Analisis Kesalahan Fonologi dalam Pelafalan Kosakata Bahasa Arab bagi Siswa MTs Yasiska
(1) Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
(*) Corresponding Author
Abstract
Analisis kesalahan fonologi dalam pelafalan kosakata bahasa Arab di kalangan siswa MTs Yasiska adalah fokus penting dalam pembelajaran bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai kesalahan fonologi yang terjadi serta menganalisis faktor-faktor penyebabnya dalam keterampilan membaca teks bahasa Arab di MTs Yasiska. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis kesalahan berbahasa, melibatkan wawancara dan observasi, data dikumpulkan dari dua puluh delapan siswa dan satu guru bahasa Arab. hasil penelititan menunjukkan bahwa kesalahan fonologi terjadi dalam penggantian huruf, memanjangkan kata, dan kesalahan pengucapan yang disebabkan kemiripan bunyi. Selain itu, faktor Penyebab kesalahan terdapat pada pengaruh bahasa ibu dan pengabaian kaidah-kaidah fonologi. Temuan ini diharapkan dapat memberikan solusi dalam pengajaran Bahasa Arab di MTs Yasiska, khususnya dalam memperbaiki keterampilan pelafalan kosakata.
Â
Analysis of phonological errors in the pronunciation of Arabic vocabulary is an important aspect of learning for students at MTs Yasiska. This study aims to identify the forms of phonological errors and their contributing factors in the skill of reading Arabic text. The method used is qualitative research with a linguistic error analysis approach, involving interviews and observations from twenty-eight students and one Arabic teacher. The research results indicate that phonological errors include letter substitution, word elongation, and pronunciation errors caused by sound similarity. Additionally, the factors causing the errors include students’ familiarity with their mother tongue and neglect of phonological rules. The findings of this research are expected to provide solution for Arabic language teaching at MTs Yasiska, particularly in improving vocabulary pronunciation skills.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Referensi
Amrulloh, M. A., & Hasanah, H. (2019). Analisis Kesalahan Fonologis Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Lampung Selatan. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 209. https://doi.org/10.29240/jba.v3i2.815
Asih, R., Miftahuddin, A., & Elmubarok, Z. (2020). Analisis Kesalahan Fonologi Dalam Keterampilan Membaca Teks Berbahasa Arab Siswa Kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Jurnal of Arabic Learning and Teaching, 9(2), 81–88.
Fina, & Pd, M. I. (2016). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DAN PERANANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ASING. 1–29.
FITRILIZA, F. (2019). Analisis Metode Iqra Dalam Pembacaan Fawatihussuwar Mahasiswa Fai Uhamka. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 33–42. https://doi.org/10.22236/jpi.v10i1.2933
Khairurrijal Fahmi, A., & FITRILIZA, F. (2017). PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI METODE CONTOH MORFOLOGI (Penelitian Tindakan di Fakultas Agama Islam). Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 183–204. http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi
Lathifah, F., Syihabuddin, S., & Al Farisi, M. Z. (2017). Analisis Kesalahan Fonologis Dalam Keterampilan Membaca Teks Bahasa Arab. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(2), 174–184. https://doi.org/10.15408/a.v4i2.6273
Mahbubah, L., Ilmiyah, T., Al-khairat, A. I., & Pamekasan, A. I. A. (2024). ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM MAHARAH QIRA ’ AH SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH Pendahuluan Manusia selaku makhluk sosial akan selalu terlibat dalam terjadi pada masyarakat di setiap dengan bahasa kedua Kebiasaan dalam menggunakan bahasa daerah seringkali m. 07(01), 37–50.
Maksum, G., & Parhan. (2022). TAKSONOMI LINGUISTIK, ANALISIS KESALAHAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN INSYA. Journal of Arabic Education & Arabic Studies, 1(2), 139–149.
Nurkholis, N. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bahasa Arab. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 1(01), 10. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v1i01.1186
Nyaran, Y. N., Manado, I., Manado, I., Manado, I., & Manado, I. (2022). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH KOTA MANADO. Jurnal Ilmiah Al-Mashadir, 02.
Paputungan, M., Noor, D. D., & Miolo, M. I. (2023). Bentuk-Bentuk Kesalahan Fonologi dalam Membaca Teks Arab Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. `A Jamiy : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 12(1), 246. https://doi.org/10.31314/ajamiy.12.1.246-268.2023
Patmalia, N. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Menulis Teks Pidato Bahasa Arab Siswi Kelas 5 Pondok Modern Arrisalah Ponorogo. Mahira, 1(2), 111–127. https://doi.org/10.55380/mahira.v1i2.195
Puput Nurshafnita, D. Z. (2023). Analisis Kesalahan Pelafalan Huruf Hijaiyah Siswa Kelas VII Mts Al-Wasliyah Sigambal. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 5(1), 88–100. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v5i2.198
Rahmatia, Darwis, M., & Lukman. (2021). Nady Al-Adab: ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB. Nady Al-Adab, 200, 121–139.
Sahana Anggian, L. A. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Dalam Muhadatsah Yaumiyyah Santriwati Pondok Modern Arrisalah. Mahira, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.55380/mahira.v2i1.200
Saidah, Iryani, E., & Sholiha, M. (2022). Analisis Kesalahan Fonologi Dalam Membaca Teks Bahasa Arab Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MIS Ihsaniyah Kelurahan Legok Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi. AD-DHUHA: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam, 3(1), 4.
Umroh, I. L. (2018). Analisis kesalahan berbahasa Arab mahasiswa Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan jurusan pendidikan bahasa Arab. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 5(2), 68–92. https://doi.org/10.52166/dar el-ilmi.v5i2.1318
Zulfa, D. R. (2023). صخ Ù„ لما ةي لمع ءانثأ لكاشلما نم Ø©Ùلتخم اعاونأ ةيبرعلا ةغللا ملعت ةيلمع هجاوت ام ابلاغ ةغللا وأ ملأا ةغللا تسيل اهسÙÙ† ةيبرعلا ةغللا نلأ عئاش رمأ عقاولا ي٠اذهو . ملعتلا نم . نييلصلأا ناكسلا ريغ نم ساسلأا ي٠مهنلأ ØŒ اهنوملعتي نيذلا نيملعتملل ىلولأا ءاطخأو. 127–136.
DOI: 10.24235/ibtikar.v13i2.19030
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Aghniya Kamalia, Ari Khairurrijal Fahmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Â