Pengaruh Language Interest terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa di Pondok Pesantren Modern Al-Abroor Kabupaten Tapanuli Selatan
(1) Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa masalah pembelajaran bahasa Asing yang paling besar adalah masalah psikologis. Bahasa asing dianggap sulit oleh siswa sehingga para pengajar merasa kesulitan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Sebaliknya guru juga bersikap egois dalam proses pembelajaran siswa yaitu guru tidak memperhatikan language interest siswa sehingga tujuan pembelajaran bahasa tidak mencapai tujuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh language interest terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa di Pondok Pesantren Modren Al-Abroor Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Quantitatif research yaitu mengumpulkan data penelitian dengan menyebarkan angket dan ujian kompetensi bahasa asing kepada 141 siswa. Analisa data penelitian ini menggunakan olah data SPSS. Dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa language interest siswa di Pondok Pesantren Modren Al-Abroor Kabupaten Tapanuli Selatan kepada bahasa Arab yaitu 0,845 > 0,396 dengan hasil belajar 63,184. Language Interest mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar bahasa Arab dimana angka koefisien regresi menunjukkan angka sebesar 0,150, Artinya bahwa setiap penambahan 1% tingkat language interest (X), maka hasil belajar siswa (Y) akan meningkat sebesar 0,150. Karena nilai koefisien regresi bernilai positif (+) maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa language interest (X) berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa (Y). sehingga persamaan regresinya adalah Y= 89,446 + 0,150. Maka dari analisa data diatas dapat simpulkan bahwa dengan mengetahui language interest siswa kepada bahasa Arab akan memudahkan guru untuk mengarahkan dan melaksanakan proses pembelajaran bahasa Arab.
Kata kunci : language interest, hasil belajar, pengaruh
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Absrack
Previous research shows that the biggest problem in learning foreign languages is related to psychological problems. Foreign languages are considered difficult by students so that teachers experience difficulties in carrying out the learning processes. Teachers also behave selfishly in the learning processes by ignoring students' language interests so that language learning goals are not achieved. This research was conducted with the aim to determine the effect of language interest on students’ Arabic learning outcomes at Al-Abroor Modern Islamic Boarding School in South Tapanuli Regency. This research was conducted with a Quantitative method through a questionnaire and foreign language competency tests to 141 students. Analysis of the data in this study is conducted through SPSS data processing. The findings of this study indicate that the language interest of students at Al-Abroor Modern Islamic Boarding School in South Tapanuli Regency towards Arabic is 0.845> 0.396 with 63.184 learning outcomes. Language Interest has a significant effect on Arabic learning outcomes where the regression coefficient number indicates a value of 0.150, meaning that each additional 1% of language interest (X) will lead to an increase of students’ learning outcomes (Y) by 0.150. Because the regression coefficient value is positive (+), it can be concluded that the language interest (X) has a positive effect on students’ learning outcomes (Y) so that the regression equation is Y = 89,446 + 0,150. From the analysis of the data above it can be concluded that the understanding of students' language interest in Arabic will facilitate teachers in directing and implementing the Arabic learning process.
Keywords: language interest, learning outcomes, influence
ÂKeywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid Sayyid Ahmad Manshur (1982), Ilmu Lughoh An-Nafsi, , ed. I, Riyad : Mamlakah su'udiyah arobiyah.
Ali Abdul Wafi, (tt), Ilmu Lughoh. Cet. 9. Darun Nahdoh, Kairo.
Ag. Bambang Setiyadi, (2006), Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing (Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif), Graha Ilmu, Yogyakarta.
Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Fuad Al-bahyi As-sayyid, (tt), Al-asas An-nafsi Linamu, Mesir : Darul Fikri Al-Arobi.
Hasan Musthofa Abdul Mu'thi (1992), Ilmu Nafsi Tarbawi, Indonesia : Ma'had Al-Ulum AL-islamiyah wal Arobiyah,
Juwairiyah Dahlan, (tt), Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab, Al-Ikhlas,
Surabaya.
Jam'ul huquqi Mahfuzah (2011), Thuruq At-tadris al-mawad ughoh al-arobiah,
Beirut : Darul Masrik.
M. Ali Al-Khuli, (1982), Asalib Tadris Al-lughotul Arabiyah, Al-firdaus Tijariah,
Riyad.
Kartini Kartono. 1995. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan), Mandar Maju, Bangdung.
Muhammad Hadi Afifi, (tt) , Usul At-tarbiyah wa Ilmu An-Nafsi, Qohiroh : Maktabah Al-misri.
Syaiful Sagala, 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran, Alfabeta, Bandung.
DOI: 10.24235/ibtikar.v8i2.5456
Article Metrics
Abstract view : 36 timesPDF - 15 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Irsal Amin Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Â