MODEL PESANTREN KADER; Relasi Ideologis PP Husnul Khotimah dengan PKS, serta Artikulasinya dalam Kegiatan Kepesantrenan
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Beberapa lembaga pendidikan dapat dengan mudah dibaca sebagai lembaga pendidikan beraroma PKS. Ada sejumlah asumsi yang mendasari kesan tersebut; 1) pendirinya dan pengelolanya orangorang PKS, 2) mengusung simbol-simbol PKS, 3) mengajarkan Islam ala PKS, 4) menjadi basis perjuangan politik PKS. Dari jenis lembaga pondok pesantren yang memberi kesan pesantren PKS adalah pesantren Khusnul Khatimah di Jalaksana Kuningan. Meskipun kelahiran pesantren ini mendahului kelahiran PKS, namun kesan yang
tersimpan di benak masyarakat terhadap pesantren ini adalah pesantren PKS. Boleh jadi kesan tersebut dibangun oleh masyarakat ketika membaca fenomena hubungan Pesantren Khusnul Khotimah dengan Partai Keadilan Sejahtera. Dalam hal ini harus dibuktikan model hubungan antara partai politik PKS dengan pesantren Khusnul Khotimah sehingga menjadi karakteristik baru atau model baru pesantren di Indonesia, bahkan terori baru tentang pesantren di
Indonesia. Dalam penelitian ini, peneliti ingin menjelaskan relasi yang
sangat kuat antara perjuangan islamisasi ala timur tengah di Pesantren Khusnul Khotimah Kuningan Jawa Barat, dan proses tarbiyah yang dibangun sebagai gerakan politik PKS untuk ikut partisipasi dalam
demokrasi di Indonesia.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad-Norma Permata, 2008. “Ideology, Institutions, Political Actions:
Prosperous Justice Party (PKS) in Indonesiaâ€. Tersedia online
dalam http://www.asienkunde.de/content/ zeitschrift_asien/archiv/pdf/109_3_diunduh tanggal 22 April 2012.
Azra, Azyumardi, (editor). 2000. Sejarah Perkembangan Madrasah. Jakarta: Dirjen Binbaga Islam Depag RI.
Bruinessen, Martin Van, t.t. “Pesantren And Kitab Kuning: Maintenance And Continuation Of A Tradition Of Religious Learningâ€, tersedia online dalam http://www.hum.uu.nl/ medewerkers/m.vanbruinessen/publications/
Bruinessen_Pesantren_and_kitab_kuning.pdf, diunduh
tanggal 24 April 2012.
Bruinessen, Martin van, 2009. Modernism and Anti-Modernism in
Indonesian Muslim Responses to Globalisation. Paper presented
at the Workshop “Islam and Development in Southeast Asia:
Southeast Asian Muslim Responses to Globalizationâ€,
organized by JICA (Japan International Cooperation Agency)
Research Institute, Singapore, 21-22 November 2009)
Crouch, Harold, 1986. Militer dan Politik di Indonesia. Jakarta: Sinar
Harapan.
Dahl, Robert A. 1985. Dilema Demokrasi Pluralis; Antara Otonomi dan
Kontrol, Jakarta CV. Rajawali.
Duverger, Maurice, 1982. Sosiologi Politik, (diterjemahkan oleh
Daniel Dhakidae), Jakarta: LP3S.
Farish A. Noor, Dr., 2011. “The Partai Keadilan Sejahtera (PKS) in The
Landscape of Indonesian Islamist Politics: Cadre-Training as Mode
of Preventive Radicalisation?â€, Singapura: S. Rajaratnam School
of International Studies (RSIS), tersedia online dalam www.rsis.edu.sg/publications/WorkingPapers/ WP184.pdf. Diunduh tanggal 22 April 2012.
Kementerian Agama RI, 2010, Buku Statistik Pendidikan Islam TP
/1010. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
Khariroh, Khariroh, 2010. “The Women’s Movement in Indonesia’s
Pesantren: Negotiating Islam, Culture, and Modernityâ€, Faculty
of The Center for International Studies of Ohio University, (thesis tidak diterbitkan).
