EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN STATISTIK DASAR DENGAN METODE PRAKTIKUM BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DI JURUSAN TADRIS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

Yetti Nurizzati(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, Jalan Perjuangan Bypass Sunyaragi Cirebon, Jawa Barat 45312
(*) Corresponding Author

Abstract


In a process of research, which is still the fundamental problem is the lack of knowledge of students on the statistics. Likewise, the students of Department of Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon. They consider the statistics is the science that is difficult to learn because of the complexity of the figures contained in it. Incomprehension students to statistics often bring negative character. Like telling other people to do the work, do not do the job thoroughly, cheating during exams, and asked for ease of value by the lecturer. As a result, not a few of them are low-value statistics even repeat. Many of those who avoid quantitative research because the necessary statistical tests on it. Therefore, researchers interested in improving student understanding of the material descriptive statistics through practical methods based Islamic character education, as well as assessing how much the effectiveness of the use of such methods. Islamic character is embedded in the student is trying hard, fair, thorough, logical thinking, and resignation. This study uses a quantitative approach to research that compares learning outcomes (test 1 and 2) using lab-based Islamic character education. The samples are all students of third semester Class C Department of Tadris IPS, IAIN Syekh Nurjati Cirebon academic year 2015/2016 amounted to 35 people. The research instrument used is a matter of the test contains 10 questions about the description numbered. Before use, test questions have been tested validity and reliability value with all items about the results valid and reliable. The data analysis technique used is descriptive statistics, one sample t test, t test paired two sample groups, and the paired Wilcoxon test. Based on the research results, obtained by the average value of test 1 and 2 are 91.57 and 96 with learning completeness percentage of test 1 and 2 amounted to 94.29% and 100%. Increased student's understanding of the results of both tests are significant at the 5% error level. It has been tested using one sample t test, t test paired two sample groups, and the paired Wilcoxon test. This results in the third test p value < α ie 0.000; 0.001 and 0.003 of which are smaller than 0.05.

Keyword: effectiveness, basic statistics, methods practicum, an Islamic character education

Dalam suatu proses penelitian, yang masih menjadi problema mendasar adalah kurangnya pengetahuan mahasiswa terhadap statistika. Demikian juga dengan mahasiswa Jurusan Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Mereka menganggap statistika adalah ilmu yang sukar dipelajari karena rumitnya angka-angka yang terdapat di dalamnya. Ketidakpahaman mahasiswa terhadap statistika seringkali memunculkan karakter negatif. Seperti menyuruh orang lain untuk mengerjakan tugas, mengerjakan tugas dengan tidak teliti, mencontek saat ujian, dan meminta kemudahan nilai oleh dosen. Akibatnya, tak sedikit diantara mereka yang nilai statistiknya rendah bahkan mengulang. Banyak diantara mereka yang menghindari penelitian kuantitatif karena diperlukan uji statistik di dalamnya. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang materi statistik deskriptif melalui metode praktikum berbasis pendidikan karakter islami, serta mengkaji seberapa besar efektivitas penggunaan metode tersebut. Karakter Islami yang ditanamkan pada mahasiswa adalah berusaha keras, jujur, teliti, berpikir logis, dan bertawakkal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparasional yaitu penelitian yang membandingkan hasil belajar (test 1 dan 2) dengan menggunakan metode praktikum berbasis pendidikan karakter islami. Sampelnya adalah seluruh mahasiswa semester III Kelas C Jurusan Tadris IPS, IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun akademik 2015/2016 berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal test berisi soal uraian berjumlah 10 soal. Sebelum digunakan, soal test ini diuji nilai validitisan dan reliabilitasannya dengan hasil seluruh item soal valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji t satu sampel, uji t dua kelompok sampel berpasangan, dan uji wilcoxon data berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata test 1 dan 2 adalah 91,57 dan 96 dengan prosentase ketuntasan belajar test 1 dan 2 sebesar 94,29% dan 100%. Peningkatan pemahaman mahasiswa dari hasil kedua test adalah signifikan pada taraf kesalahan 5%. Hal ini telah diuji menggunakan uji t satu sampel, uji t dua kelompok sampel berpasangan, dan uji wilcoxon data berpasangan. Ketiga uji ini menghasilkan nilai pv < α yaitu 0,000; 0,001 dan 0,003 yang semuanya lebih kecil dari 0,05.

Kata Kunci : efektivitas, statistik dasar, metode praktikum, pendidikan karakter islami


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizah, Iim. (2015). “Konsep Dasar Pendidikan Karakter Islamiâ€. Dalam https://iimazizah.wordpress.com/2012/10/22/konsep-dasar-pendidikan-karakter-islami/, diakses tanggal 12 Juni 2015.

Daryanto. (2003). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitri, Amalia. (2011). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika Dasar Bermuatan Pendidikan Karakter dengan Metode Problem Based Learning†dalam Jurnal PP, 1(2),159-165.

Kholid, Setia Furqon. Dkk. (2010). Metode Pembelajaran Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Kasus Siswa Kelas X di SMK Negeri 11 Cimahi). Skripsi. Bandung: UPI.

Mansur. (2015). “Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Pendidikan Islamâ€. Dalam http://bdkbanjarmasin.kemenag.go.id/index.php?a=artikel&id=86, diakses tanggal 12 Juni 2015.

Riduwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Safitri, Aziz Lutfi. (2013). “Peningkatan Pembelajaran Statistika melalui Metode Active Learning†dalam Jurnal Psikologi, 11(1), 27-38.

Salahudin, Anas dan Irwanto Alkrienciehie. (2013). Pendidikan Karakter: Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.

Sigit, Christianus. (2010). Seri Belajar Kilat SPSS 18. Yogyakarta: Andi dan Elcom.

Subana. (2000). Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Zakiyah, Qiqi Yuliati dan Rusdiana. (2014). Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.




DOI: 10.24235/holistik.v1i1.673

Article Metrics

Abstract view : 750 times
PDF - 3450 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.