Jurnal Pembentukan Kampung Arab sebagai Upaya Memasyarakatkan Bahasa Arab

Maman Dzul Imam(1*), Maman Rusman(2), Anas Azhar Nasim(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati KotaCIrebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Memasyarakatkan Bahasa Arab dalam bingkai “Kampung Arab” di lingkugan warga desa Sindangjawan kecamatan Dukupuntang kabupaten Cirebon dan Menyadarkan masyarakat bahwa Bahasa Arab sangat penting untuk dipelajari dan difahami secara mendalam baik dalam konteks sebagai bahasa Agama atau sebagai bahasa ilmu pengetahuan melalui kegiatan seminar. Penelitian ini menggunakan Penelitian tindakan atau action reseach yakni berbaur dengan masyarakat untuk mengetahui masalah dan aspirasi masyarakat. Metode pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini melalui seminar kebahasaaraban untuk pembentukan Kampung Arab dan melakukan pendampingan yang komunikatif agar Kampung Arab tetap eksis. Yang menjadi sasaran dalam penelitian ini adalah semua warga sekitaran Desa Sindangjawa yang berminat tanpa dibatasi usia. Setelah kegiatan seminar berlangsung dilanjutkan dengan FGD hasil seminar tentang Pembentukan Kampung Arab Sebagai Upaya Memasyarakatkan Bahasa Arab di Desa Sindangjawa Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon.” Masyarakat sudah sepakat untuk melanjutkan kegiatan memasyarakatkan Bahasa Arab dalam wadah “Kampung Arab. Hal ini menunjukkan timbulnya kesadaran dari masyarakat akan pentingnya Bahasa Arab.


Full Text:

PDF

References


Al-dahlawi, P. H. (n.d.). Atabik M. Slamet Yahya PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.

Alfiyati. (2008). Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) sebagai Metode pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 58–62.

Bazher, N. M. (2020). Dinamika Terbentuknya Wilayah Kampung Arab di Surakarta The Dynamics of Kampung Arab Development in Surakarta. 18(2), 249–264.

Kartowagiran, B. (2000). Dasar Penelitian Tindakan. Jurnal Penelitian, 1(April 2005), 1–20.

Maman Dzul’Iman, S.Ag. M.A. Dr. Maman Rusman, M. P. (2022). Loog Book Pembentukan Kampung Arab Sebagai Upaya Memasyarakatkan Bahasa Arab" (pp. 1–6). Anas Azhar Nasim.

Munir Yusuf. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 126.

P. Sgiyono. (2016). Analisa Metode Bermain sambil Belajar Guna Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Anak Tunagrahita. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.




DOI: 10.24235/ibtikar.v11i2.10998

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anas Azhar Nasim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks: