INTERNALISASI NILAI KESETARAAN GENDER MELALUI KETELADANAN GURU DI SD/MI KOTA BANDUNG
(1) SDN 092 Cibadak Kota Bandung
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdurahman. 2018. “Urgensi Pedagogik dalam Pembelajaran dan Implikasinya dalam
Pendidikan.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 3 (1).
Annisa, Miftah Nurul, Ade Wiliah, dan Nia Rahmawati. 2020. “Pentingnya Pendidikan
Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital.” Bintang : Jurnal
Pendidikan dan Sains 2 (1). https://doi.org/10.36088/bintang.v2i1.558.
Baginda, Mardiah. 2016. “Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar
dan Menengah.” Jurnal Ilmiah Iqra 10 (2). https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.593.
Binasdevi, Misbah. 2021. “Ketidaksetaraan Gender Dalam Buku Tematik 2013 Perspektif
Semiotika Pierce.” Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak 3 (1): 132.
https://doi.org/10.24235/EQUALITA.V3I1.8738.
Gunawan, Indra, Ahmad Khaerurozi, dan Syamsul Maarif. 2021. “Persepsi Mahasiswa
Mengenai Isu Kesetaraan Gender dalam Mempelajari Bidang Filsafat.” Equalita: Pusat
Studi Gender dan Anak 3 (1).
Gunawan, Indra, Sofyan Sauri, dan Ganjar Muhammad Ganeswara. 2018. “Internalisasi Nilai
Moral melalui Keteladanan Guru pada Proses Pembelajaran di Ruang Kelas.” Sosio
Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum 18 (1).
Hakam, Kama Abdul, dan Encep Syarief Nurdin. 2016. Metode Internalisasi Nilai-Nilai
Untuk Memodifikasi Perilaku Berkarakter. Bandung: Maulana Media Grafika.
Hamdani, Hamid, dan Beni Ahmad Saebani. 2014. Pendidikan Karakter Perspektif Islam.
Bandung: Pustaka Setia.
Hayati, Fitri, Neviyarni, dan Irdamurni. 2021. “Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah
Dasar : Sebuah Kajian Literatur.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (1).
Iswari, Nurlita. 2017. “Implementasi Keteladanan Guru dalam Pembentukkan Karakter Siswa
Kelas 3 SD Muhamaddiyah 21 Baluwarti Tahun Ajaran 2016/2017.” Universitas
Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/50991/12/NASKAH
PUBLIKASI.pdf.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2022. “Data Pokok Pendidikan Kota Bandung
Provinsi Jawa Barat.” 2022. https://dapo.kemdikbud.go.id/guru/2/026000.
Krathwohl, David, Benjamin Bloom, dan Bertram Masia. 1964. Taxonomy of Educational
Objectives. New York: David McKay&Co Inc.
Lickona, Thomas. 2012. Character Matters: Persoalan Karakter Bagaimana Membantu Anak
Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas dan Kebajikan Penting Lainnya. Diedit
oleh Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara.
Maksudin. 2009. Pendidikan Nilai Komprehensif: Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY
Press.
Mariyana, Rita, Ali Nugraha, dan Yeni Rachmawati. 2010. “Pengelolaan Lingkungan
Belajar,” 17.
Novitasari, Yuni, Eka Pramono Adi, dan Henry Praherdhiono. 2018. “Respons Afektif
Pebelajar terhadap Pemberian Tugas pada Pembelajaran Blended.” JKTP 2 (1).
Nugrahaeni Kusuma Dewi, Indah, Sunawan, dan Muslikah. 2018. “Pemahaman Kesetaraan
Gender Anak Sekolah Dasar di Komunitas Rumah Pintar Bangjo Johar Semarang.” In
Conference: Seminar Nasional BK. Universitas PGRI Semarang.
Nurchaili. 2010. “Membentuk Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru.” Jurnal Pendidikan
dan Kebudayaan 16 (3).
Putra, Deni Adi. 2021. “Kesetaraan Gender dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar.” ELSE
(Elementary School Education Journal) 2 (1).
Shodiq, Sadam Fajar. 2017. “Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Penanaman Nilai dan
Pendekatan Perkembangan Moral Kognitif.” At-Tajdid 1 (1).
Sumar, Warni Tune. 2015. “Implementasi Kesetaraan Gender Dalam Bidang Pendidikan.”
Musawa 7 (1): 158–82.
Ulya, Inayatul. 2017. “Internalisasi Karakter Sensitif Gender dalam Kurikulum Pendidikan.”
Edukasia Islamika 2 (1). https://doi.org/10.28918/jei.v2i1.1664.
Wahyudi, Ayu Vinlandari, dan Indra Gunawan. 2020. “Peran Tari dalam Perspektif Gender
dan Budaya.” Equalita: Pusat Studi Gender dan Anak 2 (2): 130–41.
DOI: 10.24235/equalita.v4i1.10901
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:
EDITORIAL OFFICE:
LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.