PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM MELALUI PERAN LEMBAGA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) BINA MANDIRI CIPAGERAN (STUDI KASUS DI PKBM BINA MANDIRI CIPAGERAN KOTA CIMAHI)
(1) Universitas Muhammadiyah Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Abror, Rachman. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana. Albertus Heriyanto, B.
Ahira Anne. (2007). Tokoh Masyarakat. Bandung. Tarsito
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Azhari. 2002. Pengukuran Hasil Belajar. Jakarta: LAN.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. Kurikulum Sekolah Menengah Umum: Landasan, Programdan Pengembangan. Jakarta: Depdikbud.
Effendi, E. Usman dan Juhaya S. Praja. 1985. Pengantar Psikologi. Bandung: Angkasa.
Evans. R.(2008). Pendidikan Non Formal. Jakarta. Grasindo
Hamalik, Oemar. 1994. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran : Dasar dan Strategi Pelaksanaannya di Perguruan Tinggi. Jakarta: Trigenda Karya.
Hamijoyo, S. (1988). Model Komunikasi Dua Tahap. Jakarta. Lubuk Agung.
Hasibuan, J. J. dan Moedjiono. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kamil, Mustofa. 2009. Pendidikan Nonformal: Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Indonesia (Sebuah Pembelajaran dari Kominkan di Jepang). Bandung: Alfabeta.
Kamisa.1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika. Nasution, S. 1982. Metoda Research. Bandung: Jemmars.
Nawawi, Hadari. 2001. Perencanaan Sumber Daya Manusia untuk Organisasi Profit yang Kompetitif.Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Pasaribu, I. L. dan Simandjuntak. 1983. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.
Purwanto, Heri. 1994. Pengantar Statistik Keperawatan. Jakarta: EGC.
Rahayu, Linda. 2009. Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak yang Mengalami Kesulitan Membaca Melalui Permainan Konstruktif. Skripsi.Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang.
Rakhmat, Jalaluddin. 1995. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remadja Karya.
Republik Indonesia.2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Sandjaja. 2006. Panduan Penelitian. Jakarta: PrestasiPustaka.
Sardiman.1985. Didaktif Asas-asas Mengajar. Bandung: Jemmars.
Setiadi, Hari. 2000. Studi Perbandingan Kemampuan Warga Belajar Paket B dengan Kemampuan Siswa SLTP Menggunakan Analisis Teori Tes Modern (Item Response Theory). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.Vol. 6, No. 23, 2000. Hlm. 26-39.
Sevilla, Consuelo G. 1993. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
Singarimbun, Masri. 1989. Metode Penelitian Survai. Jakarta: Pustaka LP3ES. Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 1991. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjoko, et. al. 2011.Pendidikan Lingkungan Hidup. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sujiono. (2009). Metode Penelitian. Jakarta. Grasindo.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya. Sukirman. 2007. Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sutarno. N. S. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto.
Sutini.2010. Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III Sekolah Dasar.Jurnal Kependidikan Interaksi. Tahun 5, No. 5 Juni 2010, 56-64.
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa.
Tilaar. H.A.R. (2009:287). Manajemen Pendidikan . Bandung. Remaja Rosda Karya.
Warsito, Hermawan. 1992. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Winkel, W. S. 1989. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
DOI: 10.24235/empower.v4i1.4232
Article Metrics
Abstract view : 96 timesPDF - 22 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Empower : Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.