Analisis Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Anak Asuh di Panti Asuhan Sinar Melati Yogyakarta

Marsha Alief Noermayanti(1*), Rohmatun Lukluk Isnaini(2),


(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di Panti Asuhan Sinar Melati Yogyakarta, menganalisis problematika pembelajaran bahasa Arab, dan mengidentifikasi upaya-upaya yang dilakukan oleh pengajar bahasa Arab dalam mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan datanya terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji objektivitas. Hasil penelitian menyatakan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di Panti Asuhan Sinar Melati Yogyakarta masih mengalami problematika linguisik dan non-linguistik. Problematika linguistik dapat dilihat pada 4 aspek, yaitu 1) aspek fonologi, yakni adanya kesulitan pelafalan huruf-huruf hijaiyyah, 2) aspek morfologi, adanya kesulitan dalam menghafal perubahan bentuk kata, 3) aspek sintaksis, kesulitan dalam mengucapkan ujaran dalam bahasa Arab, dan 4) aspek semantik, ketidakmampuan peserta didik dalam menerjemahkan dengan tepat. Adapun problematika non-linguistik pembelajaran bahasa Arab terdapat 5 hal, yaitu 1) kurangnya motivasi belajar peserta didik, 2) kurangnya pemanfaatan sarana prasarana belajar oleh pengajar, 3) minimnya penguasaan metode pembelajaran, 4) alokasi waktu yang terbatas, dan 5) tidak diterapkannya lingkungan berbahasa. Untuk upaya yang dilakukan pengajar dalam mengatasi problematika yang terjadi adalah dengan mengadakan tahsin Al-Qur’an, memperbanyak pemberian mufradat, penyampaian materi secara efektif dan efisien, dan memberikan apresiasi dan motivasi bagi peserta didik.

Keywords


Kata kunci: problematika, pembelajaran, linguistik, non-linguistik.

Full Text:

PDF

References


Baisa, Z. 2015. Problematika Linguistik dan Non Linguistik Pembelajaran Bahasa Arab di MA Daarul Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Chaer, A. 2002. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Fahrurozi, A., & Mahyudin, E. 2010. Pembelajaran Bahasa Asing. Jakarta: Bania Publishing.

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Mustofa, S. 2011. Strategi Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN-Maliki Press.

Suryani, N., & Agung, L. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Rohmawati, N. 2014. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Playen. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Siyoto, S., dkk. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sofa, A. R., Aziz, A., & Ichsan, M. 2021. Pendidikan Bahasa Arab: Problematika dan Solusi dalam Studi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Inovasi Penelitian.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinas, R&D dan Penelitian Tindakan). Bandung: CV. Alfabeta.

Sungkar, A. 2019. Problematika Linguistik dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah pada Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Raden Intan Lampung. Arabiya (Jurnal Pendidikan Bahasa Arab), 134-153.

Popham, J. W., & Baker, E. L. 2005. Teknik Mengajar secara Sistematis, (Terj. Amirul Hadi, dkk), Jakarta: Rineka Cipta.

Setyawan, A. 2019. Problematika Keragaman Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa dan Kebijakan Program Pembelajaran Bahasa Arab." Arabiyat, 196-213.

https://pontren.com/2021/07/15/pendidikan-formal-nonformal-informal/

https://pantiasuhanalhakim.org




DOI: 10.24235/ibtikar.v11i2.11332

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Marsha Alief Noermayanti, Rohmatun Lukluk Isnaini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks:

    

  

Â