Analisis Perbandingan Konsep Subyek Antara Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Bahasa-bahasa yang ada di dunia ini adalah sama karena di dasari oleh satu sistem yang universal. Namun, masing-masing bahasa memiliki karakteristik yang berbeda, contohnya dalam segi tata bahasa. Setiap bahasa pasti memiliki kedudukan dalam kalimat seperti subyek, predikat, obyek. Namun, karakteristiknya masing-masing berbeda antara bahasa satu dan lainnya. Seperti subyek, dalam bahasa Indonesia hanya ada satu jenis dan satu nama. Sementara dalam bahasa Arab, memiliki ragam sinonim dan jenis. Penting bagi kita untuk mengetahui dan memahami keduanya agar tidak ada penyempitan maupun penghilangan makna di salah satu bahasa tersebut.Maka dari itu, perlu diadakan perbandingan antara subyek dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Beberapa penelitian tentang perbandingan dua bahasa telah banyak dilakukan, tetapi bukan pada ranah fungsi sintaksis khususnya perbandingan subyek antara bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Oleh sebab itu, kajian ini akan membahas perbandingan tentang konsep subyek antara bahasa Indonesia dan bahasa Arab. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian “Library Reseacrhâ€. Teknik pengumpulan datanya menggunakan triangulasi yaitu menggabungkan teknik wawancara, observasi dan dokumen. Hasil dari kajian ini adalah, terdapat perbedaan pada pengertian, jenis, beberapa karakteristik dan beberapa unsur pembentuk subyek antara bahasa arab dan bahasa Indonesia serta terdapat persamaan pada beberapa karakteristik dan beberapa unsur pembentuk subyek antara bahasa arab dan bahasa Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Gulayaini, Mushtofa. 2005. Jami’uddurus Al-Lughah Al-‘Arobiyah. Kairo: daarul hadis
. 2007. Ad-Durusul ‘arobiyah. Libanon: daarul kutub
Asrori, Imam. 2004. Sintaksis Bahasa Arab. Malang: Penerbit Misykat.
Azizah, Fitria Rif’atul. 2016. Analisis Pemikiran Ibnu Khaldun Terhadap Direct Method Dalam Pembelajaran Bahasa Asing. Skripsi. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati (Tidak dipublikasi)
Chaer, Abdul. 2009. Buku Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dahlan, Ahmad Zaini. Matan al-ajurumiyah. Surabaya: Maktabatu Muhammad bin nabhan wa Awladihi
Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Holilurrohman. 2012. Panduan Membaca dan Memahami Kitab Kuning. Bandung: Arfino Raya.
Khairah, Miftahul & Sakura Ridwan. 2014. Sintaksis Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi. Jakarta: Bumi Aksara
Khoironi, Agus Shohib. 2007. Awdhohul Manahij fii Mu’jami al-lughah al-‘arobiyah. Jakarta: WCM Press
Kosasih. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: CV YRAMA WIDYA
Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Lubis, Hamid Hasan. 1994. Glosarium Bahasa dan Sastra. Bandung: Angkasa
Muslich, Masnur. 2014. Garis-garis Besar Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Malang: Reflika Aditama
Nimas, Ikraam. 2014. Makalah Bahasa Indonesia Kalimat Efektif. Paper Academia Edu (dipublikasi)
Putrayasa, Ida Bagus. 2012. Jenis Kalimat dalamBahasa Indonesia. Bandung: Refika Aditama
. 2010. Analisis Kalimat Fungsi Kategori dan Peran. Bandung: Refika Aditama
Rahardi, Kunjana. 2009. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Ramlan, M. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono
Syamsuddin, Ibrahim. 1971. Marja’u ath-thullabi Fiji qawa’id al-lughah. Libanon: daarul kutub al-‘alamiyah
Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Sintaksis. Bandung: Angkasa
Tha’imah, Rusydi Ahmad. 1946. Al-Marja’ fii ta’liimi al-lughah al-‘arobiyyah. Mesir: Jami’ah Ummul qura
DOI: 10.24235/ibtikar.v7i2.3334
Article Metrics
Abstract view : 281 timesPDF - 417 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Dini Handayani, Erfan Gazali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Â