MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM

Suniti Suniti(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Proses pendidikan dalam kegiatan pembelajaran atau dalam kelas, akan bisa berjalan dengan lancar,kondusif dan interaktif apabila dilandasi oleh dasar kurikulum yang baik dan benar. Pendidikan bisa dijalankan dengan baik  ketika kurikulum dijadikan sebagai penyangga utama dalam proses belajar mengajar, kurikulum merupakan salah satu indikator yang menentukan berhasil tidaknya suatu pendidikan. Oleh karena itu kurikulum harus dibuat dan dikembangkan secara baik dan profesional. Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui pembaharuan kurikulum. Kebijakan terbaru dalam pengembangan kurikulum adalah Kurikulum 2013 yang dikenal dengan Kurtilas, meskipun pada kenyataanya dengan kebijkan menteri pendidikan yang baru banyak sekolah yang kembali pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Kata Kunci : Kurikulum, Manajemen, Pengembangan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Depdikbud. 2004. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2006. Bahan Bimbingan Teknis Penyusunan KTSP dan SilabusSMK. Jakarta: Dikmenjur.

-------. 2006. Krikuium Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

-------. 2006. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005. Bandung Fokus Media.

-------.2006. Peraturan Pernerintah No. 20 Tahun 2005. Bandung: Fokus Media.

Fatah, Nanang. 2004. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Gaffar. 1989.Perencanaan Pendidikan Teori dan Metodologi, Jakarta: P2LPTK.

Hamalik, Oemar. 2006. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung:Remaja Rosda Karya.

Joko, S.M. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Manajemen Pelaksanaa Dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya . Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Dokumen Kurikulum 2013.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkar Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

-------. 2014.Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung, Rosdakarya.

¬¬¬-------. 2007. Standar Kompetensi dan Sertjfikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

-------. 2002.Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosda karya.

Nasution.S. 1995.Azas-Azas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Pidarta, Made. 2000. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka CiptaKarya.

Rusman. 2008.Menejeman Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.

S. Saud, Udin. 2005. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sagala, Syaeful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Syaodih S., Nana. 2005. Pengembangan Kurikulurn. Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya.

-------. 2006. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Yayasan Kesuma Karya.

Sujana, Nana. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Sinar Baru Algesindo.

Suderajat, Han. 2004. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Bandung :Cipta Cekas Grafika.

Tilar, H.A.R. 1994. Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: Remaja Remaja Rosda Karya.

Usman, Zuber. 2005. Menjadi Guru Frofesional. Bandung : Remeja Rosda Karya.

Yamin, Martunis. 2006. Profesionalisme Guru Dalom Impelementasi Kurikulum Berbasis Kothpetensi.Jakarta: Gunung Persada Press.

Undang-Undang Republik Indonesia. Nomor 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional. Jakarta: Cemerlang.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tehun 2005 tentang Guru dan Dosen. Pustaka Bandung, Bani Quraisy.




DOI: 10.24235/edueksos.v4i1.652

Article Metrics

Abstract view : 686 times
PDF - 1155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon