Pengaruh Metode Qawaid dan Tarjamah Terhadap Kemampuan Membaca Nyaring Siswa MA Nurul Huda Munjul Cirebon
(1) Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Kediri
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca nyaring dengan menerapkan metode Qawaid dan Tarjamah terhadap siswa MA Nurul Huda Munjul Cirebon. Adapun Metode penelitian yang digunakan Dalam penelitian ini adalah eksperimen (Quasi Experimental) dengan pendekatan Kuantitatif dan desainnya yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi Penelitian ini yaitu siwa kelas 10 IPS MA Nurul Huda Munjul Cirebon tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Sampling. Instrumen untuk pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : hasil tes kemampuan membaca nyaring sebelum pembelajaran menggunakan metode Qawaid dan Tarjamah dikelas eksperimen menunjukan (Rata-rata) 30, nilai (minimum) 15 dan nilai (maksimum) 60. Sedangkan tes sesudah pembelajaran menggunakan metode Qawaid dan Tarjamah menunjukan nilai (rata-rata) 70, nilai (minimum) 20 dan nilai (maksimum) 95. Adapun hasil tes kemampuan membaca nyaring sebelum pembelajaran dengan tanpa menggunakan metode Qawaid dan Tarjamah dikelas kontrol menunjukan (Rata-rata) 30, nilai (minimum) 10 dan nilai (maksimum) 50. Sedangkan tes sesudah pembelajaran menunjukan (rata-rata) 30, nilai (minimum) 10 dan nilai (maksimum) 50. Berdasarkan data dari Hasil T-Test Independent menunjukan nilai t= 10.267 dengan (df)= 28, Sig(2-Tailed)= 0,000 < 0,005. Ini artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukan bahwa adanya pengaruh metode Qawaid dan Tarjamah terhadap kemampuan membaca nyaring di kelas eksperimen MA Nurul Huda Munjul Cirebon tahun ajaran 2018/2019.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharismi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Huda, Miftah. 2014. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Izzan, ahmad. 2004. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora Utama Pres,.
Khouli, Mahmud Ali. 1986. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Riyad. Kampus Imam Muhammad Bin Sa’ud.
Nuha, Ulin. 2016. Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Pres,.
Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.
Tarigan, Henry Guntur. 2009. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Zaenuddin, Radliyah dkk. 2005. Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab.
DOI: 10.24235/ibtikar.v8i1.4440
Article Metrics
Abstract view : 94 timesPDF - 124 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Abdullah Salman, Khasan Aedi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Â