Pengaruh Penggunaan Strategi Active Knowledge Sharing Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab
(1) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon
(2) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi active knowledge sharing tehadap peningkatan keaktifan belajar siswa kelas X MIA 2 di Man 2 Kota Cirebon. Dasar pemikiran dari penelitian ini adalah bahwasanya strategi active knowledge sharing adalah strategi yang baik untuk memperkenalkan siswa pada materi yang akan dipelajari, serta dapat digunakan untuk menilai tingkat pengetahuan siswa sembari melakukan kegiatan pembentukan tim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Medote pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, angket dan wawancara, sedangkangkan analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan penghitungan,uji normalitas, uji korelasi,uji regresi dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keaktifan belajar siswa sebelum menggunakan strategi active knowledge sharing berdasarkan hasil observasi langsung dan penyebaran angket menunjukan hasil rata-rata 51,37 median 51,5 dengan nilai minimum 46,00 dan nilai maksimum 57,00. Keaktifan belajar siswa setelah menggunakan strategi active knowledge sharing menunjukan nilai rata-rata 59,9 median 63,00 dengan nilai minimum 50,00 dan nilain maksimum 72,00. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi active knowledge sharing tehadap peningkatan keaktifan belajar siswa.
Abstract
This study aims to determine how much influence the active knowledge sharing strategy has on increasing the learning activeness of class X MIA 2 students in Man 2, Cirebon City. The rationale of this research is that the active knowledge sharing strategy is a good strategy for introducing students to the material to be studied, as well as assessing the level of student knowledge. This research uses a quantitative approach with an experimental method. The data collection method used in this study was by observation, questionnaire and interview, while the data analysis in this study was to use calculations, normality tests, correlation tests, regression tests and hypothesis tests. The results of this study indicate that the activeness of student learning before using active knowledge sharing strategies based on the results of direct observation and questionnaire distribution showed an average result of 51,37 median 51,5 with a minimum value of 46,00 and a maximum value of 57,00. Student learning activeness after using active knowledge sharing strategy shows an average value of 59,9 median 63,00 with a minimum value of 50,00 and a maximum value of 72,00. This shows that there is an influence on the use of active knowledge sharing strategies to increase student learning activeness.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alim, Abdul. Syahin, Hasan. tt. istirotijiatu adris al muaqaddimah wa istirotijiyatu a'allum wa anmatu a'allum. alexandria: Kampus alexandria.
Arikunto, Suharsimi. 2006. prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib, Zainal dkk. 2014. Model-model, media dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung. Yrama widya.
Dalimunthe, Nurjannah, Fajri, Jufri, dan Ummi Habibatul Islamiyah. 2018 Application of Active Knowledge Learning Strategy Sharing to Increase Learning Result Accounting Student Class XI IPS in High School Istiqlal Deli Tua. International Journal Academic Research in Business and Social Science, 08, (1)
Hamalik, Oemar. 2011. Proses belajar mengajar. Jakarta. Bumi aksara.
Ibrahim, Abdul. alim. 1119. Muwajjih al fann. Saudia: Mentri pendidikan dan pengajaran.
Silberman, M. L. 2014. Active learning 101 cara belajar aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
Sudjana, N. 2004. Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar baru algesindo.
Sugiyono. 2013. Penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zaini, Hisyam, Barmawy, Munthe, dan Sekar. 2007. Strategi Pembelajaran aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
DOI: 10.24235/ibtikar.v8i2.5510
Article Metrics
Abstract view : 43 timesPDF - 11 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nelly Nikhayatu Zen, Syarif Hidayatullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Â