Pengaruh Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Harf Jar dan Zharaf

Uspayani Uspayani(1*), Rodliyah Zainuddin(2),


(1) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon
(2) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media gambar untuk meningkatkan pemahaman siswa pada harf jar dan dhorof  dalam pembelajaran bahasa arab di MTsN 1 Indramayu. Dasar pemikiran yang digunakan pada penelitian diharapkan dengan penggunaan media gambar mampu memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran bahasa arab terutama pada bagian qowaid. Peneliti memilih menggunakan media gambar disamping lebih mudah untuk dipahami, siswa juga lebih semangat dalam belajar karena dengan menggunakan media gambar ini disusun semenarik mungkin untk menambah semangat belajar siswa terutama dalam pembelajaran bahasa arab. Sebagian besar para siswa ketika pembelajarn bahasa arab berlangsung merasa tidak semangat, bosan dan cape dan kebanyakan siswa lebih memilih untuk diam saja. Oleh karena itu seorang guru hendaknya mampu membangkitkan semangat siswa dan mengaktifkan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu dengan adanya penggunaan media gambar ini mempu menambah pemahaman siswa dalam belajar bahasa arab. Pada penelitian ini termasuk penelitian jenis kuantitatif dan jenis metode eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan pengambilan sampel berupa tes. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah N-Gain, Independent Sample t-test , uji normalitas dan uji homogenits. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa pemahaman siswa pada harf jar dan dhorof tanpa menggunakan media gambar di kelas kontrol dengan nilai minimum 53, nilai maksimum 88, dengan rata-rata 72,06 dan median 71,00. Sedangkan pemahaman siswa pada harf jar dan dhorof dengan menggunakan gambar dikelas eksperimen dengan nilai minimum 76, nilai maksimum 100, dengan rata-rata 83,72 dan median 82,00. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar untuk meningkatkan pemahaman siswa pada harf jar dan dhorof.

Abstract

This study aims to determine how much influence the use of image media to improve student understanding of harf jar and dhorof in learning Arabic in MTsN 1 Indramayu. The rationale used in research is expected that the use of image media can facilitate students in understanding Arabic learning, especially in the Qowaid section. Researchers chose to use picture media besides being easier to understand, students were also more enthusiastic in learning because by using these media images were arranged as attractive as possible to increase student enthusiasm for learning especially in learning Arabic. Most of the students when learning Arabic took place feeling unenthusiastic, bored and tired and most students prefer to remain silent. Therefore a teacher should be able to arouse students' enthusiasm and activate learning activities. Therefore, with the use of image media, it can increase students' understanding in learning Arabic. This research includes quantitative types and experimental methods. Data collection methods used in this study were observation, interviews and sampling in the form of tests. While the analysis of the data used is the N-Gain, Independent Sample t-test, normality test and homogeneity test. The results of this study that students' understanding of the harf jar and dhorof without using image media in the control class with a minimum value of 53, a maximum value of 88, with an average of 72.06 and a median of 71.00. While students' understanding of harf jar and dhorof by using pictures in the experimental class with a minimum value of 76, a maximum value of 100, with an average of 83.72 and a median of 82.00. This means that there is an influence of the use of image media to improve student understanding of harf jar and dhorof.


Keywords


Gambar, pemahaman siswa, harf jar dan dhorof.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, suharsimi. 2013 . Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Nuha, Ulin. 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: DivaPress

Sugiyono. 2015. Metode Penelitin Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sadiman , Arief. Dkk. 2010.Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Zainuddin, Rodliyah. 2013. Penggunaan Media Sederhana dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Cirebon : NurjatiPress

Sardiman, Arif S. 1990. Media Pendidikan, Jakarta: Rajawali.

Soeparno, 1988. Media Pengajaran Bahasa, Yogyakarta: IKIP

Khuli, Muhammad Ali (al), 1989. Asalib Tadris al-Lughah al-‘Arabiyyah .Riyadl: Dar al-‘Ulum.

Al-Ghoul, Mansur Hasan, tt. Annahwu At-Tatbiqiy Al-Wafi (Mesir: Muassah Arrisalah.

‘Awidho, Kamil. tt Attuhfatu Al-Bahiyyah Bisyarkhilmuqoddimatu Al-Ajurumiyyah.

Arsyad Azhar.2003. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya . Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana 1995, Dasar-dasar Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo.

Rizqi, Muhammad Rizal. 2018, Peran Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Motivasi Kemapuan Menulis Karangan Bahasa Arab, Jurnal El-Ibtikar . 7 (2):137-154.




DOI: 10.24235/ibtikar.v8i2.5513

Article Metrics

Abstract view : 35 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Uspayani Uspayani, Rodliyah Zainuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks:

    

  

Â