IMPLEMENTASI KONSEP PSIKOLOGI PERKEMBANGAN DALAM INTERAKSI SOSIAL

Tati Nurhayati(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Proses perkembangan jiwa tidak harus dipahami sebagai perkembangan fungsi-fungsi yang tidak saling mempengaruhi satu sama lain, melainkan sebagai perwujudan dari suatu rencana, di mana kekuatan jasmani dan rohani dalam struktur yang berurutan memperoleh pelajaran atau latihan yang penting untuk pembentukan yang tepat. Pendidikan berarti mewujudkan atau melaksanakan rencana kodrat alam tersebut.Namun, realitas yang berkembang di masyarakat, proses pendidikan berbenturan dengan fungsi-fungsi perilaku perkembangan dalam berinteraksi dengan sesamanya baik di sekolah maupun dalam masyarakat. Untuk itu para remaja atau siswa idealnya memperoleh bantuan psikologis sepenuhnya sehingga interaksi sosial dan perkembangannya optimal.Dengan demikian, layak bila sekolah memberikan pelayanan bimbingan psikologis dalam menghadapi semua tantangan, kesulitan,dan masalah aktual yang timbul dewasa ini demi perkembangan setiap peserta didik yang semaksimal mungkin. Pelayanan ini tidak terbatas pada bidang belajar di sekolah, tetapi mencakup seluruh aspek kehidupan siswa. Namun, semua aspek selalu dipandang dari sudut perkembangan individual dan integrasi kepribadian bagi masing-masing peserta didik.

Kata Kunci: psikologi, perkembangan dan interaksi sosial.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abin Syamsudin Makmun, 2000, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Akyas Azhari, 2004, Psikologi Konseling, Bandung: Pustaka Bani quraisy

Achmad Juntika Nurihsan, 2006, Bimbingan & Konseling dalam berbagai latar kehidupan, Bandung: PT. Refika Aditama.

Andi Mappiare, 1996, Pengantar Konseling dan Psikoterapi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muro, J. Jam and Kottman, Tery. 1995. Guidance and counseling in The Elementary School and Middle School. Iowa: Brown and Benchmark Publisher.

Martinis Yamin, 2006, Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press.

Muhibbin Syah, 2005,Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nana Syaodih Sumadinata. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik, 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ramayulis, 2002,Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia

Sumadi Suryabrata, 2004, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syamsu Yusuf L.N, & A. Juntika Nurihsan, 2005, Landasan Bimbingan dan Konseling, Bandung: Rosdakarya.

Syamsu Yusuf LN, 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sardiman, A.M. 2007, Interaksi dan motivasi belajar mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tulus Tu’u, 2004, Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi siswa, Jakarta: Grasindo.

Wasty Soemanto, 2003, Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan). Jakarta: Rineka Cipta.

W.S. Winkel, 1994. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia




DOI: 10.24235/edueksos.v4i2.661

Article Metrics

Abstract view : 1200 times
PDF - 1654 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon