Analisis Kualitas Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Sabilul Huda Cirebon

Firdha Anisa Nuraini(1*), Wahyudin Wahyudin(2), Hasan Saefuloh(3),


(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(2) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(3) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


Buku teks merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran. Sampai saat ini, Buku merupakan sumber pendidikan yang paling banyak digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan. keberhasilan penggunaan buku teks dalam pendidikan ditentukan oleh kualitas buku teks yang baik. Buku ajar yang berkualitas menurut BSNP harus memenuhi empat unsur kelayakan, yaitu kelayakan isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi buku teks bahasa arab kelas IV karya agus wahyudi yang digunakan di SDIT Sabilul Huda Cirebon, untuk mengetahui standar kualitas buku teks Bahasa Arab kelas IV karya Agus Wahyudi berdasarkan Standar Mutu Kekhasan SDIT, untuk mengetahui sejauh mana kesesuaian buku teks Bahasa Arab kelas IV karya Agus Wahyudi dengan Standar Mutu Kekhasan Sdit, dan untuk mengetahui sejauh mana kesesuaian buku teks Bahasa Arab kelas IV karya Agus Wahyudi menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). pendekatan yang digunakan adalah kualitatif . Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis) sebagai alat untuk mengumpulkan dan menganalisis data.


Keywords


Buku teks, BSNP, Standar Mutu Kekhasan SIT

Full Text:

PDF


DOI: 10.24235/ibtikar.v12i1.13412

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Firdha Anisa Nuraini, Wahyudin Wahyudin, Hasan Saefuloh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks:

    

  

Â