Desains Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab: Pendekatan Potensi Fitrah

Een Turaeni(1*),


(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


penelitian ini membahas teori Noam Chomsky tentang pemerolehan bahasa dan pembelajaran bahasa, oleh karena itu jenis penelitian ini merupakan study pustaka dengan menggunakan metode analisis deskriptif, adapun kesimpulan dari pembahasan ini adalah bahwa pembaharuan pendidikan bahasa arab terutama dengan penyusunan''Desain kurikulum pembelajaran bahasa arab''tidak hanya yang layak akomodatif untuk diterapkan, namun, harus mampu menjangkau pada sasaran komperhensif dan mendasar bagi rancangan bangun sistem pendidikan bahasa arab yang handal. yang terkait dengan konsep fitra bahasa, bahasa adalah sebuah konsep yang sudah melekat pada diri setiap manusia seperti pendapat dari Chomsky yang merupakan tokoh aliran teori metalistik, itu dapat di ambil penafsiran bahwa dalam setiap diri manusia telah dibekali oleh kemampuan berbahasa dalam dirinya yang tersimpan sebagai bawaan sejak lahir. oleh karenanya dalam teori pembelajaran atau pemerolehan bahasa kedua pada masa perkembangan pertama tentunya tidak akan jauh melenceng dari penafsiran tersebut. jadi dalam konsep kurikulum bahasa, konsep bahasa fitrah ini sangat relevan ketika dilakukan memalu pendekatan fitrah itu sendiri yakni dengan konsep komunikatif. karena bahasa adalah ujaran bukan tulisan bahasa adalah rangkaian kebiasaan, ajarkanlah bahasa, bukan tentang bahasa, bahasa adalah sebagaimana yang dilakukan oleh penutur asli bukan seperti yang oleh seseorang yang di pandang seharusnya tidak ada satu bahasa yang sama prosesnya dengan bahasa yang lainnya.

Full Text:

PDF

References


Abdul Azis bin Ibrahim el-Ushaili, Psikolinguistik Pembelajaran Bahasa Arab, (Bandung: Humaniora, 2009)

Abdul Chaer, Linguistik Umum, (Jakarta: Rineka Cipta, 1994.

Abdul Hamid Mursi, SDM yang Produktif: Pendekatan al-Qur’an dan Sains, (Jakarta:Gema Insani Press, 1997).

Al Imam Abul Fida Ismail Ibnu Kasir Ad-Dimasyqi, Tafsir Al-Qur’an al-‘Ażīm, terjemahan Bahrum Abu Bakar, Tafsir Ibnu Kaśīr juz 14, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2003).

Ali Ismail Muhammad Dalam Muhzin Nawawi. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab (Kajian Epistimologi). An-Nâbighoh, Volume 19 No. 1 Tahun 2017.

Aziz Fachrurrazi dan Erta Mahyudin, Pembelajaran Bahasa Asing: Metode Tradisonal dan Kontemporer, (Jakarta: Rajawali Press, 2016)

Bagus Andrian Permata, “Teori Transformatif-Generatif Noam Chomsky dan Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Arabâ€, Jurnal Empirisma, Vol. 24 No. 2, 2015.

Cahyono, Bambang Yudi. 1995. “Kristal-kristal Ilmu Bahasaâ€. Surabaya: Airlangga University Press. Acep Hermawan, metodologi pembelajaran bahasa arab, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2011)

Douglas Brown, Prinsip pembelajaran dan Pengajaran Bahasa, (Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat, 2008).

Effendy, Onong Uchjana. (2013). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek.Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Imran Jasim al-Jabburi dan Hamzah Hasyim as-Sulthani, al-Manâhij wa Tharâ’iq Tadrîs al-Lughah al-‘Arabiyyah, (‘Amman: Muassasah Dâr al-Shâdiq as-Tsaqâfiyyah, 2013),.

Iskandarwassid, Dadang Sunendar,Strategi Pembelajaran Bahasa, (Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Louis Maluf,AI-MunjitlJid.fi Al- lughah wa al- alam dar al- masyrik 1986. Hal 588

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Rajawali Pers, 2011)

Muhammad Faiz Al Afify, “Konsep Fitrah dalam Psikologi Islamâ€, Jurnal Tsaqofah Volume 14, Number 2, November 2018.

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 18. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Nikmah Hadiati Salisah, Ilmu Komunikasi (Pasuruan: LunarMedia, 2012)

Shafa, “Teori Pemerolehan Bahasa dan Implikasinya dalam Pembelajaran†Jurnal Tarbiyah STAIN Samarinda.

Toni Pransiska, “Konsepsi Fitrah Manusia dalam Perspektif Islam dan Impliksinya dalam Pendidikan Islam Kontemporer†Jurnal Ilmiah Didaktika, (vol.17 No I, 2016)

Wati Susiawati, Al-Qur’an dan Teori Transformatif Generatif, Disertasi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2017. Dalam bentuk jurnal.

A. Suherman, Psikolinguistik. Http://File.Upi.Edu_Pend._Bahasa_Arab. Di akses tanggal 23 Oktober 2019




DOI: 10.24235/ibtikar.v8i2.5360

Article Metrics

Abstract view : 89 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Een Turaeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks:

    

  

Â