Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab

Lutvia Oktavia(1*), Hasan Saefuloh(2), Wahyudin Wahyudin(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Media pembelajaran yang digunakan kurang beragam. Salah satu media yang dapat digunakan guru dalam hal ini adalah Canva. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah desain eksperimen (Pra-Eksperimen). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “single groups previous test design†yaitu desain penelitian yang mempunyai pre-test sebelum mendapat perlakuan dan post-test setelah mendapat perlakuan. Dengan demikian dapat diidentifikasi dengan lebih akurat, karena dapat dibandingkan dengan yang ditahan sebelum mendapat pengobatan. Hasil penelitian ini adalah (1) siswa menguasai kosakata bahasa Arab sebelum menggunakan media pembelajaran aplikasi Canva memperoleh hasil pre-test (mean) 37,50) dan hasil rendah (Minimum) 10 (Maksimal) dan hasil di atas 55 Artinya hasilnya lebih rendah dari standar Efisiensi Keberhasilan (2) Penguasaan kosakata bahasa Arab siswa Setelah menggunakan media pembelajaran aplikasi Canva memperoleh nilai post-test sebesar 69,25, rata-rata 70,00 (Median), skor minimal 50, dan skor atas 85 (Maksimum), hasilnya lebih tinggi dari standar keberhasilan. (3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Canva terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTS Madinatunnajah memperoleh nilai t sebesar 24,023 karena t hitung > t tabel atau 24,023 >  2,093 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran menggunakan aplikasi Kanaf terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTS Madinatunnajah Kota Cirebon.


Full Text:

PDF


DOI: 10.24235/ibtikar.v12i2.15238

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yanti Kusnawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks:

    

  

Â