Pembelajaran Bahasa Arab Di Sekolah Islam Berbasis Boarding School
(1) IAIN Palangka Raya
(2) IAIN Palangka Raya
(3) UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
(4) IAIN Palangka Raya
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi & Wahdah, Nurul. (2013). Strategi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Palangkaraya. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, Vol. 7 No. 1. pp. 115-116.
Ahmadi, & Ilmiani, A. M. (2020). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Konvesional Hingga Era Digital). Yogyakarta: Ruas Media.
Anifah, T. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Sistem Boarding School (Studi Kasus di MA Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta). Skripsi.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Hamidah. (2019). Arabic Language: Between Learning Necessity and Responsibility (تعليم اللغة العربية بين مستلزمة التعلم ومسؤوليته ). Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, Vol 7, No 1, 2019, 35-44.
Hasan, A. A. (2019). Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Sistem Boarding School Di Madrasah Aliyah Al-Falah Gorontalo. Tesis.
Karo, S. Ulih Bukit., & Dkk. (1975). Suatu Pengantar Kedalam Metodologi Pengajaran. Salatiga: CV Saudara.
Lexy J. Moleong. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Maknun, Johar. (2012) Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Boarding School Berbasis Keungulan Lokal.
Maksudin. (2006). Pendidikan Nilai Sistem Boarding School di SMP IT Abu Bakar (Hasil Penelitian Untuk Disertasi), Yogyakarta: Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga.
Mardiyani, R. (2015). Pengaruh Boarding School Terhadap Perbedaan Prestasi Belajar Bahasa Arab Di Sekolah Pada Kelas X Man 2. Skripsi.
Miladya, J. (2015). Evaluasi dan Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 1, 179-87.
Miles & Huberman. (1992). Analisis data Kualitatif. (diterjemahkan Oleh: Tjetjep Rohedi Rosidi). Jakarta: Universitas Indonesia.
Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. (1998). Metode penelitian. Yogyakarta: Ghalia Indonesia.
Ridho, U. (2018). Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh, 20(01), 19-26.
Rozak, A. (2018). Modernisme Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pesantren Di Rangkasbitung Banten, Journal Of Arabic Studies, 3 (2), 167-180.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sri Lestari Linawati (2014) Persepsi siswa SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta terhadap pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: MSI 14 UMY 040.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Tarigan, Henry Guntur. (1986). Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Ubadah. (2021). Peranan Boarding School Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Berbahasa Arab Peserta Didik Di Man 2 Palu. Istiqra: Jurnal Hasil Penelitian, 9(1), 107-124.
DOI: 10.24235/ibtikar.v12i2.14239
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Mirza Mahfud, Marsiah Marsiah, Nur Fuadi Rahman, Nurul Wahdah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Â