Pemberdayaan Siswa Melalui Peningkatan Kemampuan Baca-Tulis Kitab Ta’lim Al-Muta’allim: Studi Pembelajaran Siswa Masjid Al-Ma’had Dukupuntang Kabupaten Cirebon
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Helwani Syafi’i Ahmad Helwani Syafi’i. (2020). Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Khusus Al-Halimy Sesela. Ibtida’iyi, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i2.3693
Akhyar, Y. (2017). Metode Belajar Dalam Kitab Ta`Lim Al-Muta`Allim Thariqat At-Ta`AlluM (Telaah Pemikiran Tarbiyah Az-Zarnuji). Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 7(2), 311. https://doi.org/10.24014/af.v7i2.3796
Al-Zarnuji. (n.d.). T.t. Ta’lim al-Muta’allim. Maktabah al-Miftah.
Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pustaka Pelajar.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Arsyi Mirdanda. (2018). Motivasi berprestasi & disiplin peserta didik serta hubungannya dengan hasil belajar. Yudha English Gallery.
Asyʼari, H. (2017). Pendidikan karakter khas pesantren adabul ’alim wa al-muta’allim. TS Mart.
Badaruddin, A. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal. Gramedia.
Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15082
Cahyani, A. I. D. L. S. P. D. L. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 03(01). https://doi.org/https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rajawali Press.
Fahham, A. M. (2020). Pendidikan Pesantren: Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter, dan Perlindungan Anak. Publica Institute.
Fatimah Nur Rahma, Fransisca Wulandari, D. U. H. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.864
Kartubi. (2012). Motivasi Belajar Dalam Tinjauan Kitab Ta’lim Al-M Uta’allim. Al-‘Ulum, 1(1).
Langgulung, H. (1986). Manusia Dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi, Filsafat Dan Pendidikan. Pustaka al-Husna.
Maqdum Hidayatur R, M. A. (2020). Pendampingan Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Dalam Metode Sorogan Pada Mahasiswa Berbasis Pondok Pesantren di Asrama IAIFA Putra Sumbersari, Kencong, Kepung, Kediri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa, 1(1), 232–249.
Mariana, D. (2021). Konsep Belajar d alam Kitab Ta ’ lim Mutaálim di Era Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 10222–10227.
Muhammad Iqbal Harisuddin, S.T., M. P. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. Pantera Press.
Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881
Mulyoto, S.Pd., M. S. (2013). Strategi Pembelajaran Di Era Kurikulum. Rajawali Press.
Murtiningsih, S., Siswanto, J., & Syamsudin, M. M. (2013). Problem Pendidikan Video Games Baudrillard. Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada, 19(1), 78–86. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/3758
Nata, A. (2000). Pemikiran para tokoh pendidikan Islam. Raja Grafindo Persada.
Nata, A. (2001). Peta keragaman Pemikiran Islam di Indonesia. Rajawali Press.
Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Gramedia Pustaka Utama.
Purbajati, H. I. (2019). Relevansi Kitab Ta ’ lim Muta ’ allim dengan Pendidikan Masa Kini ( Tinjauan Faktor-faktor Pendidikan ). Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–32.
Saumantri, T. (2022). Kesiapan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Era New Normal. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4145–4153. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2634
Shofwan, A. M. (2017). Metode Belajar Menurut Imam Zarnuji: Telaah Kitab Ta’lim Al Muta’alim. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(4), 408. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i4.96
Sumakul, Y., & Ruata, S. (2020). Kesejahteraan Psikologis Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi: Human Light, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.51667/jph.v1i1.302
Zainal Arifin. (2015). Lingkungan Pendidikan Berperan Aktif Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Menurut Syaikh Al-Zarnuji, Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim. Al-Qodori: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 8(1).
Zarnuji. (2016). a’lim al-M uta’allim Thariq at-Ta’allum. Thoha Putra.
DOI: 10.24235/empower.v7i1.10028
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Empower : Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.