STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MADRASAH DI INDONESIA

Mahdi Mahdi(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Desentralisasi pemerintahan yang melahirkan otonomisasi penyelenggaraan pendidikan melahirkan sebuah persepektif baru dalam pengelolaan pendidikan, yaitu Manajemen Berbasis Madrasah (MBM).MBM merupakan salah satu strategi dalam mengembangkan pendidikan di madrasah.Otonomi bidang pendidikan ini secara mikro lebih dikenal dengan otonomi sekolah atau desentralisasi pengelolaan sekolah yang berarti pengelolaan pendidikan berdasarkan kebutuhan sekolah/masyarakat atau disebut juga dengan local management of school.Sekolah-sekolah diberikan kewenangan yang penuh dalam merancang kebutuhan layanan pendidikan berdasarkan kebutuhan masyarakat.

Kata Kunci :strategi, pendidikan, dan madrasah


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Asrohah, Hanun. 1999. Sejarah Pendidikan Islam Jakarta: Logos.

Depdikbud.1999.Panduan Manajemen Madrasah, Jakarta: Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Depdiknas.2007. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fadjar, H.A. Malik. 1998. Visi Pembaruan Pendidikan Islam.Jakarta: LP3NI.

Hidayat, Ara. 2009.Pengelolaan Pendidikan : Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. UPI Bandung: Pustaka Educa.

Khozin, dkk. 2006. Manajemen Pemberdayaan Madrasah. Malang: UMM Press.

Madjid, Nurcholish. 1979. Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina.

Maksum.1999. Madrasah:Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Logos.

Steenbrink, Karel A. 1986. Pesantren, Madrasah, dan Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern Jakarta: LP3ES.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem PendidikanNasional.




DOI: 10.24235/edueksos.v4i2.659

Article Metrics

Abstract view : 811 times
PDF - 1385 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon