Pengaruh Penggunaan Strategi Directed Reading Thinking Activity Terhadap Peningkatan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas XI Man 3 Cirebon

Nurul Mukhsinah(1*), Muhsin Riyadi(2),


(1) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon
(2) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa dengan tidak menggunakan startegi (DRTA) dalam pembelajaran bahasa arab dan mengetahui minat siswa dengan menggunakan strategi (DRTA) dalam pembelajaran bahasa arab serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan strategi (DRTA) terhadap minat siswa dalam pembelajaran bahasa arab kelas XI MAN 3 Cirebon.

Metodologi penelitian yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis metode  eksperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara dan angket,  Sedangkan tehnik analisis data pada penelitian ini  adalah menngunakan perhitungan uji normalitas, uji korelasi, uji hipotesis. Dan populasi pada penelitian ini  adalah siswa kelas XI Man 3 Cirebon yang berjumlah 371 populasi dengan jumlah sampel 37 siswa.

Hasil dari penelitian ini adalah bahwa hasil dari pembagian angket di kelas kontrol adalah 86,4595 dan 71,1081, dan  hasil dari pembagian angket di kelas eksperimen adalah 90,5833 dan 78,278. strategi (DRTA) dalam meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran bahasa arab di kelas XI MAN 3 Cirebon dinyatakan efektif. Karena berdasarkan uji regresi hasil signifikansi 0,000>0,05. Dan nilai t hitung 4,033< 1,697 sehingga Ho menolak. Hal ini bermakna bahwasanya terdapat pengaruh penggunaan strategi (DRTA) terhadap minat siswa dalam pembelajaran bahasa arab. 

Abstract

The aims this study to determine the interests of students by not using strategies (DRTA) in learning Arabic and find out the interests of students using strategies (DRTA) in learning Arabic and to find out how much influence the use of strategies (DRTA) on students' interest in learning Arabic class XI MAN 3 Cirebon.

And as for the research methodology used by researchers in this study is quantitative research with the type of experimental method. Data collection methods in this study are by observation, interview and questionnaire, while the data analysis technique in this study is to use normality test calculations, correlation tests, hypothesis testing. And the population in this study were students of class XI Man 3 Cirebon, amounting to 371 population with a sample of 37 students.  

The results of this study are are that the results of the distribution of questionnaires in the control class were 86.4595 and 71.1081, and the results of the distribution of questionnaires in the experimental class were 90.5833 and 78.278. As for usage of strategy (DRTA) in increasing student interest in learning Arabic in class XI MAN 3 Cirebon is declared effective. Because based on the regression test the results of significance were 0,000> 0.05. And the t value of 4.033 <1.697 so that Ho refused. This means that there is an influence of the use of strategy (DRTA) on students' interest in learning Arabic.


Keywords


Strategi DRTA, Minat siswa, MAN 3 Cirebon

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama., 2012.

Aqib, Zainal. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: YRAMA WIDYA, 2013.

As’ad, Ali. Terjemah Ta’lim Muta’alim. Diedit oleh tim mk. 1 ed. kudus: menara kudus, 2007.

Darmadi. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.

Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2017.

Fikri bariska, Hanif. “Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas v SD.†PGSD 1, no. 2 (2013).

fuad, albahi sayyid. Dasar-dasar psikologi dan perkembangannya. Mesir: Dar elfikr arabi, n.d.

Fuad Efendy, Ahmad . Metodology Pengajaran Bahasa Arab. 3 ed. Malang: misykat, 2005.

Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV PUSTAKA SETIA, 2011.

Herdananto, Bagus. Menjadi Guru Bermoral Profesional. Yogyakarta: Kreasi Wacana Offset, 2009.

Hilmi. “Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Pembeljaran Bahasa Arab.†Lantanida 4, no. 2 (2016).

Lutfiana, Eka, Mudzanatun, dan Wawan Priyanto. “Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity terhadap Kemampuan Membaca Intesnsif dalam Menemukan Kalimat Utama Di SDN Ranggen 2†XXII, no. 2 (2017): 112–141.

Lutfiana, Eka, dan Wawan Priyanto. “Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity terhadap Kemampuan Membaca Intesnsif dalam Menemukan Kalimat Utama Di SDN Ranggen 2.†Seminar Nasional PGSD (2017): 313–325.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Mansyur. “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pencapaian Maharah Al- Qira ’ ah Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan†Ekspose XXVI (2017): 1–11.

Masyi bin Muhammad Asy-syamiri. 101 Strategi. saudi: kantor umum pendidikan dan pembelajaran daerah, 2011.

Nurmasyithah. Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar Negeri 19 Banda Aceh. Banda Aceh: IAIN Ar-Raniry, 2011.

Rahim, Farida. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Bumi Angsara, 2008.

Rohmah, Noer. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Teras, 2010.

Sefrianah, Nur Aisyah, Suyono, dan Kusubakti Andajani. “Pengaruh Strategi DRTA terhadap Kemampuan Baerpikir Kritis Siswa Jenjang SD, SMP, dan SMA.†Pendidikan 3 (2018): 229–237.

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2005.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabet, 2013.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Trisna, Wyn Eddy Kristiantari, M G Rini, dan Ni Nym Ganing. “Pengaruh Strategi DRTA Terhadap Keterampilan Menyimak Pada MaTa Pelajaran Bahasa Arab.†Mimbar PGSD universitas Pendidikan Ganesha 78 (2014).

Yensy, Nurul Astuty. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example non example dengan Menggunakan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.†Exacta X, no. 1 (2012): 24–35.




DOI: 10.24235/ibtikar.v8i2.5511

Article Metrics

Abstract view : 60 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurul Mukhsinah, Muhsin Riyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks:

    

  

Â