PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM MELALUI PERAN LEMBAGA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) BINA MANDIRI CIPAGERAN (STUDI KASUS DI PKBM BINA MANDIRI CIPAGERAN KOTA CIMAHI)

Nugraha Permana Putra(1*),


(1) Universitas Muhammadiyah Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mendeskripsikan partisipasi tokoh masyarakat dalam perencanaan pengembangan masyarakat islam melalui program kesetaraan paket B di PKBM Bina Mandiri Cipageran. 2) Untuk mendeskripsikan peran lembaga PKBM dalam pelaksanaanpengembangan masyarakat islam melalui program kesetaraan paket B di PKBM Bina Mandiri Cipageran. 3) Untuk mendeskripsikan peran PKBM dalam meningkatkan kualitaspengembangan masyarakat islam melalui program paket B di PKBM Bina Mandiri Cipageran.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah peran PKBM, tutor dan warga belajar yang terlibat dalam program pengembangan masyarakat islamdi PKBM Bina Mandiri Cipageran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian, yang dibantu oleh pertanyaan penelitian, pedoman wawancara, dan dokumentasi.Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan pengambilan simpulan.Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber dan metode.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran pengelola  dalam pelaksanaan program pengembangan masyarakat islam melalui program kesetaraan paket B di PKBM Bina Mandiri sebagai pemrakarsa, pengelola, tutor, motivator dan penyedia fasilitas belajar. 2) Peran PKBM sebagai pemrakarsa memiliki gagasan dan melakukan rapat bersama pengelola untuk merencanakan program pengembangan masyarakat islam; sebagai pengelola ikut serta memantau bahkan membantu tutor dalam pembelajaran; sebagai tutor melaksanakan pembelajaran yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan warga belajar; sebagai motivator memberikan pengarahan; informasi dan mengingatkan agar partisipasinya meningkat serta memfasilitasi tempat bagi pembelajaran program kesetaraan paket B. 3) Peran PKBMdalam meningkatkan kualitas pengembangan masyarakat islam melalui program kesetaraan paket B di PKBM Bina Mandiri Cipageran adalah penerimaan dan kepercayaan dari warga belajar akan keberadaan PKBM tersebut serta adanya dana bagi penyelenggaraan program.

Keywords


Peran PKBM, Warga Belajar, Pengembangan Masyarakat Islam

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Abror, Rachman. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana. Albertus Heriyanto, B.

Ahira Anne. (2007). Tokoh Masyarakat. Bandung. Tarsito

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Azhari. 2002. Pengukuran Hasil Belajar. Jakarta: LAN.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. Kurikulum Sekolah Menengah Umum: Landasan, Programdan Pengembangan. Jakarta: Depdikbud.

Effendi, E. Usman dan Juhaya S. Praja. 1985. Pengantar Psikologi. Bandung: Angkasa.

Evans. R.(2008). Pendidikan Non Formal. Jakarta. Grasindo

Hamalik, Oemar. 1994. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran : Dasar dan Strategi Pelaksanaannya di Perguruan Tinggi. Jakarta: Trigenda Karya.

Hamijoyo, S. (1988). Model Komunikasi Dua Tahap. Jakarta. Lubuk Agung.

Hasibuan, J. J. dan Moedjiono. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kamil, Mustofa. 2009. Pendidikan Nonformal: Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Indonesia (Sebuah Pembelajaran dari Kominkan di Jepang). Bandung: Alfabeta.

Kamisa.1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika. Nasution, S. 1982. Metoda Research. Bandung: Jemmars.

Nawawi, Hadari. 2001. Perencanaan Sumber Daya Manusia untuk Organisasi Profit yang Kompetitif.Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pasaribu, I. L. dan Simandjuntak. 1983. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Purwanto, Heri. 1994. Pengantar Statistik Keperawatan. Jakarta: EGC.

Rahayu, Linda. 2009. Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak yang Mengalami Kesulitan Membaca Melalui Permainan Konstruktif. Skripsi.Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang.

Rakhmat, Jalaluddin. 1995. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remadja Karya.

Republik Indonesia.2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sandjaja. 2006. Panduan Penelitian. Jakarta: PrestasiPustaka.

Sardiman.1985. Didaktif Asas-asas Mengajar. Bandung: Jemmars.

Setiadi, Hari. 2000. Studi Perbandingan Kemampuan Warga Belajar Paket B dengan Kemampuan Siswa SLTP Menggunakan Analisis Teori Tes Modern (Item Response Theory). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.Vol. 6, No. 23, 2000. Hlm. 26-39.

Sevilla, Consuelo G. 1993. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Singarimbun, Masri. 1989. Metode Penelitian Survai. Jakarta: Pustaka LP3ES. Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 1991. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjoko, et. al. 2011.Pendidikan Lingkungan Hidup. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sujiono. (2009). Metode Penelitian. Jakarta. Grasindo.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya. Sukirman. 2007. Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sutarno. N. S. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto.

Sutini.2010. Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III Sekolah Dasar.Jurnal Kependidikan Interaksi. Tahun 5, No. 5 Juni 2010, 56-64.

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa.

Tilaar. H.A.R. (2009:287). Manajemen Pendidikan . Bandung. Remaja Rosda Karya.

Warsito, Hermawan. 1992. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Winkel, W. S. 1989. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.




DOI: 10.24235/empower.v4i1.4232

Article Metrics

Abstract view : 96 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Empower : Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam

      

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.