Dampak Kekerasan Orang Tua terhadap Kondisi Psikologis Anak dalam Keluarga

Jaja Suteja(1*), Bahrul Ulum(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract: Violence against a child is one of the most dominant cases and is found anytime, anywhere, almost everywhere in all provinces in Indonesia. This becomes very ironic, considering that children who are in fact the next generation of the nation, should get parental love, guidance and education that is full of love.

Methodology This study uses descriptive qualitative methods with data collection techniques through observation, in-depth interviews and documentation studies while the research analysis is used through the analysis of Miles and Huberman. The results of this study indicate that the most frequent impact of parental violence on children in society is psychological violence. Psychological violence is violence perpetrated by an offender against a victim's mentality by yelling, swearing, threatening, demeaning, commanding, harassing, stalking, and spying, or other acts that cause fear (including those directed at close people victims, such as family, children, husband, friends, or parents). Acts of psychological violence experienced by students have not yet ended. In reality we still see a lot of shouting, ridicule and even punishment given by educators against students who commit violations of discipline. Another impact of cases of violence against children is the inhibition of psychological development of children both cognitive, affective and psychomotor.

Keywords: Violence, Parents, Psychological, Children

 

Abstrak: Kekerasan terhadap seorang anak merupakan salah satu kasus yang paling dominan dan banyak dijumpai kapanpun, dimanapun, hampir disetiap tempat di seluruh provinsi di Indonesia. Hal ini menjadi sangat ironis, mengingat anak yang- notabene generasi penerus bangsa, seharusnya mendapatkan kasih sayang orangtua, bimbingan serta pendidikan yang penuh cinta kasih.

Metodologi Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi terlbat, wawancara mendalam dan studi dokumentasi sedangkan analisis penelitian yang digunakan melalui analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dampak dari kekerasan orang tua terhadap anak yang paling banyak terjadi di masyarakat adalah kekerasan secara psikologis. Kekerasan psikologis adalah kekerasan yang dilakukan oleh pelaku terhadap mental korban dengan cara membentak, menyumpah, mengancam, merendahkan, memerintah, melecehkan, menguntit, dan memata-matai, atau tindakan-tindakan lain yang menimbulkan rasa takut (termasuk yang diarahkan kepada orang-orang dekat korban, misalnya keluarga, anak, suami, teman, atau orangtua).Tindak kekerasan psikologis yang dialami oleh anak didik ternyata belum berakhir. Dalam kenyataan masih banyak kita lihatadanya bentakan, ejekan dan bahkan hukuman yang diberikan oleh para pendidik terhadap anak didik yang melakukan pelanggaran tata tertib. Dampak lainnya dari kasus kekerasan terhadap anak yaitu terhambatnya perkembangan psikologis anak baik itu secara kognitif, afektif maupun psikomotor.

Kata Kunci: Kekerasan, Orang Tua, Psikologis, Anak

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Dudung. 2000. Pengantar Metode Penelitian. Yoyakarta: Galang Press.

Agustina Lidya 2009. Pengaruh Konflik Peran , Ketidakjelasan peran, dan Kelebihan Peran Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Auditor. Jurnal Akutansi, Mei, Vol. 1, hlm. 40-69.

Amiruddin. 2007. Asupan Gizi Pada Ibu Hamil. http: www.scribd.com/doc/47810533/makalah-anemia-bumil diakses pada tanggal 27 november 2017 pukul 09.00 WIB

Azevedo & Viviane.2012. Domestic Psychological Violence: Voice of Youth, 2008, dikutip dari Lufita Tria Harisa, “Teori Tipologi Bentuk Kekerasan Psikologis terhadap Anak (Child-Psychological Violence)â€

Suharmin, Arikunto.2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.jakarta: Rineka Cipta

Bagong Suyanto, dan Sri Sanituti. 2002. Krisis & Child Abuse, Surabaya: Airlangga University,

Chatib, Munib. 2012. Orangtuanya Manusia. Bandung : Mizan Pustaka.

Carpenito, L.J. 2009. Buku Saku Diagnosa Keperawatan. Jakarta: EGC.

Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi Anak Usia Dini. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Dodge, D.T., Colker, L.J., & Heroman, C. 2002. The Creative Curriculum for Preschool. 4th Ed. Washington, D.C.: Teaching Strategies, Inc.

Firdinan, M. Fuad. 2008. Membina Keluarga Harmonis. Yogyakart : Tugu Publisher

Gelles, R. J. 1975. The Social construction of child abuse. American Journal of Orthopsychiatry, 45: 363–371.

Huraerah, Abu. 2006. Kekerasan Terhadap Anak. Bandung:Nuansa.

