KONSISTENSI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL-MA’UN DESA KEPUH PALIMANAN CIREBON
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Kekhawatiran banyak pihak mengenai situasi bangsa dan negara Indonesia sekarang ini, menjadi perhatian serius bagi beberapa lembaga pendidikan termasuk didalamnya pondok pesantren. Berbagai penyakit moral yang sangat akut, korupsi, penyalahgunaan narkotika dan semacamnya, seks bebas, terorisme, kekerasan yang bernuansa suku, agama, ras dan antar golongan, separatisme dan krisis moral lainnya. Sebabnya adalah masyarakat Indonesia telah tercerabut dari nilai-nilai luhur bangsanya sendiri. Oleh karena itu pendidikan karakter merupakan keniscayaan yang harus diimplemntasikan oleh lembaga pendidikan. Pendidikan karakter pada intinya bertujuan membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi, yang semuanya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan Pancasila.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid dan Dian Andayani.2012.Pendidikan Karakter Perspektif
Islam.Rosdakarya:Bandung
Abdurahman Wahid.1995.Pesantren sebagai Subkultur. LP3ES:Yogyakarta
Ahmad Zayadi dan Abdl Majid, 2005. Tadzkirah: Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Pendekatan Kontekstual. PT.
Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Arief Rachman, 2003. Mengurai Benang Kusut Pendidikan. Transformasi UNJ: Jakarta.
Basyirudin Usman, 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam.
Ciputat Pers: Jakarta.
Bogdan, Robert, C., & Biklen, Sari, Knopp. (1982).Qualitative
Reseacrh for Education an Introduction to Theory and Methods.
London:Allyn and Bacon.Inc
Dawam Rahardjo.1995.Pesantren dan Pembaharuan. LP3ES:Yogyakarta
Fatchul Mu’in.2011.Pendidikan Karakter.Arruz Media:Yogyakarta Hadari Nawawi, 1993. Pendidikan dalam Islam. Al Ikhlas: Surabaya.
Haidar Putra Daulay.2004.Pendidikan Islam.Prenada Media:Jakarta
John M. Echols & Hassan Shadily, 1996. Kamus Inggris Indonesia.
PT. Gramedia: Jakarta.
Khoe Yao Tung, 2002. Simphoni Sedih Pendidikan Nasional. Abdi
Tandur: Jakarta.
Moloeng J. Lexy.1994.Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung
Suyanto, dan Hisyam, 2001. Refleksi dan Reformasi Pendidikan di
Indonesia Memasuki Milenium III. Adicita Karyanusa: Yogyakarta.
Suyata.1995.Pesantren dan Alam Pendidikan Nasional.LP3ES:Yogyakarta
Tamyiz Burhanudin.2001.Akhlak Pesantren: Solusi Bagi Kerusakan Akhlak. ITTAQA Press:Yogyakarta
Thomas Lickona.1992.Educating For Character.Bantam Book:New York
Zamakhsyari Dhofier.2009.Tradisi Pesantren. Newesea Press:Yogyakarta
Zakiah Daradjat, 1997. Membina Nilai-Nilai Moral di Indonesia.
Penerbit Bulan Bintang: Jakarta.
DOI: 10.24235/holistik.v14i1.183
Article Metrics
Abstract view : 502 timesPDF - 617 times