Manajemen Metode Pembelajaran Amstilati dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa

Asep - Kurniawan(1*),


(1) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini bermaksud untuk mendeskripsikan implementasi manajemen metode pembelajaran amtsilati dalam pembelajaran gramatikal bahasa Arab, dan mengungkap berbagai nilai karakter dari implementasi metode Amtsilati. Pendekatan penelitian adalah kualitatif deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen metode Amtsilati dalam membangun karakter islami peserta didik. Hal ini bisa nampak proses manajemen metode Amtsilati yang  dilaksanakan dengan komunikatif, aktif, dan munculnya interaksi secara langsung antara ustadz dengan  peserta didik bisa membangun karakter peserta didik, terutama dengan faktor-faktor yang dominan untuk menciptakan karakter islami peserta didik, seperti faktor pembelajaran dan lingkungan. Manajemen metode amtsilati baik dalam membangun karakter islami.

Keywords


Manajemen Metode Pembelajaran Amtsilati, Karakter Islami, Pembelajaran Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., Prasetiya, B., Halili, H. R. (2022). Implementasi Metode Amstilati untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Kitab Kuning: Studi Pada Santri Pondok Pesantren Nurus Salafiyah Kanigaran Kota Probolinggo. Jurnal Imtiyaz, 6(1), 37–48.

Adom, D., Adu-Mensah, J., Dake, D. A. (2020). Test, measurement, and evaluation: Understanding and use of the concepts in education. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(1), 109–119. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20457

Amiruddin. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Chukwuemeka, E.J., Eyitayo, B.A, Ajani, A.H., Samaila, D. (2020). A Review of Instructional Models for Effective Teacher Education and Technology Integration. Sumerianz Journal of Education, Linguistics and Literature, 3(6), 86–95.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Fatmah, A.N., Jumadi, O., Junda, M. (2018). Pengaruh Strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 59–64.

Fitria, H., Kristiawan, M., Rasyid, A. (2019). The Educational Character on Instruction. Opción, Año 35, Especial, 21, 964–979.

Hermawan, A. (2018). Representasi Semboyan Edukasi Ki Hajar Dewantoro dalam Kajian Semantik: Pendekatan Behavioral. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 5(2).

Hidayah, B. (2018). Penerapan Metode Amtsilati Dalam Penguasaan Kitab Kuning Di Pesantren Putri Al-Amanah Tambakberas Jombang. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.52431/murobbi.v2i2.175

Jackson, T. (2004). HRM in Developing Countries. In International Human Resource Management (pp. 221–248). Sage Editors.

Kamaruddin, S. A. (2012). Character Education and Students Social Behavior. Journal of Education and Learning, 6(4), 223–230.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Laverack, G., Labonte, R. (. (2000). A Planning Framework for Community Empowerment Goals within Health Promotion. Helth Policy and Planning, 15(3), 255–262.

Mutamimah, M., Aedi, K., Iman, M. D. (2021). Pengaruh Penerapan Cooperative Learning Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam Keterampilan Membaca (Studi Eksperimen di MTs Madinatunnajah Cirebon. El-Ibtikar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 10(2), 113–126. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v10i2.9306

Nurdyansyah, Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Nizamial Learning Center.

Perempuan, K. N. A. K. terhadap. (2020). Kekerasan Seksual di Lingkungan Pendidikan. Lembar Fakta. Lembar Fakta. https://komnasperempuan.go.id/uploadedFiles/webOld/file/pdf_file/2020/Lembar Fakta KEKERASAN SEKSUAL DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN (27 Oktober 2020).pdf

Prihatin, D., Daryanti, S., Pramadha, R. A. (2019). Aplikasi Teori Perencanaan: Dari Konsep ke Realita. Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan UGM.

Ratnawulan, E., R. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Pustaka Setia.

Sholehuddin, A., & Wijaya, M. (2019). Implementasi Metode Amtsilati Dalam Meningkatkan Kemampuan Maharah Qiro’ah. ARABIYATUNA Jurnal Bahasa Arab, 3(1). https://doi.org/10.29240/jba.v3i1.708

Suklani, Syathori, A., Sibaweh, I. (2022). The Development of Islamic Religious Education Curriculum (PAI) for Internected Citizens (Prisoners) in Class I State Prison House, Cirebon City. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 113–123.

Suparno, S. (2018). Problematika dan Tantangan Pendidikan Pondok Pesantren di Era Informasi. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 11(1), 78–90.

Taufiqurrakhman. (2008). Konsep dan Kajian Ilmu Perencanaan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.




DOI: 10.24235/ibtikar.v11i2.11284

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Asep - Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks:

    

  

Â