Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi Inovasi Nasabah Bank Syariah Indonesia

Mohd Abd Arif(1*),


(1) UIN Suska Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi adopsi inovasi nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Pekanbaru   menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner melalui platform digital google form yang diolah dengan bantuan program SmartPLS 3.0. Adopsi Inovasi dilihat dari beberapa aspek atribut dari inovasi seperti compatibility, complexity, relative advantage dan dua aspek lainnya diluar atribut karanteristik inovasi yaitu awareness dan religiosity. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan sampel sebanyak 400 orang dengan Teknik cluster random sampling.

 

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) awareness (2) compatibility (3) complexity, (4) relative advantage, dan (5) religiosity nasabah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap adopsi inovasi nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Pekanbaru. Secara simultan aspek tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah yaitu sebesar 54,6% Sehingga dapat simpulkan bahwa secara persial dan simultan seluruh variabel yang diteliti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap adopsi inovasi nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Pekanbaru.

Keywords


Adopsi Inovasi, Bank Syariah Indonesia, Kesadaran, Kesesuaian, Kompleksitas, Keuntungan Relatif, Religiusitas

Full Text:

PDF

References


Dinarstandart. (2022). State of the Global Islamic Economy Report. Dubai: Dinarstandart. Dipetik Oktober 11, 2022

Firmansyah, M. Anang (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish Publisher

Hawkins, D. I., & Mothersbaug, D. L. (2010). Consumer Behavior; Building Marketing Strategy (11 ed.). New York, USA: McGraw-Hill/Irwin.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modelling: Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Kee, K. F. (2017). Adoption and Diffusion. In C. Scott, & L. Lewis (Eds.)(Wiley-Blackwell), 1.

Keller, K. L., & Kotler, P. (2012). Marketing Management (14 ed.). (E. Svendsen, Penyunt.) New Jersey: Pearson Education, Inc.

Otoritas Jasa Keuangan. (2023, Februari 16). Memperkuat Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah. Dipetik 2 22, 2023, dari OJK: https://www.ojk.go.id/ojk-institute/id/capacitybuilding/

Otoritas Jasa Keuangan. (2023, April 18). Statistik Perbankan Syariah. Dipetik May 4, 2023, dari OJK: https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/ statistik-perbankan-syariah/Default.aspx

Rogers, E.M. (1995) Diffusion of Innovations. 4th Edition, the Free Press, New York.

Sumarwan, Ujang. (2009). Perilaku Konsumen; Model Keputusan Konsumen dan Strategi Pemasaran. Modul 1. Tangerang: Universitas Terbuka.




DOI: 10.24235/holistik.v7i1.13535

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.