GENDER DISCOURSES ANALYSIS: REPRESENTASI BIAS GENDER DAN PENGARUHNYA PADA BUKU AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAI’YAH

Pebby Selvira(1*), Prio Utomo(2),


(1) UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap representasi bias gender dan pengaruhnya pada buku ajar Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Pendekatan penelitian menggunakan metode studi kepustakaan. Penelitian dilaksanakan pada tahun 2020. Pengumpulan data menggunakan metode studi dokumentasi. Sumber data berasal dari Buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam dan buku-buku tentang gender, fikih dan feminism. Analisis data menggunakan analsisi isi dan analis gender. Hasil penelitian mengungkap (1) Terdapat bias gender dalam buku ajar Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah di kelas III, IV, V dan VI; (2) Akumulasi (persentase) penokohan yang diasosiasikan berdasarkan jenis kelamin memperlihatkan tokoh Islam laki-laki lebih tinggi dan mendominasi; (3) Tidak ada keseimbangan dan belum sepenuhnya berbasis gender dimana tokoh Islam perempuan lebih sedikit ditampilkan.

Full Text:

PDF

References


Afandi A. (2019). Bentuk-bentuk Perilaku Bias Gender. LENTERA: Journal of Gender and Children Studies, 1(1).

Al-Qurthubi, M. (1967). li AḥkÄm al-Qur’Än, juz III,. DÄr al-Katib.

Arkoun, M. (1994). Rethinking Islam: Common Question, Uncommon Answer. Westview Press.

Burck, C., & Speed, B. (1995). Gender, Power, And Relationship. Routledge Taylor & Francis Group.

Damanuri, A. (2012). Muslim Diaspora dalam Isu Identitas, Gender, dan Terorisme. Islamica: Jurnal Studi Keislaman, 6(2).

Fakih, M. (2010). Analisis Gender & Transformasi Sosial. Pustaka Pelajar.

Ghofur, A., & Sulistiyono, S. (2015). Perempuan dan Narasi Kekerasan: Studi Kritis Peran Gender dalam Deradikalisasi. Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam, 5(2).

Hanafi, A. (2017). Pemahaman Yang Bias Gender. TAKAMMUL: Jurnal Studi Gender Dan Islam Serta Perlindungan Anak, 6(2).

Haryati. (2012). Kontruktivisme Bias Gender Dalam Media Masa. Observasi, 10(1).

Iqbal, M. M. (2015). Diskursys Gender Dalam Perspektif Islam. ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman, 15(1), 99–120.

Juliana, G., Sendratari, L. P., & Maryati, T. (2019). Bias Gender dalam Pendidikan (Studi Kasus Pembelajaran Sosiologi Kelas XI dan Potensinya sebagai Sumber Belajar Sosiologi di MAN 1 Buleleng). Journal Pendidikan Sosiologi, 1(3).

Lubis, D. (2016). Persepsi Mubaligh dan Mubalighah terhadap Kesetaraan dan Keadilan Gender di Kota Medan. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 40(1).

Lubis, D. (2017). Persepsi Pemuka Agama Terhadap Bias Gender Ditinjau Dari Latar Belakang Suku. Journal Of Contemporary Islam And Muslim Societies, 1(1).

Muawanah, E. (2009). Pendidikan Gender dan Hak Asasi Manusia. Teras.

Nasution, A. (2017). Bias Gender Dalam Buku Pelajaran SKI Tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Journal Of Contemporary Islam And Muslim Societies, 1(2).

Nasution, K. (2009). Pengantar Studi Islam. Academia-Tazzafa.

Rahmawati, A. S., Tripambudi, S., & Lestari, P. (2010). Bias Gender dalam Iklan Attack Easy di Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2).

Rahminawati, N. (2001). Isu Kesetaraan Laki-Laki Dan Perempuan (Bias Gender). Mimbar: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 3, 272–283.

Sastrawati, N. (2018). Laki-Laki Dan Perempuan Identitas Yang Berbeda. Alauddin Press Makassar.

Schimmel, A. (1997). My Soul is a Woman: The Feminine in Islam. Continum.

Setiyaningsih, S. I. (2015). Bias Gender dalam Verbal : Sebuah Kajian Leksikon dalam Bahasa Inggris. Jurnal SAWWA, 11(1).

Suhra, S. (2013). Kesetaraan Gender Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Implikasinya Terhadap Hukum Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(2).

Syafe’i, I. (2020). Konsep Gender Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 251.

Umar, N. (2001). Argumen Kesetaraan Jender. Paramadina.

Utomo, P., & Zubaida. (2020). Self-monitoring Techniques: Perbedaan Peningkatan Achievement Motivation Siswa SMA Berdasarkan Jenis Kelamin (Gender). Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender Dan ANak, 2(2). https://doi.org/10.29300/hawapsga.v2i2.3533

Wacjman, J. (2001). Feminisme Versus Teknologi. SBPY.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Obor.

Zubaedi, Utomo, P., Kholidin, F. I., & Rahmawati, N. R. (2020). Nilai Kerja dalam Teks Mawlid Syarf Al-Anam dan Implikasinya Terhadap Bimbingan Pribadi-Sosial Melalui Kesenian Islam Syarofal Anam : Kajian Hermeneutika Gadamerian. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 19(2).




DOI: 10.24235/equalita.v3i2.9839

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:

           

   


EDITORIAL OFFICE:

LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.

 

Creative Commons License
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.