Herlina. 2010. Minat belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock,Elizabeth. 2002. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: erlangga

Hurlock, Elizabeth. (1990). Paikologi perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga.

Lawson, Fred (1976). Hotels, Motels Condominiums:Design, Planning And Maintenance.

Lestari, Sri . 2012. PSIKOLOGI KELUARGA: Penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga. Jakarta: Kencana Perdana Media Group

Manalu, Sonniaty Natalya. Tesis-2006. Dampak secara fisik, psikis, dan sosial

pada anak yang mengalami child abuse (Studi kasus terhadap dua anak

yang mengalami child abuse setelah ditangani oleh yayasan sahabat

peduli). Program Pascasarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas

Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Mulyadi, Lilik. 2008. Bunga Rampai Hukum Pidana: Perspektif, Teoritis, dan Praktik, Bandung: P.T. Alumni

Magfur, M. 2003. Anatomi Kekerasan Manusia Antara Entitas Mencinta dan Kematian . dalam Pemikiran Pekikiran Revolusioner. Malang: QAverroes Press

Meleong, Lexy J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Matlin, Margareth W. 2008. The Psycology of Woman. United State of America: Thomson wardswroth

M. Marwan dan Jimmy P. 2009.Kamus Hukum (Dictionary Of Law Complete Edition). Surabaya: Reality Publisher

M.Nazir.1998.Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia

Nasution.2003.Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif.bandung: tersito

Nataliani, Y.2004. Cepat Mahir GUI Matlab. Jogjakarkarta: Penerbit ANDI.

Nasution, Thamrin, dkk.2009. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Jakarta:BPK Gunung Mulya.

Nadia.(1991).Green technology and Design for The Environment.University of Connecticut, Taylor&Francis.

Nugroho, Fentiny. (1999). Temuan penelitian mengenai perlakuan salah

dan penelantaran kepada anak. Dalam Purnianti (Ed.). Arti dan

lingkup masalah perlindungan anak. (h. 41). Jakarta: Jurusan Kriminologi

FISIP-UI dan Pusat Pelayanan Keadilan dan Pengabdian Hukum UI.

Papalia, D.E., Olds, S.W., & Feldman, R.D. 2009. Human Development. 11th Ed. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Romli, Atmasasmita. 1995. Peradilan Anak di Indonesia. Bandung: Mandar Maju.

Ranuh. 1997. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Jakarta: EGC

Sartomo, Suwarniyati. (1999). Metode prevensi perlakuan salah dan penelantaran anak. Dalam Purnianti (Ed.). Arti dan lingkup masalah perlindungan anak (h. 101-104). Jakarta: Jurusan Kriminologi FISIP-UI dan Pusat Pelayanan Keadilan dan Pengabdian Hukum UI.

Syaodih, Ernawulan. 2004. Bimbingan di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Dikti Depdiknas

Suharto, Edi.1997..Pembangunan, Kebijakan Sosial dan Pekerjaan Sosial: Spektrum Pemikiran.Bandung: Lembaga Studi Pembangunan-STKS

Suharto, Edi. (2005). Membangun masyarakat memberdayakan rakyat.

Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Soeharto,Edi. 1997. Pembangunan, Kebijakan sosial dan Bekerjaan Sosial: Spektrum Pemikiran. Bandung : Lembaga Studi Pembangunan STKS

Sulistyo, Basuki. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia

Soetjiningsih. (2005). Tumbuh kembang anak. Jakarta: EGC.

Sudaryono. 2007. Resiliensi dan Locus of Control Guru dan Staf Sekolah Pasca Gemba. Jurnal Kependidikan. Surabaya Universitas Airlangga Fakultas Psikologivol.3. No 1,1-8.

Santrock, John W. (2011). Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika

Santrock, J.W. 2009. Child Development. 12th ed. New York: McGraw-Hil.

Tatang, Amirin. 1988.Penyusunan Rencana Penelitian.jakarta: Raja Grafindo Persada

Unicef,. 2000 .Domestic Violence Againts Women and Girl, dikutip dari Lufita Tria Psychological Violence)â€, 2012, dalam http://psychologicalspot. Wordpress.com

Unicef United Nation Children’s fund. (2002) Pedoman Hidup Sehat. New york: Unicef.

Vygotsky, L.S. 1978. Mind in society: the development of higher psychological processes. Cambridge, MA: havard University Press Vygotsky .1978.

W.Gulo.2005.Metode Penelitian.Jakarta: PT Grasindo

Yani S, Achir. (2008). Asuhan Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: EGC.




DOI: 10.24235/equalita.v1i2.5548

Article Metrics

Abstract view : 131 times
PDF - 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:

           

   


EDITORIAL OFFICE:

LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.

 

Creative Commons License
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.