Pengaruh Model Simas Eric (SKIMMING, MIND MAPPING, QUESTIONING, EXPLORING, WRITING, COMMUNICATING) terhadap Penguasaan Kaidah Nahwu dalam Pembelajaran Bahasa Arab

M. Syarifudin Zuhri(1*), Nanin Sumiarni(2), Wahyudin Wahyudin(3),


(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(2) IAIN SYEKH NURJATI
(3) IAIN SYEKH NURJATI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model SIMAS ERIC (Skimming, Mind mapping, Questioning, Exploring, Writing, Communicating) dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap penguasaan kaidah nahwu di kelas 3 Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan ialah seluruh siswa kelas 3 di Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon tahun ajaran 2020/2021. Kemudian Sampel yang digunakan hanya siswa kelas 3B yang berjumlah 42 siswasetelah dipih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (a) observasi,(b) wawancara, dan(c) tes. Sedangkan analisis datadalam penelitian ini adalah dengan menggunakan (a) uji normalitas, (b) uji homogenitas, dan (c) uji hipotesis dengan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran SIMAS ERIC dapat meningkatkan penguasaan kaidah nahwu dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini terbukti pada saat dilakukan pretest, siswa mendapatkan nilai dengan rata-rata yaitu 53,81 yang berada dalam kategori “kurangâ€. Sedangkan saat dilakukan postest, siswa mendapatkan nilai dengan rata-rata yaitu 75,00 yang berada dalam kategori “baikâ€. Sehingga selisih diantara kedua hasil diatas adalah 21,19 yang menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran SIMAS ERIC memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan kaidah nahwu dalam pembelajaran bahasa Arab di di kelas 3 Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon tahun ajaran 2020/2021.

Keywords


Model SIMAS ERIC, kaidah nahwu, pembelajaran bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Lif Khoiru, dan Sofwan Amri. 2011. Mengembangkan Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustaka.

Ahmad, Muhammad Abdul Qodir. 1997. Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Kairo: Darul Ma’arif.

Al-baijuri, Ibrahim. 1428. Fathul Robbil Barriyyah ‘Aladdurrotil Bahimah. Surabaya: Darul ‘Ilmi.

Al-Hadid, Ali. 1983. Probelmatika Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Bagi Non Penutur Asli. Kairo: Darul Maktabah.

Amri, Sofan, dan Muhammad Rohman. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur PenelitianSuatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asmawati. 2015. “The Effectiveness of Skimming - Scanning Strategy in Improving Students Reading Comprehension at the Second Grade of SMK Darussalam Makassar.†Jurnal UIN Alauddin 1 (1): 69–83.

Darmawan, Ericka, Siti Zubaidah, Herawati Susilo, dan Hadi Suwono. 2015. “Pengembangan Model Pembelajaran Simas Eric Menggunakan Learning Development Cycle.†Pendidikan Biologi Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, 694–709.

Darmawan, Ericka, Yuli Brasilita, Siti Zubaidah, dan Murni Saptasari. 2018. “Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa Berbeda Gender dengan Model Pembelajaran Simas Eric di SMAN 6.†BIOSFER: Jurnal Pendidikan Biologi (BIOSFERJPB) 11 (1): 47–56.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fakhrurrozi, Aziz, dan Erta Mahyudin. 2009. Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kebudayaan, Departemen pendidikan dan. 1995. “Kamus besar bahasa indonesia.†Jakarta: Balai Pustakan.

Komalasari, Shanny Rizky, dan Leonard. 2018. “Model Pembelajaran Simas Eric dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa.†Jakarta.

Mashudi. 2013. Desain Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Kontruktivisne (Kajian Teoritis dan Praktis). Tulungagung: STAIN Tulungagung Press.

Musthofa, Syaiful. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN Maliki Press.

Rusman. 2016. Model - Model Pembelajaran. Bandung: Angkasa.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.

Sumiati, Ika Dewi, Susriyati Mahanal, dan Sunarmi. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Simas Eric Terhadap Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas Xi di SMAN 1 Malang.†Malang.

Sunendar, Dadang. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sutikno, M. Sobry. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Ke-12. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Winarsunu, Tulus. 2015. Statistik dalam penelitian psikologi & pendidikan.Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.




DOI: 10.24235/ibtikar.v11i1.10740

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 M. Syarifudin Zuhri, Nanin Sumiarni, Wahyudin Wahyudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks:

    

  

Â