IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pendidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan upaya mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia dalam mewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan pendidikan nasional serta sabda Rasul di atas berbanding lurus bahwa keduanya mempunyai tujuan yang sama dalam membentuk karakter atau akhlak manusia yang mulia. Jadi bisa disimpulkan bahwa karakter itu erat kaitannya dengan personality. Seseorang bisa dikatakan berkarakter apabila tingkah lakunya sesuai dengan kaidah moral. Lembaga pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam upaya untuk membentuk karakter. Sehingga dalam paper ini dimaksudkan untuk menjabarkan terkait implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini.
Kata kunci: Impelentasi, Pendidikan, Karakter, Anak Usia Dini
Education has a very strategic role in improving the quality of human resources, and efforts to realize the aspirations of the Indonesian people in realizing general welfare and educating the nation's life. The objectives of national education and the words of the Prophet above are directly proportional to the fact that both have the same goal in shaping noble human character or morals. So it can be concluded that character is closely related to personality. A person can be said to have character if their behavior is in accordance with moral principles. Educational institutions have a very important role in the effort to shape character. So that this paper is intended to describe the implementation of character education in early childhood.
Keywords:Â Â Implementation, Education, Character, Early Childhood
Full Text:
PDFReferences
Abdul Munir Mulkhan, Paradigma Intelektual Muslim: Pengantar Filsafat Pendidikan dan Dakwah. Yogyakarta: SI Press,1992
Abdurrahman Mas’ud,Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik, Jogjakarta;Gama Media,2002
Ensiklopedi Islam Jilid 1 ,Jakarta;Ikhtiar Baru Van Hoeve,2001
Ensiklopedi Islam Jilid 3 ,Jakarta;Ikhtiar Baru Van Hoeve,2001
Harun Nasution, Muhammad Abduh dan Teologi Rasional Mu’tazilah, Jakarta: UI-Press, 1987
Harun Nasution,Pembaharuan dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan ,Jakarta; Bulan Bintang,1975
Harun Nasution, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspek Jakarta: UI Press, 1974
Husayn Ahmad Amin,Seratus Tokoh dalam Sejarah Islam,Bandung;
Remaja Rosdakarya,2001
Mahyuddin Syaf dan A. Bakar Usman, Ilmu dan Peradaban. Bandung: Diponegoro, 1978
Rusni,Kemuhammadiyahan,Surakarta;Majlis Dikdasmen Pimpinan
Muhammadiyah Kota Surakarta,1994
Syafi’i Ma’arif, Peta Intelektual Muslim Indonesia, Bandung: Mizan, 1994
Syekh Muhammad Abduh,Risalah Tauhid,Jakarta ; Bulan Bintang 1975
Toto Suharto, Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Arruzz, 2006
Amier Daien Indarkusuma.. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional. 2003
Kementerian Agama RI. 2011. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Surabaya: Optima
Undang-Undang RI No. 20 Tahun. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Citra Umbara
http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/08/20/pendidikan-karakter-di-smp/ di akses tanggal 18-06-17
Mochtar Buchori, Akhmad Sudrajat, “pendidikan-karakter-di-smp†http://.wordpress.com/2010/08/20/ /Diunduh tanggal 18-06-17. 2007
Akhmad sudrajat, “pendidikan-karakter-di-smpâ€http://.wordpress.com/2010/08/20/ / Diunduh tanggal 19-06-17
Ali Ibrahim Akbar, 2000, Akhmad sudrajat, “pendidikan-karakter-di-smpâ€http://.wordpress.com/2010/08/20/ /Diunduh tanggal 19-06-17.
Akhmad sudrajat, “pendidikan-karakter-di-smpâ€http://.wordpress.com/2010/08/20/ / Diunduh tanggal 20-06-17.
Mar’at.. Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya. Bandung: Psikologi. 2000
DOI: 10.24235/equalita.v2i2.7449
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:
EDITORIAL OFFICE:
LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.
Â
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.