'inda Burrhus Frederic Skinner

Nurul Azkiya Sya'bani(1*),


(1) university of darussalam gontor
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahasa adalah dasar dari kesuksesan manusia, dan bahasa yang dipelajari oleh anak setelah memperoleh bahasa pertama atau bahasa ibu, dianggap sebagai bahasa kedua. Pembelajaran bahasa kedua diperoleh setelah akuisisi bahasa pertama. Dengan demikian, bahwa pembelajaran bahasa kedua memiliki berbagai teori, salah satunya adalah teori perilaku yang mewakili teori umum pembelajaran. Burrhus Frederic Skinner seorang psikolog yang bersandar pada teori ini, dan menyatakan teorinya operant conditioning yang berdiri berdasarkan konsep stimulus dan respons dengan penguatan berulang yang mengarah pada kemunculan respons secara berulang di mana kemudian berubah menjadi kebiasaan. Di antara unsur-unsur teori Burrhus Frederic Skinneryang sesuai untuk belajar bahasa kedua, sebagai berikut: (1) stimulus dan respon, (2) penghargaan dan penguatan, dan (3) menciptakan lingkungan.

Language is the basis of human success, and the language which learned by children after obtaining the first language or mother tongue, is reputed as a second language. Second language learning is obtained after the acquisition of the first language. Thus, the second language learning has various theories, one of them is a theory of behavior that represents the general theory of learning. Burrhus Frederic Skinner is a psychologist who relies on this theory, and declare his theory of operant conditioning which is based on the concept of stimulus and response with the repetitive reinforcement that direct to the emergence of repeated responses which turn into habits. Among the elements of Burrhus Frederic Skinner's theory that are appropriate for learning a second language, as follows: (1) stimulus and response, (2) appreciation and reinforcement, (3) creating an environment.


Keywords


Second Language, Behaviorism Theory, Burrhus Frederic Skinner, Operant Conditioning

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual, Jakarta: Prenadamedia Group.

Antonius,Porat. 2018.Psikolinguistik, Memahami Aspek Mental dan Neurologis Berbahasa, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Bagian Kurikulum KMI. 1425. Psikologi Pendidikan, Gontor: Darussalam.

Boeree, George. 1998. B.F Skinner (1904-1990) Personality Theories, Pyschology Department Shippensburg University.

Chaer, Abdul. 2015. Psikolinguistik Kajian Teoretik, Jakarta: Rineka Cipta,

Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik Kajian Teoritik, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dews, P.B. 1970. Century Psychology Series Festschrift for B.F. Skinner, New York: Irvington Publisher INC

Djaali. 2015. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Islam KajianTeoritis dan Pemikiran Tokoh, Bandung: Rosdakarya.

Hermawan, Acep. 2011. Metedologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: RemajaRosdakarya.

Ismail, Muhammad.(2013). Peran Psikolinguistik dalam Pembelajaran BahasaArab, Jurnal At-Ta’dib, 8,2,292

Rahayu, Minto. 2007. Bahasa Indonesia di PerguruanTinggi, Jakarta: Grasindo.

Richelle, Marc N. 1993. B.F. Skinner A Reappraisal, New York: Psychology Press Taylor & Francis group.

Magill, Frank Northen. 1991. Dictionary of World Biography Volume IX the 20 the Century O-Z, London: Routledge

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

O' Donohue, William and Kyle E. Ferguson. 2001. The Psychology of BF. Skinner, London, Sage Publication

Shafa. (2012). Teori Pemerolehan Bahsa dan Implikasinya dalam Pembelajaran, Jurnal Dinamika Ilmu, Vol. 12, No. 2, Desember, p. 5

Skinner, B.F.1984. Verbal Behaviour, Harvard: Harvard University.

Skinner, B.F. 2014. Science and Human Behaviour, Cambridge: Pearson Education,

Smith, Louis M. (1994). B. F. Skinner (1904-1990),International Journal Bureau of Education, XXIV, ¾, 519.

Surya, Mohamad. 2013. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi dari Guru, untuk Guru, Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syahid, Ahmad Habibi. (2015) Bahasa Arab sebgai Bahasa Kedua (Kajian Teoritis Pemerolehan Bahas Arab pada Siswa Non-Native), Arabiyat (Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban), 2 (1), 88

Syahid, Ahmad Habibi. (2015). Bahasa Arab sebagai Bahasa Kedua (Kajian Teoritis Pemerolehan Bahasa Pada Siswa Non-Native), Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2, 1, 91

Toates, Federick. 2009. Burrhus F. Skinner: The Shaping of Behaviour, United Kingdom: Palagrave Macmillan.

Wikipedia Bahasa Indonesia, Ibnu Jinni, dalam situasi https://id.wikipedia.org/wiki/Ibnu_Jinni (diakses pada 14 Maret 2017, Pukul 16.28 WIB).

Woolfolk, Anita. 2009. Educational Psychology Active Learning Edition, Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: 10.24235/ibtikar.v9i1.5560

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurul Azkiya Sya'bani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks:

    

  

Â