PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AS-SHURAH AL-MUFRADAH DAN MEDIA AS-SHURAH AL-MURAKHABAH SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA
(1) IAIN Syekh Nurjati
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan antara media as-shurah al-mufradah dan media as-shurah al-murakhabah dalam meningkatkan penguasaan kosa kata terhadap pembelajaran Bahasa Arab materi الساعة di kelas VIII MTsN 11 Cisaat. Ketika melakukan observasi peneliti menemukan beberapa masalah yang mana Penguasaan kosa kata Bahasa Arab yang dimiliki siswa masih lemah, guru tidak menggunakan media yang sesuai dalam kegiatan pembelajaran, banyak dari siswa yang merasa bosan dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab. Oleh karena itu untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa perlu adanya media yang mendukung, salah satunya yaitu dengan menggunakan media gambar (Media as-shurah al-mufradah  dan as-shurah al-murakhabah).
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, adapun teknik Analisis datanya peneliti menggunakan Gain,uji Normalitas, uji Homogenitas, Hipotesis dan untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi dan tes pretest – posttest. Hasil penelitian pada skripsi ini terhadap pembelajaran Mufrodat di kelas kontrol dengan menggunakan media as-shurah al-murakhabah di kelas kontrol menghasilkan nilai pretest yaitu (Minimum) 6 dan (Maximum) 94 , posttest menghasilkan nilai (Minimum) 33 dan (Maximum) 100. Dan hasil kemampuan siswa pada pembelajaran mufrodat dengan menggunakan media as-shurah al-mufradah dikelas Eksperimen nilai pretest nya yaitu menghasilkan (Minimum) 6 dan (Maximum) 89. Hasil dari postest yaitu menghasilkan nilai (Minimum)44 dan (Maximum) 100. Ini menunjukan hasil t= 0,013 dengan (df) 99 menghasilkan sig(2-tailed)= 0,000<0,05. Berdasarkan data diatas bahwa HO ditolak dan HA di terima. Ini artinya tidak ada perbedaan antara penguasaan mufrodat denagn menggunakan media as-shurah al-mufradah dan medias-shurah al-murakhabah. kedua media ini sama-sama memilikipengaruh dalam pembelajaran kosa kata khususnya pada tema “الساعةâ€.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
اØمد، خيرى . ١٩٧٩ . الوسائل التعليمية والمنهج. قاهرة: دار النضة العربية
سالم، Ø£Øمد Ù…Øمد. 2010. وسائل Ùˆ تكنولوجيا التعليم. صعود: مكتبة الرشد.
صينى، Ù…Øمد إسماعيل ورÙيقه. 1984. (الطبعة الأولى) . المعينات البصرية ÙÙ‰ تعليم اللغة. الرياض: مطابع جامعة الملك سعود.
الخطيب، Ù…Øمد بن إبراهيم. 2003. (الطبعة الأولى) طرائق التعليم اللغة العربية. الرياض: مكتبة التوبة.
الخلى، Ù…Øمد على. 1986. (الطبعة الثانية) أساليب تدريس اللغة العربية. مملكة العربية السعودية.
الÙوزان، عبد الرØمن بن إبراهيم. 1425. دروس الدورات التدريبية لمعلمى اللغة العربية لغير الناطقين بها (الجانب النظرى). مؤسسة الوق٠الإسلامي: مشروع العربية للجميع.
القسمى، على Ù…Øمد. ١٩٧٩. اتجاهات Øديثة ÙÙŠ التعليم اللغة العربية للناطقين باللغة الاخرى. الجمعة رياضة: المملكة العربية السعدية
العصيلى، عبد العزيز بن إبراهيم. 2002. (الطبعة الأولى) طرائق تدريس اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى. جامعة الإمام Ù…Øمج بن سعود الإسلامية.
Arikunto , Suharsimi .2013 . Prosedur Penelitian. Jakarta . PT Rineka Kencana .
Sugiyono 2012. MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta .
Zaenuddin, Rodliyah. 2013. Penggunaan Media Sederhana Dalam Pembelajaran Bahasa Arab . Cirebon: Nurjati Press.
DOI: 10.24235/ibtikar.v7i2.3328
Article Metrics
Abstract view : 265 timesPDF - 183 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Iqfhayati Fatricia, Aziz Syafrudin Syafrawi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Â