DEVELOPMENT OF SOCIAL EDUCATION LEARNING MATERIALS BASED ON LOCAL WISDOM
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRACT
Â
Learning is always interesting to be researched. Learning is a process of active behavior, interactive and constructive when the learning process is used as a social context that needs attention. Social studies learning must be able to become and strengthen the values of local wisdom as a symbol of the students’ character identities. Then there needs to be analyzed the pattern of the development of social science learning materials based on the local wisdom in an effort to shape students’ characters.
The purpose of this study is to describe the pattern of the development of social science teaching materials based on the local wisdom. This research was conducted in two approaches, qualitative and quantitative, using two patterns, namely: The Dominant-Lessdominant-Design and the development research design,by carrying out four stages, namely: 1) Initial studies, 2) Preparation of teaching materials, 3) Development of teaching materials and 4) Implementation. The techniques of collectingdata of this research were interviews, questionnaires, observations, tests and documentation. The results of this study can be concluded: 1) The development of social science learning materials based on local wisdom can help teachers to understand students and connect learning materials with the region potentials, 2) The development of social studies learning materials based on local wisdom can help students to understand the potential of their area. This can be seen in the acquisition of research results, the average of pre-test score is 33.70, the average of post-test score is 55.80, there was an increase average about0.35. It is in the sufficient categorized.
Â
Keywords : Local wisdom, social studies, learning materials.
Â
ABSTRAK
Pembelajaran merupakan persoalan yang senantiasa menarik untuk dilakukan penelitian. Pembelajaran adalah sebagai proses prilaku aktif, interaktif dan konstruktif manakala proses pembelajaran ini dijadikan sebagai kontekssosial yang perlu mendapat perhatian. Pembelajaran IPS harus mampu menjadi dan menguatkan nilai-nilai kearifan local sebagai symbol identitas karakter anak didik. Maka perlu adanya analisa pola pengembangan materibahan ajar pembelajaran IPS berbasis kearifan local dalam upaya pembentukan karakter siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pola pengembanagn bahan ajar pendidikan IPS berbasis kearifan lokal. Penelitian ini dilakukan dua pendekatan yaitu kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan dua pola yaitu : The Dominant-Less-Desaign dan Desaign research and development. Dengan melakukan empat tahapan yaitu : 1) Studi awal, 2) Penyusunan bahan ajar, 3) Pengembangan materi bahan ajar dan 4) Implementasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan wawancara, kuesioner, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Pengembangan materi pembelajaran IPS berbasis kearifan local dapat membantu guru dalam upaya pemahaman siswa dan menghubungkan materi pembelajaran dengan potensi wilayah. 2) Pengembangan materi bahan ajar pembelajaran IPS berbasis kearifan local dapat membantu siswa terhadap peningkatan pemahaman potensi daerahnya. Hal ini dapat dilihat pada perolehan hasil penelitian yaitu: dari rata-rata skor pree test 33.70 menjadi 55.80. Ada peningkatan rata-rata 0.35, walaupun pada kategori cukup atau sedang.
Â
Kata Kunci :Kearifan lokal, Ilmu Pengetahuan Sosial, Materi pembelajaran.Full Text:
PDF 20-31References
REFENCES
Arini, NeniSetia. 2014. Pengaruh Model Klarifikasi Nilai Berbasis Jurnal Terhadap Proses Internalisasi Dalam Pembelajaran IPS. Bandung :Tesis.
Abdullah, Taufik. 2006. Ilmu Sosial Dan Tantangan Zaman. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Anwar, Muhammad Khaerul. 2016. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Interaksi Sosial. Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Abbas, E. Warmansyah. 2015. Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal. Bandung :Wahana Jaya Abadi.
Al-Tabbany, T. I. B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontektual. Jakarta :Prenada media Group.
Anggrayni, N.T. 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Budaya Jawa. Yogyakarta : Universitas PGRI.
Aris. 2016. Dialog Kreatif Dalam Pembelajaran IPS. Cirebon : CV. LC PRO.
Dadang supardan. 2008. Pengantar Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta : PT. BumiAksara.
Elly, M. Dkk. 2006. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta :Kencana.
Faqbeminity. Fasina, F. 2011. The Role Of Parent In Early Childhood Education A Cass Study Of Ikeja, Logos State. Journal Of Human Social Science Volume 11 Issu 2 Version. Covernat University, Ota, Ogunstate Global.
Fredrikksson, ULF. 2014. Quality Education : The key Role Of Teacher, Dalam Education International Working Papers No 14.
Fajarini, Ulfah. 2014. Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Sosio Didaktika vol. 1. No 2. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.
Gunawan, Rudi. 2013. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep Dan Aplikasi. Bandung :Alfabeta.
Kasim, M. 2002. Pendidikan IPS Filosofis, Konsep Dan Aplikasi. Bandung :Alfabeta.
Mun’in, Fatchur. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik Dan Praktik (Urgensi Pendidikan Progresif dan Peran Guru dan Orang Tua). Bandung :Remaja Rosda karya.
Maryani, Nok. 2011. Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Bandung :Alfabeta.
Masduki, A. Dkk. 2015. Kearifan Lokal Masyarakat Pangandaran Dalam Mengahadapi Bencana Alam. Bandung :Balai Pelestarian Nilai Budaya.
Nadir. Dkk. 2009. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta :Rineka Cipta.
Nasrullah, Rully. 2017. Media Sosial. Bandung :Simbiosa Rekatama Media.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif). Bandung :Alfabeta.
Syam, Nina W. 2012. Psikologi Sosial. Bandung :Simbiosa Rekatama Media.
Sardiman. A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta :Kencana Prenada Media Group.
Sudaryono. 2014. Classroom Action Research. Jakarta :Lentera Ilmu Cendekia.
Solihatin dan Raharjo. 2012. Kooperatife Learning :Analisis Pembelajaran IPS. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Susanto, A. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jakarta :Prenada media Group.
Suyitno, Imam. 2012. Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal : Malang FBS Universitas Negeri Malang.
Triyanto. 2011. Model Pembelajaran IPS Terpadu. Bandung : PT. Rosdakarya.
Usman, Husaini. 2009. Metode Penelitian Sosial. Jakarta :Bumi Aksara.
Willyam G. Thompson. 2002. The Effect Of Character Education On Student Behavior. Dessertation. The Faculty Of Departement Of Educational Leadership And Policy Analysis East Temesse State University.
Wahid Murni. 2017. Metodologi Pembelajaran IPS. Yogyakarta :Ar-Ruzz Media.
Westergard Elsa. 2013. Teacher Competences And Parental Couperation. International Journal A Bout Parents In Education. Vol. 7 No 2. University Of Stavenger. Norway.
Yamin, Martinis. 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Kopetensis. Jakarta :Gaung Persada Press.
DOI: 10.24235/edueksos.v10i1.7875
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF 20-31 - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.