KOSAKATA YANG DIGUNAKAN ANAK AGRESIF DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) SE-KOTA CIREBON

Indrya Mulyaningsih(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRACT Influence the choice of words in communication. Positive communication carries on the good communication while a negative result in conflict. This study describes: 1) forms of child aggressiveness in early childhood as the city of Cirebon and 2) the diction used when aggressive children in early childhood as the city of Cirebon. The study design used is descriptive qualitative with a population of 93 Kindergarten. The sample is determined randomly by a draw, the 15 early childhood. Data was collected through observation and interviews. The validity of the data is done by triangulation of data sources, triangulation of data collection methods, and review informant. The results showed that 1) the form of aggressiveness carried the child in early childhood, include: crying, hitting, kicking, fighting, taunt, yell, push, flip the table, throw, hit the table, and glared; 2) diction used aggressive child at the time, include: words, phrases, and sentences mother tongue or the language of Java Keywords: aggressive, diction, child, childhood ABSTRAK Pilihan kata sangat mempengaruhi dalam berkomunikasi. Komunikasi positif membawa pada kebaikan sedangkan komunikasi negatif mengakibatkan pertentangan. Penelitian ini mendeskripsikan: 1) bentuk agresivitas anak di PAUD se-Kota Cirebon dan 2) diksi yang digunakan anak pada saat agresif di PAUD se-Kota Cirebon. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan populasi 93 PAUD. Sampel ditentukan secara random dengan cara diundi, yakni 15 PAUD. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber data, triangulasi metode pengumpulan data, dan review informant. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) bentuk agresivitas yang dilakukan anak di PAUD, meliputi: menangis, memukul, menendang, bertengkar, mengejek, membentak, mendorong, membalik meja, melempar, menggebrak meja, dan melotot; 2) diksi yang digunakan anak pada saat agresif, meliputi: kata, frasa, dan kalimat berbahasa ibu atau bahasa Jawa. Kata kunci: agresif, anak, bentuk, diksi, PAUD

Full Text:

PDF

References


Andri dan Yenny Dewi P. 2007. “Teori Kecemasan Berdasarkan Psikoanalisis Klasik dan Berbagai Mekanisme Pertahanan terhadap Kecemasan†dalam Majalah Kedokteran Indonesia Vol. 57, No. 7, Juli, 233 – 239.

Bank Dunia. 2010. Potret Perkembangan Anak Usia Dini di Indonesia. Jakarta: DEPS.

Campbell, S.B. 2002. Behavior Problems in Preschool Children: Clinical and Developmental issues. New York: Guilford Press.

Camras, Linda A. ect. 2006. “Post-institutionalized Chinese and Eastern European children: Heterogeneity in the development of emotion understanding†dalam International Journal of Behavioral Development, 30, 193 DOI: 10.1177/0165025406063608.

Chaplin, J.P. 2002. Kamus Lengkap Psikologi (hal. 5). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal. (2013). Laporan Tahunan Pendidikan Untuk Semua (PUS) Nasional Tahun 2012 (hal. 11-6). Jakarta: Forkonas.

Herviantini, Fedela. 2007. Skripsi Agresivitas Pada Remaja Ditinjau Dari Intensitas Menonton Film Kekerasan Di Televisi. (Skripsi). Semarang, Fakultas Psikologi, UNIKA.

Izzaty, Rita Eka. 2005. Mengenali Permasalahan Perkembangan Anak Usia TK. Jakarta. Depdiknas Drjen Dikti Dirjen Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan perguruan Tinggi.

Kaltiala-Heino, Rimpela, Marttunen, Rimpela, & Rantanen. (2000). Bullying, Depression, and Suicidal Ideation in Finnish Adolescents: School Survey. Findland: Chesson.

Krahe, Barbara. 2005. Perilaku Agresif, Buku Panduan Psikologi Sosial (hal. 15-17). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Manaf, Ngusman Abdul. 2010. “Peminimalan Beban dan Peminimalan Paksaan Sebagai Cara Berperilaku Santun dalam Berbahasa Indonesia†dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Januari.,Vol. 16, Nomor 1.

Miller, Patrice Marie dan Michael Lamport Commons. 2010. “The Benefits Of Attachment Parenting For Infants And Children: A Behavioral Developmental View†dalam Behavioral Development Bulletin. Vol. 10 ISSN: 1942-0722.

Miles, Matthew B dan Hubermen, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif (edisi terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi) (hal. 15-21). Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif (hal. 178). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Porrovecchio, Mark J. 2007. “A Timeless Struggle: Ethos, Ethics, and Ethical Oral Communication†dalam Journal of the Communication, Speech & Theatre Association of North Dakota, Vol. 20.

Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rafiq, Hamid, Khattaksara Yaqoob, dan Rabia Basri. (TT). Communication Skills. http://www.hec.gov.pk/InsideHEC/Divisions/LearningInnovation/Documents/Learning%20Portal/NAHE/communication%20skills%20module.pdf diunduh Kamis, 11 Juni 2015 pukul 11.13 WIB.

Rahmawati, Dyah, Sunaryo, H.S. dan Widodo, Hs. 2012. Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Pada Anak Usia Prasekolah. (online) http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelA120356373818369FAC90E334DBAD45D.pdf diunduh Minggu, 7 Juni 2015 pukul 10.15 WIB.

Rosen, Cathryn Jo. 1986. “The Execuse of Self Defense: Correcting a Historical Accident on Behalf of Battered Woman Who Kill†dalam The American University Law Review, vol. 36, 11 – 56.

Schutz, Ricardo. 2006. Stephen Krashnis Theory of Second language Acquisition (Online) http://www.sk.com.br/sk-krash.html diunduh Minggu, 28 Juni 2015 pukul 09.14 WIB.

Sugiyono. 2013. Statistik untuk Penelitian (hal. 63). Bandung: Alfabeta.

Sunardi, Permanarian. 2008. Teori Konseling (hal. 11). Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspek (hal. 77; 81-82; 135). Jakarta: Kencana.

Tim Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Rayon 24. (2013). Modul Pendidikan Anak Usia Dini. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, khususnya Pasal 1 dan Pasal 28.

UNICEF. 2012. Ringkasan Kajian: Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini (hal. 1-8). Jakarta.

Yektatalab, ect. 2015. “Types of Aggression Among Kindergarten and Preschool Children of Mohr County/Fars Province in 2013–2014†dalam Health Policy Research Center. January, 2 (1), 1-6.

Zamroni, Mohammad. 2009. Filsafat Komunikasi: Pengantar Ontologis, Epistemologis, Aksiologis (hal. 36). Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: 10.24235/holistik.v1i2.1122

Article Metrics

Abstract view : 1029 times
PDF - 736 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.