Optimalisasi Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Dalam Menumbuhkan Kesadaran Ekologis
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan upaya dalam mengoptimalisasi pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam menumbuhkan kesadaran ekologis. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi fenomenologis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa upaya pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dilakukan oleh lingkungan pendidikan, yang meliputi lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat, yang mana ketiganya mempengaruhi kesadaran ekologis anak melalui pola pengajaran orang tua, tata tertib sekolah, dan perkembangan kognitif anak sendiri.
Kata kunci: lingkungan, sumber belajar, optimalisasi
Abstract: The purpose of this study is to explain efforts in optimizing the utilization of the natural environment as a learning resource in fostering ecological awareness. This study, using qualitative approach with phenomenological study research type. The data collection techniques in this study were observations, interviews, and document. Data analysis techniques are carried out through three stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study show that efforts to use the natural environment as a learning resource are carried out by the educational environment, which includes the family, school, and community environment, all of which affect the child's ecological awareness through parental teaching patterns, school discipline, and the cognitive development of the child himself.
Keywords: environment, learning resource, optimalization
Full Text:
PDF 72-80References
Cahyadi, A. (2009). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Serang: Laksita Indonesia. Indriyanto. 2012. Ekologi Hutan. Jakarta: Bumi Aksara.
Darsiharjo, (2005). Eco-School sebagai Upaya Perbaikan Kualitas Lingkungan di Sekolah. MANAJERIAL, 4(7), 13-14.
Endang, S. (2019). Tingkat Kesadaran Ekologis Masyarakat Kampung Laut Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Jurnal Kawistara, 9(1), 78-88.
Moleong, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nanlohy, D. F. (2016). Manusia dan Kepedulian Ekologis. KENOSIS, 2(1), 49-52.
Neolaka, A. (2008). Kesadaran Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta.
Puspitasari, R. (2016). Penanaman Nilai Karakter Peduli Lingkungan dalam Muatan Environmental Education pada Pembelajaran IPS di MI Darul Hikam Kota Cirebon. Al-Ibtida, 3(1), 43-48.
Rososoedarmo, S., dkk. (2006). Pengantar Ekologi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusmawan, (2017). Ecoliteracy dalam Konteks Pendidikan IPS. SOSIO DIDAKTIKA, 4(2), 39-42.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suniti & Mahdi. (2019). Model Pembelajaran IPS Berbasis Lingkungan Hidup. Jurnal Eduekos, 8(1), 43-48.
Susanti, S. (2018). Menumbuhkan Kesadaran Hidup Ekologis melalui Komunikasi Lingkungan di Eco Learning Camp. Media Tor, 11(2), 189.
Ulum, I. (2016). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 519.
UU RI No. 32 Tahun 2009 pasal 1 ayat (2) tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
Widiastuti, E. H. (2017). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran IPS. Jurnal Satya Widya, 33(1), 29-30.
Yuniar, M. I. (2017). Studi Potensi Pemanfaatan Sampah melalui Perencanaan Biodigester untuk Pembangkit Tenaga Listrik di Kota Bandung. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik Elektro, 1(1), 12-1
DOI: 10.24235/edueksos.v11i1.8960
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF 72-80 - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.