PERAN GURU BK DAN KONTROL ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs DARUL HIKAM KOTA CIREBON
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Artikel ini mendeskripsikan tentang peran guru bimbingan konseling dan kontrol orang tua dalam memotivasi belajar siswa. Tema ini menjadi penting untuk dikaji dilatari dengan asumsi bahwa motivasi memegang peranan yang sangat penting dalam mempengaruhi intensitas kegiatan belajar. Dalam muatan motivasi terdapat tujuan yang hendak dicapai dalam belajar. Makin tinggi dan pentingnya tujuan belajar, semakin besar pula motivasinya. Akhirnya, semakin besar motivasi belajar tentu semakin kuat pula kegiatan belajarnya. Kajian ini menempatkan MTs “Darul Hikam†Kota Cirebon sebagai obyek kajian. Dengan memanfaatkan metode kualitatif dan pendekatan psikologi pendidikan, kajian ini melahirkan beberapa kesimpulan. Pertama, peran guru BK dapat dianggap telah memberikan kontribusi yang positif dan dapat membantu orang tua dalam mengontrol perkembangan anak/peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung baik di kelas maupun di luar kelas. Kedua, tugas orang tua dalam melaksanakan fungsi pendidikan di rumah selalu memberikan dorongan dan motivasi-motivasi yang dapat mengantarkan anaknya pada upaya menuju kesuksesan, sehingga segala bentuk kemalasan atau kenakalan apapun dapat diatasi sejak dini. Dan ketiga, bentuk-bentuk Pembinaan Bimbingan dan Konseling di MTs “ Darul Hikamâ€Kota Cirebon antara lain yaitu: 1. Kreativitas siswa, 2. Melaksanakan hari-hari besar islam 3. Memperingati hari-hari Nasional 4. Pekan olahraga antar MTs se Kota Cireon 5. Lomba pidato, sari tilawah dan MTQ 6. Membiasakan sholat dhuhur berjama’ah 7. Pembentukan karakter siswa.
Â
Kata Kunci : guru bimbingan konseling, kontrol orang tua, motovasi belajar dan psikologi pendidikan.
Full Text:
PDFReferences
W.S. Winkel & M.M. Sri Hastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling di
Institusi Pendidikan. Yogyakarta. Media abadi.
Abdurrahman G. M.Si. Ph.D. Priof.2010. Belajar & Pembelajaran.
Bandung. Humaniora.
Desmita.2011. Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung.
Rosydakarya
Ngalim purwanto. 2007. Psikoiogi Pendidikan. Bandung. Rosyda karya Abdullah Ali. 2007. Penulisan Karya ilmiyah. Cirebon. STAIN Press
Shihabudin. 2004. Psikologi Belajar. Bandung. Rosyda Karya
Wina Sanjaya. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Press
Kencana James & Sally. 2001. Research in education. New York.
Longman.
Nana Saodih. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam paraktek. Bandung. Maestro
http://kampus.unikom.ac.id/
Hamdani. 2012. Bimbingan dan penyuluhan. Pustaka Setia. Bandung. Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah.
Jakarta. Grafindo
Sumber: Suaramerdeka..com
Nazir Ph. D. 2005. Metode Penelitian. Bogor. Ghalia Indonesia
Depdiknas. 2004. Undang-undang No. 20. Tahun 2003. Tentang sistem
Pendidikan Nasional. Jakarta
Marimba.1989.Pengantar Psikologi Pendidikan. Bandung. Almakirus
Yusuf samsu. 2000. Psikologi perkembangan anak dan remaja.
Bandung. Rosyda karya
Martinis. 2006. Profesionalisme Guru dan Implementasi Kurikulum
Berbasis Kompetensi. Jakarta. Gaung Persada Press
Siregar Dkk. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor. Ghalia
Indonesia
Sadirman. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta. Rajawali
Press
Dimiyati &Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka
Cipta
Muhammad Ali. 2000. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung.
Sinar Baru Argensindo
DOI: 10.24235/holistik.v15i1.431
Article Metrics
Abstract view : 592 timesPDF - 1193 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.