Pengembangan Program Pembelajaran Kosakata dengan Media Buku Saku di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Murtadlo Cirebon

Husnul Khotimah(1*), Nanin Sumiarni(2), Wawan Arwani(3),


(1) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon
(2) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon
(3) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Kosakata adalah komponen terpenting yang harus dimiliki seorang pembelajar untuk belajar bahasa. Oleh karena itu, seorang pembelajar yang sedang belajar bahasa perlu menguasai kosa kata. Jelas bahwa kemampuan keterampilan bahasa manusia tergantung pada kuantitas dan kualitas kosa kata. Semakin banyak kosakata yang dimiliki pembelajar, semakin terampil dia dalam bahasa tersebut. Pengayaan kosa kata bahasa Arab yang cukup mendukung seseorang dalam berkomunikasi dan menulis dalam bahasa tersebut. Kehadiran program pengajaran bahasa Arab dan pentingnya mengembangkannya di lembaga tertentu memiliki tujuan yang jelas yang harus dicapai, dan juga menegaskan upaya lembaga pendidikan yang telah dilakukan untuk program yang dapat dikembangkan dalam pengajaran bahasa Arab. bahasa di dalamnya, termasuk program pengajaran kosa kata yang memiliki kelebihan dan keefektifan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: mendefinisikan program pengajaran kosa kata harian yang saat ini beroperasi di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Murtdlo Cirebon, dan mengembangkan program pengajaran kosa kata harian, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari program pengajaran kosa kata harian program pengajaran kosa kata harian tingkat lanjut. Penambahan kosa kata merupakan bagian penting bagi siswa, baik dalam proses pengajaran bahasa maupun dalam mengembangkan kemampuan siswa dalam bahasa Arab, yakni dalam bahasa yang dikuasainya (Hijriyah, 2018). Berdasarkan teori tersebut di atas, maka landasan intelektual dalam penelitian ini yaitu pengembangan program pembelajaran kosa kata harian di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Murtdlo Cirebon. Yang pertama adalah bagi peneliti untuk menyelidiki pendidikan kosa kata harian yang saat ini sedang berlangsung. Kemudian, mengembangkan program pengajaran kosa kata harian dengan menyusun hal-hal berikut: tujuan, bahan ajar, metode pengajaran, dan evaluasi pengajaran kosa kata. Sehingga program pengajaran kosakata harian efektif dan efisien. Peneliti menggunakan metode penelitian Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) dalam penelitian ini. Penelitian dan pengembangan merupakan metode yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk yang akan dikembangkan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) Program pembelajaran kosa kata harian yang dilakukan di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Murtdlo Cirebon berjalan dengan baik, dan belum terurut secara sistematis , karena jumlah kosakata yang disajikan setiap hari dan pertemuan tidak ditentukan. (2) Peneliti mengembangkan program itu, dengan menyebutkan nama program, waktu pelaksanaannya, tujuan pendidikannya, bahan yang dipelajari, langkah-langkah pendidikan, dan evaluasinya, sesuai dengan tahapan pendidikan siswa dalam jangka waktu satu tahun. tahun. Proses persetujuan produk ini oleh ahli dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama memperoleh skor 70 yang berarti “baikâ€. Yang kedua mendapat skor 98, artinya “luar biasaâ€. (3) Salah satu kelebihan dari produk ini adalah materi kosa kata mudah dipahami dan memiliki metode pengajarannya, dan kekurangan dari produk ini adalah kosa kata yang ada ditulis tanpa bentuk. Produk ini memiliki validitas yang baik dan dapat diuji di lapangan.


Keywords


Pengembangan, Kosakata Bahasa Arab, Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Murtadlo Cirebon

Full Text:

PDF

References


إبراهيم, ع. ا. (1968). الموجه الÙني لمدرسى اللغة العربية. دار المعارÙ

الراجحي, ع. (2004). علم اللغة التطبيقي و تعليم العربية. بيروت: دار النهضة العربية

الشجير, Ù‡. Ø£. (2001). الدراسات اللغوية والنحوية ÙÙŠ مؤلÙات الشجيري, هادي شيخ الإسلام ابن تيمية وأثرها ÙÙŠ استنباط الأحكام الشرعية. بيروت: دار البشائر الإسلامية.

Abdul Hamid, M. B. (2012). Metode Dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

tegi Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 177.

Hijriyah, U. (2018). Analisis Pembelajaran Mufrodat Dan StrukturBahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah. Surabaya: Gemilang.

Saefuloh, H. (2014). Reorientasi Pembelajaran Mufradat Dalar Konteks Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing. El-Ibtikar, 82-113.

Silalahi, A. (2018). Development Research dalam Bidang Pendidikan. Research Gate, 1-13.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, D. (2003). Pengajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Tebuka.

Tarigan, H. G. (2015). Pengajaran Kosa Kata. Bandung : Angkasa.




DOI: 10.24235/ibtikar.v12i2.15295

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Husnul Khotimah, Nanin Sumiarni, Wawan Arwani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks:

    

  

Â