INTERNALISASI NILAI KESETARAAN GENDER MELALUI KETELADANAN GURU DI SD/MI KOTA BANDUNG

Nurul Alia(1*),


(1) SDN 092 Cibadak Kota Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Berdasarkan data yang diambil dari data pokok pendidikan tentang data guru SD/MI di Kota Bandung. Jumlah keseluruhan dari guru SD/MI yang ada di Kota Bandung ialah berjumlah 9.235 orang, yang di antaranya berjenis kelamin laki-laki sebanyak 2.370 dan 6.865 berjenis kelamin perempuan. Atas data tersebut, maka menarik untuk dikaji sebuah pendekatan dalam menginternalisasi nilai-nilai kesetaraan gender melalui keteladanan guru di SD/MI. Sebab dengan banyaknya perempuan yang bekerja sebagai guru SD/MI dapat membuat suatu peluang dalam pendidikan untuk mengajarkan nilai-nilai kesetaraan gender sejak anak masih menempuh pendidikan di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis, di mana peneliti mencoba untuk menguraikan cara-cara dalam menginternalisasi nilai kesetaraan gender melalui keteladanan guru dengan fokus penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ini dapat memandu para guru SD/MI agar dapat memahami konsep internalisasi nilai kesetaraan gender melalui keteladanan guru. Penelitian ini juga diharapkan dapat mengoptimalkan pendidikan karakter yang ramah gender, serta dapat merangsang penelitian dan pengembangan lebih lanjut tentang pendidikan karakter ramah gender.

Full Text:

PDF

References


Abdurahman. 2018. “Urgensi Pedagogik dalam Pembelajaran dan Implikasinya dalam

Pendidikan.†Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 3 (1).

Annisa, Miftah Nurul, Ade Wiliah, dan Nia Rahmawati. 2020. “Pentingnya Pendidikan

Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital.†Bintang : Jurnal

Pendidikan dan Sains 2 (1). https://doi.org/10.36088/bintang.v2i1.558.

Baginda, Mardiah. 2016. “Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar

dan Menengah.†Jurnal Ilmiah Iqra 10 (2). https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.593.

Binasdevi, Misbah. 2021. “Ketidaksetaraan Gender Dalam Buku Tematik 2013 Perspektif

Semiotika Pierce.†Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak 3 (1): 132.

https://doi.org/10.24235/EQUALITA.V3I1.8738.

Gunawan, Indra, Ahmad Khaerurozi, dan Syamsul Maarif. 2021. “Persepsi Mahasiswa

Mengenai Isu Kesetaraan Gender dalam Mempelajari Bidang Filsafat.†Equalita: Pusat

Studi Gender dan Anak 3 (1).

Gunawan, Indra, Sofyan Sauri, dan Ganjar Muhammad Ganeswara. 2018. “Internalisasi Nilai

Moral melalui Keteladanan Guru pada Proses Pembelajaran di Ruang Kelas.†Sosio

Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum 18 (1).

Hakam, Kama Abdul, dan Encep Syarief Nurdin. 2016. Metode Internalisasi Nilai-Nilai

Untuk Memodifikasi Perilaku Berkarakter. Bandung: Maulana Media Grafika.

Hamdani, Hamid, dan Beni Ahmad Saebani. 2014. Pendidikan Karakter Perspektif Islam.

Bandung: Pustaka Setia.

Hayati, Fitri, Neviyarni, dan Irdamurni. 2021. “Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah

Dasar : Sebuah Kajian Literatur.†Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (1).

Iswari, Nurlita. 2017. “Implementasi Keteladanan Guru dalam Pembentukkan Karakter Siswa

Kelas 3 SD Muhamaddiyah 21 Baluwarti Tahun Ajaran 2016/2017.†Universitas

Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/50991/12/NASKAH

PUBLIKASI.pdf.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2022. “Data Pokok Pendidikan Kota Bandung

Provinsi Jawa Barat.†2022. https://dapo.kemdikbud.go.id/guru/2/026000.

Krathwohl, David, Benjamin Bloom, dan Bertram Masia. 1964. Taxonomy of Educational

Objectives. New York: David McKay&Co Inc.

Lickona, Thomas. 2012. Character Matters: Persoalan Karakter Bagaimana Membantu Anak

Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas dan Kebajikan Penting Lainnya. Diedit

oleh Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara.

Maksudin. 2009. Pendidikan Nilai Komprehensif: Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY

Press.

Mariyana, Rita, Ali Nugraha, dan Yeni Rachmawati. 2010. “Pengelolaan Lingkungan

Belajar,†17.

Novitasari, Yuni, Eka Pramono Adi, dan Henry Praherdhiono. 2018. “Respons Afektif

Pebelajar terhadap Pemberian Tugas pada Pembelajaran Blended.†JKTP 2 (1).

Nugrahaeni Kusuma Dewi, Indah, Sunawan, dan Muslikah. 2018. “Pemahaman Kesetaraan

Gender Anak Sekolah Dasar di Komunitas Rumah Pintar Bangjo Johar Semarang.†In

Conference: Seminar Nasional BK. Universitas PGRI Semarang.

Nurchaili. 2010. “Membentuk Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru.†Jurnal Pendidikan

dan Kebudayaan 16 (3).

Putra, Deni Adi. 2021. “Kesetaraan Gender dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar.†ELSE

(Elementary School Education Journal) 2 (1).

Shodiq, Sadam Fajar. 2017. “Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Penanaman Nilai dan

Pendekatan Perkembangan Moral Kognitif.†At-Tajdid 1 (1).

Sumar, Warni Tune. 2015. “Implementasi Kesetaraan Gender Dalam Bidang Pendidikan.â€

Musawa 7 (1): 158–82.

Ulya, Inayatul. 2017. “Internalisasi Karakter Sensitif Gender dalam Kurikulum Pendidikan.â€

Edukasia Islamika 2 (1). https://doi.org/10.28918/jei.v2i1.1664.

Wahyudi, Ayu Vinlandari, dan Indra Gunawan. 2020. “Peran Tari dalam Perspektif Gender

dan Budaya.†Equalita: Pusat Studi Gender dan Anak 2 (2): 130–41.




DOI: 10.24235/equalita.v4i1.10901

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:

           

   


EDITORIAL OFFICE:

LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.

 

Creative Commons License
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.