ANALISIS BAHAN AJAR “BUKU SISWA BAHASA ARAB†UNTUK KELAS 6 MADRASAH IBTIDAIYAH (PENDEKATAN SAINTIFIK 2013)

Nursobah Fitriani(1*), Hasan Saefulloh(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati
(*) Corresponding Author

Abstract


Dewasa ini bahan ajar mempunyai peran yang penting dalam mencapai keberhasilan belajar. Maka pembelajaran akan berjalan dengan efektif jika bahan ajar yang digunakan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Namun fenomena dilapangan berbicara bahwa bahan ajar digunakan menjadi satu-satunya sumber ajar yang dijadikan pegangan oleh guru, sehingga fokus guru adalah bagaimana menghabiskan materi yang terdapat dalam bahan ajar tersebut tanpa melihat kepada kurikulum, Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD). Pertanyaannya kemudian adalah apakah bahan ajar yang selama ini digunakan sudah memenuhi kriteria bahan ajar yang baik? Analisis ini menggunakan insrumen dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan teori Mackey. Dalam penelitian ini, menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif yaitu metode untuk mendapatkan informasi-informasi yang akurat dari informasi-informasi yang benar dan mengambil kesimpulan dari informasi-informasi yang ada. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Penelitian kepustakaan adalah beberapa kegiatan penelitian yang menghubungkan dengan kegiatan membaca dan pencatatan

Keywords


Bahan Ajar, BSNP, Teori Mackey

Full Text:

PDF

References


Anggota BSNP. Artikel Tentang Kinerja BSNP Tahun 2014. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan, 2014.

Azizah, Mutiatul. “Pdf Skripsi Analisis Bahan Ajar.†2016. digilib. uinsby.ac.id (diakses Februari 23, 2016).

Lampiran SK. DIRJEN. Pendidikan Islam. Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. Nomor 2676 Tahun 2013.

Muljanto, Sumardi. Pengajaan Bahasa Asing : Sebuah tinjauan dari segi Metodologi. Jakarta: Bulan Bintang, 1974.

Nirmala Ratna, Nur Fitria. Persepsi Guru Kelas II (Dua) terhadap Pelaksanaan Proses Penialian dalam Kurikulum 2013 di SD Al-Firdaus Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Surakarta: Universitas Muhammdiyah Surakarta, 2015.

Sulistyowati. “PENGEMBANGAN PUSAT SUMBER BELAJAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN.†STATEMENT 2, no. 3 (Oktober 2012): 45.

Taruna, Mulyani Muds. “Kesiapan Madrasah Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013.†Juranal At-Taqaddum 6, no. 2 (Nopember 2014): 215.




DOI: 10.24235/ibtikar.v7i2.3336

Article Metrics

Abstract view : 579 times
PDF - 355 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nursobah Fitriani, Hasan Saefulloh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks:

    

  

Â