PERAN MEDIA GAMBAR BERSERI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN BAHASA ARAB

Muhammad Rizal Rizqi(1*),


(1) Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian yang berjudul peningkatan motivasi dan kemampuan menulis kara-ngan bahasa Arab dengan menggunakan media gambar berseri bagi siswa Madrasah Ibtidaiyyah At-tahdzibiyah Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun cerita menjadi karangan yang utuh sesuai dengan rangkaian gambar yang urut, bagaimana penerapan media gambar berseri dalam pembelajaran menulis bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyyah At-Tahdzibiyyah Kecamatan Babat Kabupa-ten Lamongan. Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Untuk meningkat-kan kemampuan siswa dalam menulis karangan bahasa Arab, peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui pengguna-an media gambar berseri yang dilakukan dengan dua siklus. Model penelitian tinda-kan kelas yang digunakan yaitu model Kurt Lewin. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang di-gunakan adalah wawancara, observasi, catatan lapangan dan tes. Adapun data yang diperoleh di analisis secara deskriptif dan di analisis dengan menggunakan ru-mus nilai rata-rata dan persentase ketunta-san belajar. 


Keywords


Media Gambar Berseri, Motivasi, Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Andriani dkk, Durri, Metode Penelitian, Tangerang Selatan: Universitas Ter-buka, 2013.

Aqib dkk, Zainal Penelitian Tindakan Ke-las Untuk Guru SD, SLB, TK, Ban-dung: CV. Yrama Widya, 2009.

Asrori, Mohammad, Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima, 2007.

Basrowi dan Suwandi, Prosedur Pene-litian Tindakan Kelas, Bogor: Ghalia Indonesia, 2008.

Darmadi, Kaswan, Meningkatkan Kemam-puan Menulis, Yogyakarta: Andi Offset, 1996.

Jacob, T., Manusia, Ilmu dan Teknologi Pergumulan abadi Dalam Perang dan Damai, Jalaluddin, psikologi agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), 2008.

Mustaqim, Psikologi Pendidikan, Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dan Pustaka Pelajar Offset, Sema-rang, 2012.

Nur Cholis, Hanif, saya senang berbahasa Indonesia untuk kelas IV, Erlangga, 2013.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press, 2011.

Setyawati, Nanik analisis kesalahan berbahasa Indonesia, 2010.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuan-titatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2005

Terry, GR. yang dikutip oleh Malayu S.P Hasibuan, 2005.

Wardani, Igak dan Kuswaya Wihardit. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka, 2011.




DOI: 10.24235/ibtikar.v7i2.3363

Article Metrics

Abstract view : 351 times
PDF - 222 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Rizal Rizqi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks:

    

  

Â