KONSEP PENDIDIKAN BAGI PEREMPUAN MENURUT DEWI SARTIKA
(1) SDN CISALAK PEDAGOGIK SPs Universitas Pendidikan Indonesia
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan konsep pendidikan bagi perempuan menurut Dewi Sartika. Metode penelitian yang digunakan adalah library research. Pendidikan menurut Dewi Sartika adalah ilmu atau alat untuk menata, mengubah, dan memajukan segala perkara ke arah yang lebih baik, termasuk anak didik. Hasil guna dari tulisan ini dapat dijadikan batu-batu landasan untuk memahami bagaimana konsep pendidikan dalam pemikiran Dewi Sartika, serta pemikiran untuk mengembangkan penelitan lebih lanjut, baik mengenai Dewi Sartika, maupun tentang konsep pendidikan tokoh lainnya yang akan memperkaya khazanah keilmuan, terutama bagi praksis pendidikan.
Full Text:
PDFReferences
Amin, Saidul. (2013). Feminisme dan Islam. Kafa’ah: Jurnal Ilmiah Kajian Gender, 123-143. Doi: 10.15548/jk.v3i2.38
_____. (2015). Filsafat Feminisme (Studi Kritis terhadap Pembaharuan Perempuan di Dunia Barat dan Islam). Pekanbaru: Asa Riau.
Arikunto, S dan Jabar, C. S. (2009). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arivia, Gadis. (2003). Filsafat Berperspektif Feminis. Jakarta: Yayasan Jurnal Perempuan (YJP).
Bayu Adji, Krishna dan Sri Wintala Ahmad. (2017). Istri-Istri Raja di Tanah Jawa. Yogyakarta: Araska.
Chaplin, J. P. (2014). Kamus Lengkap Psikologi. (D. K. Kartono, Penerj.). Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Dahar, R.W. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Daryono, Yan. (2008). Raden Dewi Sartika Sang Perintis. Bandung: Yayasan AWIKA & PT.Grafitri Budi Utami.
Harahap, N. (2014). PENELITIAN KEPUSTAKAAN. Iqra, 8(01), 68–74.
Helwig, Tineke. (2007). Citra Kaum Perempuan di Hindia Belanda. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Ibrahim, Tatang. (2018). Manajemen “Sekolah Kaoetamaan Istri†Raden Dewi Sartika dalam Meningkatkan Keterampilan Kaum Wanita Sunda. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, Vol 3, No 1, 18-23.
Joyce, B., & Weil, M. (2003). Models of Teaching. New Delhi: Jy Print Pack Private.
Joyce, W., & Calhoun. (2009). Models of Teaching (Eighth Edition): Model model Pengajaran (Edisi Delapan), terj. Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kamal, Mustofa. (2016). Restrukturisasi Pendidikan menuju Bangsa Berkarakter. Jurnal Madaniyah: Terciptanya Insan Akademis Berkualitas & Berakhlak Mulia, Vol 4, No 1, 35-44.
Komang, Ni Arie Suwastini. (2013). Perkembangan Feminisme Barat dari Abad ke Delapan Belas hingga Postfeminimse: Sebuah Tinjauan Teoritis. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, Vol 2, No 1, 198-208.
Mohamad, Hari Tohari. (2013). Feminisme Sunda Kuno (Studi Interpretasi Kritis Akulturasi Nilai-nilai Kesetaraan Gender Sunda-Islam dalam Carita Pantun Sri Sadana). Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak Diterbitkan.
Mudyahardjo, Redja. (2014). Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Press.
Muhajir, A. (2011). Ilmu Pendidikan Perspektif Kontekstual. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Mujib, A dan Mudzakkir, J. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana
Prabhakaram, K. S. (2006). Concept Attaintment Model in Mathematics Teaching. New Delhi: Discovery Publishing House.
Rosadi, Andri. (2011). Feminisme Islam: Kontekstualisasi Prinsip-Prinsip Ajaran Islam dalam Relasi Gender. Kafa’ah: Jurnal Ilmiah Kajian Gender, Vol 1, No 1, 1-12.
Rosidi, Ajip. (2009). Manusia Sunda. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Sadulloh, U., dkk. (2007). Pedagogik. Bandung: Cipta Utama.
Saefuddin, Fahmi. (2017). Gender dan Eksistensialisme Sartre. Jurnal Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani, Vol 13, No I, 95-118. Doi: doi.org/10.21009/JSQ.013.1.07
Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung : CV Alfabeta.
Sartika, R. Dewi. (1912). Boekoe Kaoetamaan Istri. Bandung: A. C. NIX & Co.
Shiddiqui, M. H., & Khan, S. (2007). Models of Teaching: Theory and Research. New Delhi: APH Publishing Corporation.
Soetjipto, & Kosasi, R. (2009). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudrajat. (2007). Kartini: Perjuangan dan Pemikirannya. Dari: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=354121&
Tafsir, ahmad. (2012). Ilmu Pendidikan Islami. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
V. Good, Carter dan Winifred R. Markel. (1973). Dictionary of Education. New York: McGraw-Hill
Vreede-De Stuers, Cora. (2017). Sejarah Perempuan Indonesia Gerakan dan Pencapaian. Depok: Komunitas Bambu.
Wiriaatmadja, Rochiati. (1985). Dewi Sartika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudyaan.
Zakiah, Lina. (2011). Konsep Pendidikan Perempuan Menurut Raden Dewi Sartika. Skripsi Tidak Diterbitkan. Dari: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1647/1/101872-LINA%20ZAKIAH-FITK.pdf
DOI: 10.24235/equalita.v2i2.7036
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:
EDITORIAL OFFICE:
LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.
Â
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.