Analisis Kesulitan dalam Penyelesaian Skripsi Perspektif Mahasiswa dan Dosen Pembimbing di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Imu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Nanin Sumiarni(1*), Masriah Masriah(2),


(1) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati CIrebon
(2) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati CIrebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini membahas tentang Analisi Kesulitan dalam Penyelesaian Skripsi Perspektif Mahasiswa dan Dosen Pembimbing di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.  Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan pendidikan Bahasa Arab dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang pengajaran Bahasa Arab untuk tingkat dasar sampai menengah dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1) yang unggul, profesional, terampil, dan peka terhadap perkembangan keilmuan terutama pendidikan bahasa Arab. Lulusan Jurusan PBA dibekali keterampilan menganalisa problematika pembelajaran bahasa Arab untuk nonArab pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah disertai kemampuan menyajikan laporan tertulis berdasarkan prinsip-prinsip metodologi ilmiah, mengembangkan bahan ajar Bahasa Arab  berbasis Teknologi Informatika, dan dan kemampuan menerjemahkan Arab-Indonesia dalam bidang pendidikan, kebahasaan, dan keagamaan. Seringkali mahasiswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan penulisan dalam penyelesaian tugas akhirya sehingga mengakibatkan tidak tepat waktu dalam menyelesaikan studinya Adapun tujuan dari penelitian ini pertama untuk  menggali kesulitan -kesulitan yang menjadi pengambat dalam penyelesaian  skripsi perspektif mahasiswa dan dosen pembimbing di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Kedua untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan yang menjadi pengambat dalam penulisan skripsi  perspektif mahasiswa dan dosen di  Jurusan Pendidikan Bahasa Arab dan untuk menemukan dan menindak lanjuti solusi dalam meminimalisisr kesulitan yang menjadi penghambat dalam penyelesaiann skrupsi mahasiswa


Keywords


Bahasa Arab, PBA, Analisis Kesulitan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta :Rineka Cipta.

Dalman, H. 2014. Keterampilan Menulis, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Davies, W. M., 2006., An “ Infusion” Approach to Critical Thinking: Moore (sic) on the Critical Thinking Debate’ Higher Education Research and Development, 25 (20 reply to Tim Moore’s paper: “The Critical Thinking Debate: How General are General Thinking Skills?” HERD, Vol 1 (1), 2004,pp. 3-18.

Lorch Sue, 1984, Basic Writing : Practical Approach, Boston: Brown and Company.

Maryaeni, M., 2009, Bagaimana Menulis Skripsi?, Jakarta: Bumi Aksara.

Maslakhah, S,. 2011, Panduan Penulisan Karya Ilmiah, Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Moleong , Lexy l, 2008, Metodologi Penelitian Kualiatatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Musthafa, Izzuddin, 2017, Metodologi Penelitian Bahasa Arab, Konsep Dasar Strategi Metode Teknik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurdi, I., & Hartati, S,. 2019, Metodologi Penelitian Sosial, Surabaya: Sahabat Cendekia.

Prayitno, H. J., Sutama, Thoyibi & Hikmat, M. H., 2019. Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah Skrisi/Ta Berbasis Keluaran, Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Rismen, Sevna,. 2015, Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Penyelesaian Skripsi di PRODI Pendidikan Matematika STKIP PGRI SUMBAR, Jurnal Lemma Vol. 1, No.2 Mei 2015, 57-62

Sarwiji, Suwandi, 2004, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan no 048 tahun ke 10.

Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana & Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan,Bandung : Sinar Baru.

Sugiono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV Alfabeta.

Supriyanto, Widodo, Ahmadi, Abu., 2004, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin, 1997, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung Remaja Rosdakarya.

Wahid, A,. 2011, Strategi Kebut Skripsi, Yogyakarta: Media Pressindo.




DOI: 10.24235/ibtikar.v11i2.11861

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Masriah Masriah, Nanin Sumiarni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks: