INTEGRASI MODAL SOSIAL DAN BUDAYA DALAM PENGEMBANGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN MODERN AS-SAKINAH SLIYEG INDRAMAYU

Sopidi Sopidi(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan tentang modal sosial dan modal budaya dalam pengembangan pendidikan karakter di pondok pesantren modern As-Sakinah Sliyeg Indramayu. Dengan memanfaatkan metode kualitatif dan pendekatan fenomonologi, kajian ini dalam praktiknya berupaya memahami penyelenggaraan pendidikan di pondok pesantren As-Sakinah Sliyeg Indramayu. Ada beberapa temuan dalam kajian ini, antara lain a) Integrasi antara modal sosial dan budaya dalam penyelenggaraan pendidikan di pondok pesantren As-Sakinah Sliyeg Indramayu berprinsip pada pendidikan yang memanusiakan (humanity education) dengan menempatkan ide, perilaku dan kebiasaan para aktor seperti Kiai, ustadz, dan santri sebagai subyek penentu dalam penyelenggaraan pendidikan di pesantren ini; b) Pengembangan pendidikan karakter menggunakan pendekatan uswah atau tauladan dengan menempatkan para ustadz dan kiai sebagai subyek panutan atau figur yang ditiru oleh para santri di pesantren ini; dan c) Dampak modal sosial dan budaya terhadap pengembangan pendidikan karakter adalah menguatnya budaya patron-klien antara ustadz/kiai -yang lebih tinggi statusnya- dengan para santri -yang lebih rendah statusnya-.

Kata Kunci: Integrasi, Modal Sosial, Modal Budaya, Pendidikan Karakter dan Pondok Pesantren


Full Text:

PDF

References


A. Buku

A., Doni Koesoema. Pendidik Karakter di Zaman Keblinger:

Mengembangkan Visi Guru sebagai Pelaku Perubahan dan

Pendidik Karakter. Jakarta: Grasindo, 2009.

-----------------. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik. Jakarta:

Grasindo, 2007.

Ali, Mohammad. Pendidikan untuk Pembangunan Nasional: Menuju

Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi.

Jakarta: Grasindo, 2009.

Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007,

Cet. VII.

Bogdan, Robert C. Qualitative Research for Education: An Introduction

to Theory and Methods, Third Edition. Boston: Allyn & Bacon,

Bourdie, Pierre. Distinction: A Social Critique of The Judgment of Taste,

translated by Richard Nice. Harvard: President and Fellows

of Harvard College and Routledge & Kegan Paul Ltd., 1984.

-----------------. An Outline of a Theory of Practice, trans. Richard Nice.

Cambridge: Cambridge University Press, 1977.

-----------------. The Logic of Practice, terj. dari bahasa Prancis oleh

Richard Nice. Stanford: Stanford University Press, 1992.

Darmaningtyas. Pendidikan yang Memiskinkan. Yogyakarta: Galang

Press, 2004, Cet. II.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kiai

dan Visinya mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES,

Garner, Roberta (ed.). Social Theory: A Reader. Toronto: University of

Toronto Press Incorporated, 2010.

Khan, Yahya. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak

Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi Publishing, 2010.

Maarif, Ahmad Syafii. Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan

Kemanusiaan: Sebuah Refleksi Sejarah. Bandung: Mizan,

Moesa, Ali Maschan. Nasionalisme Kiai: Konstruksi Sosial Berbasis

Agama. Yogyakarta: LKiS, 2007.

Mulyasa, E. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara,

Nicolini, Davide. Practice Theory, Work, and Organization: An

Introduction. Oxford: Oxford University Press, 2013.

Qomar, Mujamil. Epistemologi Pendidikan Islam: Dari Metode Rasional

hingga Metode Kritik. Jakarta: Erlangga, 2005.

-----------------. Pesantren: Dari Transformasi Metodologi menuju

Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga, 2005.

Samani, Muchlas, dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan

Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Surakhmad, Winarno. Pendidikan Nasional: Strategi dan Tragedi.

Jakarta: Kompas, 2009.

Syafaruddin. Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Medan:

Perdana Publishing, 2012.

Tilaar, H.A.R. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam

Perspektif Abad 21. Magelang: Penerbit Tera Indonesia,

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan

Bagian III: Pendidikan Disiplin Ilmu. Jakarta: Grasindo, 2007,

Cet. 2.

B. Dokumentasi, Observasi, dan Wawancara

Data dari arsip Pondok Pesantren As-Sakinah Sliyeg Indramayu yang

berjudul “Profil Pesantren Modern As-Sakinah Tarbiyatul

Mu’llimien Al-Islamiyah (TMI)â€, diambil pada 18 Oktober

Observasi di Pondok Pesantren As-Sakinah Sliyeg Indramayu pada

tanggal 18 Oktober-25 Oktober 2013.

Wawancara dengan Drs. K. Muridan Rusydi, Pimpinan Pondok

Pesantren As-Sakinah Sliyeg Indramayu pada tanggal 18

Oktober 2013.




DOI: 10.24235/holistik.v15i2.332

Article Metrics

Abstract view : 799 times
PDF - 1890 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.