Pengaruh Penggunan Media Strip Story Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Minat Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Arab

Riska Apriliyani(1*), Erfan Gazali(2),


(1) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon
(2) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media Strip Story untuk meningkatkan keterampilan menulis dan minat siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X MA Darul Masholeh Kota Cirebon. Dasar dari pemikiran ini adalah bahwasannya media Strip Story merupakan potongan-potongan kertas yang sering digunakan dalam pembelajaran bahasa asing. Disamping murah dan amat mudah untuk dibuat, tekhnik strip story sederhana dan tidak memerlukan keterampilan khusus untuk menggunakannya. Media ini merupakan media yang efektif dalam pembelajaran bahasa arab, karena media ini mampu memberikan kemampuan bagi siswa dan membuat mereka lebih semangar lagi dalam belajar khususnya dalam keterampilan menulis bahasa arab. Penelitian ini dengan menggunakan penghitungan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (regresi sederhana), dan prosentase. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasannya kemampuan siswa pada keterampilan menulis tanpa menggunakan media Strip Story dikelas kontrol yaitu dengan nilai rata-rata sebesar74, median 87,50, minimum 52, maksimum 100. Kemampuan siswa terhadap keterampilan menulis dengan menggunakan media strip story di kelas eksperimen tinggi, hal tersebut dapat dilihat dari hasil pretest dengan rata-rata sebesar 83, median 90,51, minimum 71, maksimum 100. Dan minat siswa setelah menggunakan media strip sory mendapatkan nilai 72% dan nilai ini diambil dari yang menjawab sangat setuju dan setuju.

Abstract

This study aims to determine how much influence the use of strip story media of increasing student in writing skills of arabic lesson language learning in class X MA Darul Masholeh, Cirebon City. The rationale of this study is that the strip story media is pieces of paper that are often used in foreign language learning.besides being cheap and very easy to make, strip story techniques are simple and don’t require special skills to use them. This media is an effective media in arabic learning , because this media is be able to provide writting student skills and make them more enthusiastic in learning. This study use Quantitative methode with the type of experimental method. Method data collection on this study is test and quesioner, while the analysis of data in this study is use the Normality test, homogenity test,, hyphotesis test, regression test and prosentase test. The result of this study are that the ability of students in writting skills without using strip story media in the control class is average 74, median 87,50, minimum 52, maksimum 100. The result of this study are that the ability of students in writting skills by using strip story media in the eksperimen class is average 83, median 90,51, minimum 71, maksimum 100. And students interest after using strip story media got 72% value and this value was taken from those who answered very agree ang agree.


Keywords


Strip Story, Kemampuan Siswa, Keterampilan Menulis, Minat Siswa

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Alwi. 2003. Penggunaan Media Visual Dalam Proses Belajar Mengajar. Karya Tulis Ilmiah. Makassar: Program D II PGSD.

Al-Samman, Mahmud Ali. 1983. Al-Taujih Fi Tadris Al-Lughah Al-‘Arabiyah. Kairo: Dar Al-Ma’arif.

Al-Hafidz, Mahmud Faraj Abd. 1412. Al-Muzakkirat Al-Dirasah Al- Tarbawiyah.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2004. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Cet. II, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arsyad, Azhar. 2007. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Jakarta: Rajawali press.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Cetakan III. Jakarta: Raja Grafindo Persada MALANG PRESS (Anggota IKAPI).

‘Ashr, Husni ‘Abd Al Bari. 1994. Al-ittijaahat Al-haditsah Li Tadriisi Al-Lughah Al-‘Arabiyah Fi Marhalataini Al-I’dadiyah Wa Tsanawiyah. Al-Iskandariyah: Al Maktab Al-‘Arabiy Al Hadits Li At Thoba’ah Wa An Nasyr.

Bachri, Djamarah Syaiful dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RINEKA Cipta.

Ginting, Abdurrahman. 2010. Esensi Praktis Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rineka Cipta.

Ma’ruf, Nayif Muhammad. 1985. Khasais Al-Arabiyah Wathoroiq Tadrisiha. Beirut: Dar An-Nafaais.

Madkur, Ali Ahmad. 1991. Tadris Funun AL-Lughah Al ‘Arabiyah. Riyadh: Dar Al Syawaf.

Muhdhor, Atabik Ali Ahmad Zuhri. 1996. Kamus Kontemporer Arab-Indonesia. Cet.I Yogyakarta:Yayasan Ali Maksum.

Mujib, Fathul dan Rahmawati, Nailur. 2019. Metode Permainan-Permainan Edukatif Dalam Belajar Bahasa Arab. Shaut Al-‘Arabiyah, 7(1).

Saefullah, Hasan. 2012. Teknik Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab. Cirebon: Nurjati Press.

Soeparno. 1987. Media Pengajaran Bahasa. Jakarta: Logos.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 1982. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tha’imah, Rusydi Ahmad. 1996. Keterampilan Berbahasa. Al-Qahiroh: Dar Al Fiqry Al ‘Aroby.




DOI: 10.24235/ibtikar.v8i2.5537

Article Metrics

Abstract view : 52 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Riska Apriliyani, Erfan Gazali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks:

    

  

Â