Analisis Nilai-Nilai Karakter pada Buku Ajar Bahasa Arab Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah

Ali Maksum(1*), Umihani -(2), Putri -(3), Dandiansyah -(4),


(1) UIN SMH Banten
(2) UIN SSC
(3) UIN SMH Banten
(4) UIN SMH Banten
(*) Corresponding Author

Abstract


Fenomena yang banyak terjadi di sekolah-sekolah pada saat ini adalah  banyaknya terjadi penyimpangan-penyimpangan perilaku yang dilakukan oleh siswa, seperti perundungan, kurangnya tanggung jawab dalam melaksanakan tugas, berbohong dan tidak menghormati guru atau orang yang lebih tua.   Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan gambaran umum penerapan nilai-nilai karakter di Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan mendeskripsikan nilai-nilai karakter dalam buku bahasa Arab kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs). Objek dalam penelitian ini adalah buku ajar bahasa Arab kelas VIII pada tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti  adalah wawancara, observasi, dan dokumen pendukung saat di lokasi.  Hasil penelitian ini adalah : 1) pendidikan karakter di Madrasah Tsanawiyah masuk dalam hidden curiculum (kurikulum tersembunyi), pada prinsipnya tidak dimasukan sebagai pokok bahasan, tetapi terintegrasi ke dalam mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya sekolah, 2) Buku bahasa Arab yang digunakan banyak mengandung nilai-nilai karakter, yang sering ditemukan diantaranya : menghargai, jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri, rasa ingin tahu, kreatif dan gemar membaca. Nilai-nilai karakter tersebut dikemas sangat baik dalam bentuk materi (hiwar dan qiroah) atau dalam bentuk kegiatan pembelajaran (latihan-latihan).

 

Kata Kunci: Nilai-nilai karakter, Buku Bahasa Arab

Keywords


Nilai-nilai karakter, Buku Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Aisah, Boang dalam Supiana. Mozaik Pemikiran Islam: Bunga Serampai Pemikiran Pendidikan Indonesia, Jakarta: Ditjen Dikti. 2011.

Koesoema A. Pendidikan karakter: Strategi mendiduik anak di zaman global. Jakarta : Grasindo. 2007.

Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Majid, Abdul, and Dian Andayani. Pendidikan Karakter: Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Martan. “Konsep Akhlak Dan Metode Pembelajarannya Dalam Pendidikan Islam.â€dalam Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman Vol. 10, no. 1 (2020).

Mustari, Muhamad, Rahman, dan M. Taufiq. Nilai Karakter: Refleksi Untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Laksbang Pressindo, 2011.

Nasih, Ahmad Munjin dan Lilik Nur Kholidah. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Refika Aditama, 2009.

Nata, Abudin. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

Nawawi, Hadari. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: Haji Masagung, 1989.

Nizar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam (Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta : Ciputat Press, 2002.

Nurhayati. “Memahami Konsep Syariah, Fikih, Hukum Dan Ushul Fikih.â€

Parhan, Muhammad. “Kontekstualisasi Materi Dalam Pembelajaranâ€, ADI WIDYA:dalam Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3, No. 1 (2018): 16, https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.901.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2008.

Ridhwan, Deden Saeful. Konsep Dasar Pendidikan Islam. Depok: Rajawali Pers, 2020.

Rosyid, Nur. Pendidikan Karakter Wacana Dan Kepengaturan. Yogyakarta: Mitra Media, 2013.

Sada, Heru Juabdin. “Pendidik Dalam Perspektif Al-Qur‟an.†dalam AlTadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 6, no. 1 (2016): 93– 105. https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i1.1486.

Samani, Muchlas, and Hariyanto. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2020.

Solichin, Abdul Wahab. Analisis Kebijakan Dari Formulasi KePenyusunan Model-model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Syefe‟i, Imam. “Tujuan Pendidikan Islam.†dalam Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 6, no. 2 (2015): 151–66. https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i2.1876.

Syukur, Fatah. Teknologi Pendidikan. Semarang : Rasail, 2005.

Tafsir, Ahmad. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Toto Tasmara. Membudayakan Etos Kerja Islami. Jakarta: Gema Insani, 2008.

Tsabit, Muhammad Khalid. Ma‟ariful Aulia. Jakarta: Qaf Media Kreativa, 2018.

V.R.Taneja. Socio-Philosophical Approach to Education. New Delhi: Atlantic Publisher, 2005.

WJS. Poerwadarminta. kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1991.

Wulan E.R., dan Rusdiana. Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia, 2014.

Yusuf, Munir. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 2018.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008




DOI: 10.24235/ibtikar.v13i2.18586

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ali Maksum, Umihani -, Putri -, Dandiansyah -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks:

    

  

Â