Lyn Parker and R. Raihani, 2011. Democratizing Indonesia through
Education? Community Participation in Islamic Schooling,
dalam Journal Educational Management Administration &
Leadership, Tersedia Online; http://ema.sagepub.com/
content/39/6/716 diunduh tanggal, 26 April 2012.
Mardiyah, 2012. Kepemimpinan Kiai Dalam Memelihara Budaya
Organisasi, Malang: Aditya Media Publishing.
Muhtadi, Burhanudin, 2012. Dilema PKS; Suara dan Syariah, Jakarta:
Kepustakaan Populer Gramedia.
Muzakki, Jajang Aisyul, 2011. Menyulap Hutan Menjadi Pesantren;
Sebuah Pengabdian Keagamaan H. Sahal Suhana, SH. dan
Keluarga, Kuningan: Pondok Pesantren Husnul Khotimah.
Nasir Zakaria, Gamal Abdul, 2010.Pondok Pesantren; Changes and
Its Future, Dalam Journal Of Islamic and Arabic Education, Vol. 2. 2010.
Noor, Farish A. at.al, 2007. The Madrasa In Asia; Political Activism
and Transnational Linkages, ISIM Series On Contemporary
Muslim Societies, Amsterdam University Preess.
Oepen, Manfred dan Wolfgang Karcher, 1988. Dinamika Pesantren;
Dampak Pesantren Dalam Pendidikan Dan Pengembangan
Masyarakat. Jakarta: Perhimpunan Pengembangan Pesantren
dan Masyarakat (P3M).
Parker, Lyn and R. Raihani. 2011. “Schooling Democratizing
Indonesia through Education? Community Participation in
Islamic Schooling†dalam Jurnal Educational Management
Administration & Leadership, tersedia online dalam http://
ema.sagepub.com/content/39/6/712, diunduh tanggal 22,
April 2012.
Pupuh Fathurrahman, 2000. Hubungan Pendidikan Pesantren
Alternatif Pendidikan Terpadu Abad XXI, Bandung: Tunas
Nusantara.
Purwono, Budiyanto Eko, 2007. Etika Bernegara Dalam Perspektif
Partai Keadilan Sejahtera (PKS). (Thesis tidak diterbitkan).
Semarang: Pascasarjana IAIN Walisongo.
Rahardjo, Dawam (Editor), 1985. Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta:
LP3ES.
Rachman, Budhy Munawwar (ed), 1995. Kontekstualisasi Doktrin Islam
Dalam Sejarah. Jakarta: Paramadina.
Rosyada, Dede, dkk. 2003. Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan
Masyarakat Madani, Jakarta: ICCE UIN Syari Hidayatullah.
Sawirman, Dr., M. Hum, 2011. “Issues of Learning Strategies and
Discourse Practices at Pesantren Salafiah in Padang Pariaman
Regency, West Sumatra, Indonesia†tersedia online dalam
http:www/upi.edu.co.id, diunduh tanggal 23 April 2012.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Widiyanta, Danar, dan Miftahudin. t.t. “ Dinamika Pemikiran Santri:
Studi Atas Pengaruh Kepemimpinan Di Pondok Pesantren Wahid
Hasyim Condongcatur Depok Sleman (1998-2005), tersedia
online dalam http://staff.uny.ac.id/system/files/
penelitian/DanarWidiyanta, diunduh tanggal 27 April
Woodward, Mark dkk. 2011. “A New Cultural Path for Indonesia’s
Islamist PKS?â€. Arizona University: Consortium For Strategic
Communication (CSC), tersedia online dalam http://
www.comops.org, diunduh tanggal 22 April 2012.
Zamakhsari Dhofier, “Tradisi Pesantren: Study tentang Pandangan
Hidup Kyaiâ€, Jakarta, LP3ES, 1994.
Lyn Parker and R. Raihani, 2011. Democratizing Indonesia through
Education? Community Participation in Islamic Schooling, dalam
Journal Educational Management Administration & Leadership,
Tersedia Online; http://ema.sagepub.com/content/39/6/716
diunduh tanggal, 26 April 2012.
DOI: 10.24235/holistik.v14i1.163
Article Metrics
Abstract view : 668 timesPDF - 2476 times