PERAN GURU BK DAN KONTROL ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs DARUL HIKAM KOTA CIREBON

Dwi Anita Alfiani(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan tentang peran guru bimbingan konseling dan kontrol orang tua dalam memotivasi belajar siswa. Tema ini menjadi penting untuk dikaji dilatari dengan asumsi bahwa motivasi memegang peranan yang sangat penting dalam mempengaruhi intensitas kegiatan belajar. Dalam muatan motivasi terdapat tujuan yang hendak dicapai dalam belajar. Makin tinggi dan pentingnya tujuan belajar, semakin besar pula motivasinya. Akhirnya, semakin besar motivasi belajar tentu semakin kuat pula kegiatan belajarnya. Kajian ini menempatkan MTs “Darul Hikam†Kota Cirebon sebagai obyek kajian. Dengan memanfaatkan metode kualitatif dan pendekatan psikologi pendidikan, kajian ini melahirkan beberapa kesimpulan. Pertama, peran guru BK dapat dianggap telah memberikan kontribusi yang positif dan dapat membantu orang tua dalam mengontrol perkembangan anak/peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung baik di kelas maupun di luar kelas. Kedua, tugas orang tua dalam melaksanakan fungsi pendidikan di rumah selalu memberikan dorongan dan motivasi-motivasi yang dapat mengantarkan anaknya pada upaya menuju kesuksesan, sehingga segala bentuk kemalasan atau kenakalan apapun dapat diatasi sejak dini. Dan ketiga, bentuk-bentuk Pembinaan Bimbingan dan Konseling di MTs “ Darul Hikamâ€Kota Cirebon antara lain yaitu: 1. Kreativitas siswa, 2. Melaksanakan hari-hari besar islam 3. Memperingati hari-hari Nasional 4. Pekan olahraga antar MTs se Kota Cireon 5. Lomba pidato, sari tilawah dan MTQ 6. Membiasakan sholat dhuhur berjama’ah 7. Pembentukan karakter siswa.

 

Kata Kunci : guru bimbingan konseling, kontrol orang tua, motovasi belajar dan psikologi pendidikan.


Full Text:

PDF

References


W.S. Winkel & M.M. Sri Hastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling di

Institusi Pendidikan. Yogyakarta. Media abadi.

Abdurrahman G. M.Si. Ph.D. Priof.2010. Belajar & Pembelajaran.

Bandung. Humaniora.

Desmita.2011. Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung.

Rosydakarya

Ngalim purwanto. 2007. Psikoiogi Pendidikan. Bandung. Rosyda karya Abdullah Ali. 2007. Penulisan Karya ilmiyah. Cirebon. STAIN Press

Shihabudin. 2004. Psikologi Belajar. Bandung. Rosyda Karya

Wina Sanjaya. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Press

Kencana James & Sally. 2001. Research in education. New York.

Longman.

Nana Saodih. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam paraktek. Bandung. Maestro

http://kampus.unikom.ac.id/

Hamdani. 2012. Bimbingan dan penyuluhan. Pustaka Setia. Bandung. Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah.

Jakarta. Grafindo

Sumber: Suaramerdeka..com

Nazir Ph. D. 2005. Metode Penelitian. Bogor. Ghalia Indonesia

Depdiknas. 2004. Undang-undang No. 20. Tahun 2003. Tentang sistem

Pendidikan Nasional. Jakarta

Marimba.1989.Pengantar Psikologi Pendidikan. Bandung. Almakirus

Yusuf samsu. 2000. Psikologi perkembangan anak dan remaja.

Bandung. Rosyda karya

Martinis. 2006. Profesionalisme Guru dan Implementasi Kurikulum

Berbasis Kompetensi. Jakarta. Gaung Persada Press

Siregar Dkk. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor. Ghalia

Indonesia

Sadirman. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta. Rajawali

Press

Dimiyati &Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka

Cipta

Muhammad Ali. 2000. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung.

Sinar Baru Argensindo




DOI: 10.24235/holistik.v15i1.431

Article Metrics

Abstract view : 592 times
PDF - 1193 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.