Pola Interaksi Guru Dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Aliyun Ula Walahum Yahzanun(1), Khofifatu Rohmah Adi(2), Agung Wiradimadja(3*),


(1) Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
(2) Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
(3) Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Artikel ini membahas tentang pola interaksi guru dan peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di SMPN 15 Malang. Implementasi pembelajaran jarak jauh mata pelajaran IPS dilakukan secara sinkronus dan asinkronus dengan beragam aplikasi penunjang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di SMPN 15 Malang dan mendeskripsikan pola interaksi  beserta gambaran pelaksanaan interaksi edukatif saat pembelajaran jarak jauh di SMPN 15 Malang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif, dengan melalui beberapa teknik pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan daring sinkronus dilaksanakan dengan cara tatap maya secara langsung menggunakan aplikasi gabungan Google Meet dan Zoom dengan pemberian tugas melalui aplikasi Quipper School.Penggunaan aplikasi Quipper School juga ditujukan untuk pelaksanaan daring asinkronus dengan kegiatan berupa pemberian tugas membaca dan mengerjakan soal secara terstruktur.Dalam proses pembelajaran jarak jauh ini tetap mengakomodir interaksi guru dengan peserta didik. Pola interaksi yang terjadi ada dua pola ialah interaksi satu arah dan dua arah antar guru dengan peserta didik. Pada pelaksanaannya ternyata ditemukan beberapa kelemahan interaksi dalam proses pembelajaran, diantaranya: tidak ada diskusi antar peserta didik selama belajar sinkronus karena keterbatasan aplikasi yang digunakan dan waktu pembelajaran terlalu singkat sehingga tidak memungkinkan aktifitas diskusi antar peserta didik.

Kata Kunci: IPS, Pembelajaran Jarak Jauh, Pola Interaksi

 

Abstract: This article discusses the interaction patterns of teachers and students in distance learning during the Covid-19 pandemic at SMPN 15 Malang. The implementation of distance learning for social studies subjects is carried out synchronously and asynchronously with various supporting applications. The purpose of this study is to explain the implementation of distance learning at SMPN 15 Malang and describe the pattern of interaction along with a description of the implementation of educative interactions during distance learning at SMPN 15 Malang. The approach used in this study is a descriptive qualitative approach, through several data collection techniques including observation, interviews, and documentation. The results showed that the synchronous online implementation was carried out in a virtual face-to-face manner using a combined application of Google Meet and Zoom by giving assignments through the Quipper School application. In this distance learning process, it still accommodates teacher-student interactions. There are two patterns of interaction, namely one-way and two-way interactions between teachers and students. In its implementation, it turned out that several interactions were found in the learning process, including: there was no discussion between students during synchronous learning because of the limitations of the application used and the learning time was too short so that it did not allow discussion activities between students.

Keywords: Distance Learning, Interaction Pattern, Social Science

Full Text:

PDF 45-54

References


Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288. https://doi.org/https://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/2941/2003

Baharuddin, & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. In Jakarta:Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta:Rineka Cipta, 2010.

Febriyanti, C., & Seruni. (2014). Peran Minat Dan Interaksi Siswa Dengan Guru. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 245–254.

Guswanti, M., & Satria, R. (2021). Problematika Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring ) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Pariaman. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 167–176. https://doi.org/http://annuha.ppj.unp.ac.id/index.php/annuha/article/view/43/20.

Habibi, I. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring (Whatsapp Group, Google Classroom, dan Zoom Meeting). Cendekia (Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam ), 12(02), 161–178. https://doi.org/https://stitaf.ac.id/journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/134/299.

Hadi, E. S., Hairunisya, N., & Subiyantoro, H. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring pada Masa Kenormalan Baru di SMP Negeri 2 Tanggunggunung Tahun Pelajaran 2020/2021. Binawakiya, 15(11), 5575–5584.

Hidayah, A. A. F., Al Adawiyah, R., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. JURNAL SOSIAL :Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(September), 53–56. Retrieved from http://sosial.unmermadiun.ac.id/index.php/sosial/article/view/61

Latifah, L. N. (2021). Pola Komunikasi antara Guru dengan Peserta Didik Selama Covid-19 Secara Daring (Institus Agama Islam Negeri Ponorogo). Retrieved from http://etheses.iainponorogo.ac.id/13726/1/E-THESES LELY NAOMI LATIFAH %28211017029%29.pdf

Mahturohmah, F. A., Husnita, L., & Kaksim. (2019). Pola Interaksi Guru dalam Proses Pembelajaran IPS di SMP N 1 Sungai Rumbai. 53(9), 1689–1699.

Maliana. (2020). Viral Siswa SMA Keluhkan Kurangnya Kontrol Guru saat Pembelajaran Jarak Jauh: Tak Ada Sosok Disegani. Retrieved January 30, 2021, from Tribunnews.com website: https://www.tribunnews.com/regional/2020/08/11/viral-siswa-sma-keluhkan-kurangnya-kontrol-guru-saat-pembelajaran-jarak-jauh-tak-ada-sosok-disegani

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (3rd ed.). USA: Sage Publications.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nur, & Mahdi. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Interaktif Seting Kooperatif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Palimanan Kabupaten Cirebon. Edueksos, VII(1), 77–90. https://doi.org/https://scholar.archive.org/work/krbb3rg4wvf45mvisptmfxhteq/access/wayback/https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/download/3108/1822

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Sama’, Bahri, S., & Budiyono, F. (2020). Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 di Kecamatan Kalianget. Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional 2020, 62–66. https://doi.org/http://research-report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/view/3649/3615

Sari, D. A., & Khamid, A. (2021). Strategi pembelajaran jarak jauh di SMP Plus Daarul Ahgaff dalam situasi wabah pandemi COVID-19. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 156. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i2.4775

Setiawan, T., Martias, & Fenandez, D. (n.d.). Hubungan Interaksi Guru dengan Siswa di dalam Proses Belajar Mengajar Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Motor Bensin Kelas Xi Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Smk Negeri 1 Bukittinggi. (September 2013).

Sulistio, A. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam Penerapan Pembelajaran Sinkron dan Asinkron Melalui Google Classroom, Google Meet dan Aplikasi E-Learni. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(2), 63–69. https://doi.org/https://jurnalp4i.com/index.php/secondary/article/view/128/123

Supriyadi. (2011). Strategi Belajar dan Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu.

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Vortunata Ari Ustoyo, V., Sholikhah, M., & Zuhro, L. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Islam Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 261–271. https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2725

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media dan Strategi Pembelajaran untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh di Pandemi Covid-19. ( Kharisma Dan Denok, 2020 ), 4(3), 51–58. https://doi.org/https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/19472/13983




DOI: 10.24235/edueksos.v11i1.9634

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF 45-54 - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon