AKTUALISASI DISTANCE LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI JENJANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

Nuryana Nuryana(1*), Mia Fatimatul Munsi(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

       Penelitian ini bertujuan memaparkan aktualisasi distance learning pada masa pandemi, respons guru dan siswa terhadap distance learning, serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Dari berbagai sumber literatur tersebut, dapat disimpulkan bahwa guru dan siswa secara umum sudah memahami alasan dan melaksanakan distance learning. Namun, guru dan siswa menemukan berbagai kendala yang mengakibatkan siswa secara umum lebih senang belajar tatap muka secara langsung daripada  distance learning. Distance learning yang dilaksanakan di jenjang pendidikan dasar dan menengah menyampaikan materi dengan beragam cara, misalnya;  membaca, merangkum, membuat video, dan lain-lain.  Media pembelajaran yang digunakan bervariasi, misalnya;  Whatsapp, Google Classroom, Google Form, Zoom, Cisco Webex, Quiziz, Edmodo, Eduboy, Youtube dan lain-lain. Dalam segi penilaiannya dapat digunakan berbagai asesmen yang sesuai dengan  karakteristik distance learning (Misalnya, tes berbasis daring, portofolio, atau penilaian diri (self assessment)). Dalam pembelajaran distance learning ini ditemukan faktor-faktor pendukung dan juga penghambat. Faktor pendukung antara lain pemerintah, guru, dan fasilitas pembelajaran itu sendiri. Misalnya faktor teknologi, pemberian kuota gratis, perluasan akses internet, penyediaan fasilitas belajar seperi Rumah Belajar dan Belajar dari Rumah di TVRI. Sedangkan  faktor penghambat tersebut diantaranya siswa tidak memiliki laptop atau ponsel pintar, tidak memiliki jaringan internet yang baik, siswa tidak memahami penggunaan media pembelajaran yang digunakan guru, dan lain-lain.

 

Kata Kunci: Distance learning, pandemic_covid-19, Pendidikan Dasar dan Menengah.

ABSTRACT

This study aims to describe the actualization of distance learning during the pandemic, the responses of teachers and students as well as the supporting and inhibiting factors of distance learning. The research used literature study method. From various sources of literature, it can be concluded that teachers and students in general have understood the reasons and have implemented distance learning. However, teachers and students encountered various obstacles such the students prefer face-to-face learning rather than distance learning. Distance learning which is carried out at the primary and secondary education levels delivers material in various ways, for example; reading, summarizing, making videos, and so on. The learning media used are varied, for example; Whatsapp, Google Classroom, Google Form, Zoom, Cisco Webex, Quiziz, Edmodo, Eduboy, Youtube and others. In terms of assessment, various assessments can be used in accordance with the characteristics of distance learning (for example, online-based tests, portfolios, or self-assessments). This research found supporting factors and obstacles in distance learning. The supporting factors include the government, teachers, and the learning facilities themselves. For example, the technology factor, the provision of free data plan, expansion of internet access, the provision of learning facilities such as Rumah Belajar and Belajar dari Rumah on TVRI. While the inhibiting factors of distance learning include students do not have laptops, smart phones, and a good internet network, besides, students do not undertand the use of learning media used by teachers, and others.

 

Key Words: Distance learning, pandemic Covid-19, Primary and Secondary Education.

Full Text:

PDF 149-169

References


REFERENSI

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659

Ahmad, I. F. (2020). Alternative Assessment in Distance Learning in Emergencies Spread of Coronavirus Disease (COVID-19) in Indonesia. Jurnal Pedagogik, 7(1), 195–222. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik

Alifarose Syahda Zahra1, S. W. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BASIS ONLINE DI IAIN TULUNGAGUNG DENGAN ADANYA KEBIJAKAN PHYSICAL DISTANCING ERA PANDEMI COVID 1. GERAM (GERAKAN AKTIF MENULIS), 8(1), 1–9. http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/

Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Arifin Nursyah Haris (2020). Respon Siswa Terhadap Pemeblajarandalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Al Amin Tabanan Denpasar.http://doi.org/10.38048/Jipjcb.v712.108

Arikunto, Suharsimi (2014). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Depok: PT Rajgrafindo Persada.

Artmanda Frista (2012). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jombang: Penerbit Lintas Media.

Azzahra, N. F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Center for Indonesians Policy Studies, 19(2), 1–9.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

DIRJEN PENDIDIKAN ISLAM DEPAG RI. (2006). Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. Jakarta: Depag RI

Elisvi, J., Archanita, R., Wanto, D., & Warsah, I. (2020). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Di Smk It Rabbi Radhiyya Masa Pandemi Covid-19. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 16–42. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v5i2.6721

Fauzi, Ahmad. 2014. Manajemen Media Pembelajaran. Cirebon: Eduvision Publishing.

Fikri, dkk., (2021). Kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh da Masa Pandemi Covid-19:

Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Educatio And Development. DOI https://doi.org/10.37081/ed.v911.2290

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Karim, B. A. (2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis). Education and Learning Journal, 1(2), 102. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.54

Kisworo, T. W., & Sumarni, W. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Masa Pandemi. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA 2020: ISSN: 2686 6404, 21(1), 1–9. https://proceeding.unnes.ac.id

Lestari, A. S., & Gunawan. (2020). The Impact of Covid-19 Pandemic on Learning Implementation of Primary and Secondary School Levels. 1(2), 58–63. https://journal.publication-center.com/index.php/ijece/article/view/141

Lestari, W. (2021). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas VI Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

LPMP DKI Jakarta (2020), Pendapat Siswa tentang Pembelajaran Jarak Jauh Secara Online. http://lpmpdki.kemdikbud.go.id

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(2), 155–165. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/129

Nugroho, Elfan Fajar. (2020, 8 Agustus). "KPAI Tak setuju dengan Kebijakan

Kemendikbud yang Izinkan Sekolah tatap Muka: Siapa yang Menjamin?". Tribun Wow.Com. [online], halaman tersedia: https://wow.tribunnews.com/amp/2020/08/08/kpai-tak-setuju-dengan-kebijakan-kemendikbud-yang-izinkan-sekolah-tatap-muka-siapa-yang-menjamin?page=2&_ga=2.135617461.545628516.1618819883-2002055575.1600555267. [19 April 2020].

Padli, F., & Rusdi. (2020). Respon Siswa dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi. Social Landscape Journal, 1(3), 1–7.

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai. (2020, 24 Maret). "Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakaan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19. )". [online]. Halaman Tersedia: https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/. [19 April 2021]

Roni Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Simanjuntak, S. Y., & Kismartini. (2020). Respon Pendidikan Dasar Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 308–316. https://doi.org/10.5281/zenodo.3960169

Sri Yunita, dkk. (2020) Respon Guru Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.108.

Sudarmoyo. (2020). Podcast sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. 5(May), 8–11.

Sudjana, Nana. (2013). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai, (2013), Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru

Algesindo.

Sutia, C., & Sagita, S. (2020). Tanggapan Siswa , Orang Tua dan Guru terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 Students , Parents and Teachers ’ Responses to Distance Learning During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Inspirasi, 19(2), 156–165.

Suyanto dan Jihad Hisyam (2010). Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia

Memasuki Milenium III, Yogyakarta:Penerbit Adi Cita Karya Nusa)

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain (2014). Startegi Belajar Mengajar. Jakarta:

Penerbit Rineka Cipta

Unger, S., & Meiran, W. (2020). Student Attitudes Towards Online Education during the COVID-19 Viral Outbreak of 2020: Distance Learning in a Time of Social Distance. International Journal of Technology in Education and Science, 4(4), 256–266. https://doi.org/10.46328/ijtes.v4i4.107




DOI: 10.24235/edueksos.v10i1.8089

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF 149-169 - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon